By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Candi Jago

Candi Jago

Jangan sekali-kali melupakan sejarah, itu adalah kata-kata yang diucapkan Presiden RI pertama Ir. Soekarno sebagai pesan kepada generasi penerus bangsa ini. Maka dari itu bermain ke obyek wisata sejarah tentu akan menjadi sesuatu yang akan memberikan arti dan makna tersendiri bagi wisatawan.

Keunikan Candi Jago

  • Sejarah kerajaan Singhasari pada masa Hindu-Buddha
  • Candi dibangun pada abad ke-13
  • Candi penghormatan untuk raja Wisnuwardhana
  • Arca Manjusri yang disebutkan pada Prasasti Manjusri

Dan salah satu obyek wisata sejarah yang patut untuk dilestasrikan dan juga bisa jadi referesni liburan Anda adalah Candi Jago yang berlokasi di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Obyek wisata yang berjarak 22 km dari kota Malang ini memang tak kalah dengan wisata-wisata lain. Dengan nuansa zaman dulu dan juga bangunan unik yang jarang ditemui maka candi Jago akan bisa menjadi salah satu koleksi album foto Anda. Selain untuk bisa menambah galeri foto menarik Anda, Candi Jago juga akan menambah ilmu pengetahuan Anda tentang sejarah kerajaan Singhasari pada masa Hindu-Buddha.

NEXT PAGE >>

Bromo Tour Package Rp 1,782,000/person @ The Balava Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Malang Heritage termasuk tour sehari penuh, hotel The Balava makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Pananjakan

DISTANCE40 km VIEW MORE

 

Melakukan perjalanan wisata ke gunung Bromo memang kurang lengkap bila Anda tidak ke bukit Pananjakan. Bukit Penanjakan atau ada yang menyebut gunung Penanjakan ini adalah sebuah tempat dimana Anda bisa menyaksikan panorama mengagumkan kawasan Gunung Bromo dan juga yang terutama sun rise yang eksoti ...

Madakaripura

DISTANCE61 km VIEW MORE

 

Bila Anda berencana pergi ke Bromo, maka jangan lupa juga untuk ke sebuah objek wisata di dekat sana yaitu air terjun Madakaripura. Air terjun yang indah ini memang berlokasi tidak jauh dari gunung Bromo karena masih masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). ...

Beejay Bakau

DISTANCE84 km VIEW MORE

 

Pantai adalah sebuah tempat yang sering dijadikan objek wisata. Keindahan yang ditawarkan wilayah ini memang selalu memukau siapa pun yang datang. Nah bagi Anda yang ingin berwisata ke pantai pantai di sekitaran Bromo maka objek wisata BJBR (Beejay Bakau Resort) bisa jadi referensinya. BJBR sendiri ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Candi Jago

  • Adat istiadat dan tradisi
  • Hunting fotography
  • Mempelajari sejarah
  • Situs purbakala

Untuk menuju Candi Jago ini Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Bila menggunakan kendaraan umum, maka pertama kali Anda bisa menuju ke terminal Arjosari, Malang dengan menggunakan bus. Dari terminal Arjosari ini Anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan moda angkutan kota (angkot) berkode TA warna putih. Mintalah pada supir untuk turun di pasar Tumpang. Sesampainya di pasar Tumpang Anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 200 meter ke arah sebelah utara Pasar Tumpang. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi maka Anda tinggal menuju ke arah kecamatan Tumpang, Malang tanpa harus lagi berpindah-pindah kendaraan lagi.

  • Capital City
  • Airport
  • Pananjakan
  • Madakaripura
  • Beejay Bakau

Candi yang dibangun pada abad ke-13 untuk menghormati raja Wisnuwardhana ini memang unik dan menarik. Pasalnya, pada bagian atas candi ada bagian yang tersisa karena menurut kisah setempat disebabkan oleh petir yang menyambar. Candi yang terbuat dari batuan andesit ini memiliki beberapa relief seperti relief Kunjarakarna dan Pancatantra. Selain relief, di candi ini juga terdapat Arca Manjusri yang disebutkan pada Prasasti Manjusri. Candi yang diambil dari kata "Jajaghu" ini sendiri pertama kali dibangun atas instruksi raja Kertanagara yang kemudian dilanjut oleh raja Adityawarman. Ketika dilanjutkan oleh raja Adityawarman maka candi yang memiliki pengaruh Majapahit ini dilakukan perbaikan atau pemugaran dibeberapa bagian.

