By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Yadya Kasada

Yadya Kasada

Tidak hanya pemandangan alam nan eksotik, namun kawasan Bromo ternyata juga menyimpan juga pesona budaya yang mempesona. Penduduk suku Tengger di kawasan Bromo yang banyak beragam Hindu memang memiliki beragam tradisi serta upacara. Dan salah satu tradisi serta upacara besar di kawasan Bromo yang sering menarik perhatian para wisatawan adalah kasada atau yadya kasada.

Keunikan Yadya Kasada

  • Upacara adat suku Tengger di Bromo
  • Setahun sekali pada tanggal 14 s.d. 16 bulan Kasada
  • Menghormati pengorbanan Raden Kusuma demi masyarakat Tengger
  • Orang-orang berani turun ke bibir kawah Gunung Bromo mengambil sesaji yang dile

Upacara yadya kasada ini sendiri dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada tanggal 14 s.d. 16 bulan Kasada atau saat bulan purnama tampak di langit secara utuh. Karena dilaksanakan setiap satu tahun sekali maka untuk Anda yang ingin menyaksikan upacara besar tersebut maka Anda harus menyesuaikan waktunya. Jangan sampai Anda salah waktu atau tanggal. Untuk menyaksikan yadya kasada, maka Anda harus berangkat ke kawasan Bromo. Sebenarnya di setiap desa di kawasan Bromo, entah itu desa di Probolinggo, Malang, Pasuruan atau Lumajang, masyarakatnya akan melaksanakan awal upacara kasada di masing-masing desanya. Namun bila Anda ingin melihat puncak prosesi upacara yadya kasada ini maka Anda harus menuju kawah gunung Bromo. Mengapa? Sebab disinilah tempat akhir dan puncak dari prosesi upacara yadya kasada.

NEXT PAGE >>

Bromo Tour Package Rp 1,683,000/person @ Everyday Smart Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Malang Heritage termasuk tour sehari penuh, hotel Everyday Smart makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Madakaripura

DISTANCE28 km VIEW MORE

 

Bila Anda berencana pergi ke Bromo, maka jangan lupa juga untuk ke sebuah objek wisata di dekat sana yaitu air terjun Madakaripura. Air terjun yang indah ini memang berlokasi tidak jauh dari gunung Bromo karena masih masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). ...

Candi Jago

DISTANCE33 km VIEW MORE

 

Jangan sekali-kali melupakan sejarah, itu adalah kata-kata yang diucapkan Presiden RI pertama Ir. Soekarno sebagai pesan kepada generasi penerus bangsa ini. Maka dari itu bermain ke obyek wisata sejarah tentu akan menjadi sesuatu yang akan memberikan arti dan makna tersendiri bagi wisatawan. ...

Pananjakan

DISTANCE5 km VIEW MORE

 

Melakukan perjalanan wisata ke gunung Bromo memang kurang lengkap bila Anda tidak ke bukit Pananjakan. Bukit Penanjakan atau ada yang menyebut gunung Penanjakan ini adalah sebuah tempat dimana Anda bisa menyaksikan panorama mengagumkan kawasan Gunung Bromo dan juga yang terutama sun rise yang eksoti ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Yadya Kasada

  • Berpetualang sambil berjalan
  • Hunting fotography
  • Mempelajari sejarah
  • Menikmati ketinggian

Upacara yadya kasada sendiri dilakukan oleh masyarakat Tengger untuk menghormati pengorbanan Raden Kusuma demi keselamatan masyarakat Tengger. Jadi menurut kisahnya dulu ayah Raden Kusuma yaitu Jaka Seger dan juga ibunya Lara Anteng yang merupakan Putri Raja Majapahit kesulitan memiliki keturunan. Nah ketika mereka kemudian memohon doa kepada Sang Hyang Widi untuk meminta keturunan, mereka mengucap janji bahwa nantinya ketika ia punya keturunan, mereka akan mengorbankannya untuk Sang Hyang Widi. Doanya ternyata dikabulkan, Jaka Seger dan Lara Anteng pun punya keturunan yang diberi nama Raden Kusuma. Namun sayangnya ketika memperoleh keturunan mereka ingkar janji, mereka tidak mau mengorbankan Raden Kusuma. Nah dari sinilah kemudian Dewa menjadi marah besar dan menimpakan bencana letusan gunung Bromo yang dahsyat. Ketika terjadi malapetaka ini, Raden Kusuma menjadi korban ditelan kawah gunung Bromo. Nah kisah inilah yang dijadikan landasan masyarakat Bromo untuk menyelenggarakan yadya kasada supaya mereka selalu mendapatkan perlindungan dari dewa.

  • Capital City
  • Airport
  • Madakaripura
  • Candi Jago
  • Pananjakan

Selain untuk menghormati pengorbanan Raden Kusuma serta meminta keselamatan dan perlindungan dewa, upacara yadya kasada juga dilakukan masyarakat dalam rangka mewujudkan rasa syukur atas hasil pertanian dan ternak yang melimpah agar mendapatkan berkah. Dalam puncak prosesi upacara yadya kasada ini, penduduk suku Tengger akan beramai-ramai datang ke gunung Bromo. Dalam perjalanan ke Gunung Bromo ini mereka membawa ongkek yaitu tempat sesaji berupa hasil bumi dan peternakan. Dan ketika sampai di kawah Gunung Bromo ini, masyarakat suku Tengger ini akan melemparkan sesaji yang dibawa tadi ke kawah. Pelemparan sesaji ini dilakukan sebagai simbolisasi pengorbanan dan persembahan kepada Sang Hyang Widhi.

Ada hal menarik jika kita mau mencermati upacara yadya kasada ini yaitu adanya orang-orang yang berani turun ke bibir kawah Gunung Bromo untuk mengambil sesaji yang dilempar. Dan jika Anda datang sebelum prosesi puncak upacara ini maka Anda juga bisa menyaksikan hal menarik yaitu pementasan sendratari Rara Anteng Jaka Seger. Pementasan ini bisanya dilakukan bersamaan dengan pengukuhan sesepuh Tengger di panggung terbuka Desa Ngadisari, Probolinggo. Selain itu upacara yang menarik para wisatawan ini ternyata juga dijadikan ujian bagi pulun mulenen atau dukun baru suku Tengger. Dengan kemeriahan upacara yadya kasada ini maka Anda bisa mengabadikan atau mendokumentasikan kegiatan keagamaan terbesar di Bromo ini dengan kamera atau alat perekam lainnya. Tentu dengan adanya upacara kasada ini Anda akan mendapatkan panorama Bromo yang tidak biasanya dan pastinya akan lebih menarik.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Yadya KasadaBromo

Click star to rate Yadya Kasada

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Sangat worthed belibur weekend ke Belitong, mengingat sangat berbeda dengan suasana di Jakarta. Enjoy sekali dengan suasana kota yg tidak crowded, sampai bisa bikin foto di jalan raya, tidak ketemu angkot dan terutama pantai berbatu yg sangat luar biasa indah. Gugusan pulau yg indah seperti pulau Burung, pulau Lengkuas yg menakjubkan dengan berbatuan, keindahan bawah laut dengan snorkeling sehingga habis memory card under water foto. Pantai Laksar Pelangi juga sangat menakjubkan..

    Sindy Indonesia, Jakarta 23 Nov 2012
  • Seruuu......!!! Saya dan teman punya pengalaman menyenangkan disana.....viewnya bagus, tour guidenya oke banget....makanannya enak.....sayangnya kita pilih waktu yg kurang tepat, bulan desember udah mulai banyak hujan. hehehehe.... tapi overall.....we have great time there..... Makasih buat BelitungIsland.com yg udh bikin liburan kami di penghujung tahun 2011 kemarin jadi momen yg ga terlupakan ....

    Aprilia Dwiana Indonesia, Jakarta 8 Dec 2011
  • Thanks to Belitungisand.COM yang sudah meng-arrange perjalaman kami yang menyenangkan meskipun didera hujan lebat dua hari berturut-turut sehingga kami kuyup semua. Main kayak nya asyik, apalagi lamba berburu bintang laut. Foto-foto kami sangat menarik banyak orang yang juga ingin merasakan pengalaman indahnya pantai-pantai Belitung. Luar biasa

    Divisi IZMDL Indonesia, Jakarta 21 May 2010
  • hai-hai.. Thank you for belitungisland.com especially for Manca & Iwan thanks for guiding us. Belitung is very Beautiful, we had so much fun there, we love the island, the beach and the food. And of course we have a new friends and we already miss them. Thank u belitungisland.com, thank u Manca, thank u Iwan...

    Novi Syafarina Indonesia, Jakarta 26 Oct 2012
  • Tempat yg sangat indah,masih perawan...cocok utk liburan dan melepaskan diri dari kebisingan dan rutinitas jakarta.Ditambah dg pemilihan tour guide yg amat pas,cocok utk usia kami. tks belitungisland.com.tks pak Gito.terus maju.

    nana ernawati dkk Indonesia, Jakarta 20 Jun 2011

Airline Partners

Our Corporate Customers