Jajaghu yang merupakan nama awal dari candi ini sendiri merupakan kata sansekerta yang berarti Keagungan. Dari segi tinjauan arsitekturnya, candi Jago ini mirip dengan bangunan asli Indonesia zaman megalitikum yaitu punden berundak. Hal ini terbukti dari adanya undakan atau tangga yang bertingkat-tingkat. Punden berundak yang berfungsi sebagai tempat pemujaan dan juga makam ini ternyata juga diserap fungsinya oleh candi Jago.

Ketika Anda ke candi Jago ini, Anda harus menjaga sikap dan ucapan Anda. Mengapa? Sebab menurut kepercayaan masyarakat sekitar dipercaya dan diyakini bahwa areal candi Jago ini masih sakral dan memiliki misteri. Maka dari itu di areal candi Jago Anda harus berhati-hati dengan sikap dan ucapan. Jangan mengotori tempat dengan membuang sampah sembarangan atau juga berkata kotor. Selain itu Anda juga harus berhati-hati ketika menaiki tangga candi yang licin, rapuh dan sempit. Lalu bagaimana dengan tarif masuk? Menariknya untuk masuk ke candi Jago ini Anda tidak akan dikenakan tarif khusus. Akan tetapi Anda hanya akan dianjurkan memberikan donasi seikhlasnya pada penjaga candi yang nantinya akan digunakan untuk biaya perawatan dan pemeliharan candi yang bersejarah ini.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Candi JagoMalang

Click star to rate Candi Jago

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Belitung sangat indah. Masih banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan karena kebanyakan masih sangat natural. Selain itu kebersihan pantai dan kelangsungan ekosistem semoga bisa tetap terjaga. Makan seafood sangat enak, terutama gangan ikan ketarap. Sunset di Tanjung Binga menakjubkan, banyak kapal2 berlabuh dan kampung nelayan di background. Island hopping juga menyenangkan, dan didukung dengan logistik yang cukup mantap. Sunrise di Bukit Berahu banyak hewan2 kecil yang menarik difoto.

    Herryanto Prasetyo Indonesia, Jakarta 17 Aug 2013
  • Hello, Atas nama teman2 peserta trip fotografer (trip P3861), kami semua sangat puas akan pengaturan yang dilakukan oleh BelitungIsland.com. Dan dihari H-nya, bantuan dari Doni dan Manca sbg tour guide kami sangat membantu membuat kami menikmati perjalanan ini. Salam dari kami untuk Doni dan Manca ya.

    Fitri Maryanti Indonesia, Jakarta 11 Nov 2011
  • Excellent tour, beautiful view... Were really satisfied for the service from belitungisland.com.. Especially for our tour guide, Mr. Hendro.. We really appreciate your company for our prewedding photo session.. Thank you...

    Feli Indonesia, Jakarta 15 Apr 2013
  • Belitungisland.com TOP! Kalau pergi sendiri pasti bingung bagaimana atur rencana perjalanan. Pantai2 yang dikunjungi indah sekali, terutama Tj. Tinggi dan yang di pulau2, sangat berkesan. Salam untuk Yadi. Margareth & Fifi

    Margareth Siahaan Indonesia, Jakarta 11 Sep 2011
  • Pantainya benar-benar indah dan sangat berkesan...meskipun ada beberapa kegiatan yang terlewatkan karena cuaca yang tidak mendukung. Penasaran dan ingin kembali berlibur ke Belitung....

    rayanita Indonesia, Jakarta 19 Dec 2011

Airline Partners

Our Corporate Customers