By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Pulau Kalong

Pulau Kalong

Jika Pulau Bidadari mendapat nama bidadari karena keindahan panoramanya. Maka Pulau Kalong memperoleh namanya karena memang ada ribuan kalong atau kelelawar di pulau ini. Pulau kecil ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Lebih tepatnya Pulau Kalong terletak diantara Pulau Rinca dan Pulau Papagarang.

Keunikan Pulau Kalong

Anda harus tahu bahwa tidak ada yang boleh berlabuh di Pulau Kalong. Larangan ini berlaku untuk warga lokal ataupun wisatawan. Jadi wisatawan yang ingin menyaksikan panorama Pulau kalong hanya bisa berlabuh di tengah laut dan menikmati keindahan alam yang tersaji.

NEXT PAGE >>

Komodo Tour Package Rp 5,868,000/person @ KM Cajoma 4 Phinisi Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Belitung Fotografi termasuk tour sehari penuh, hotel KM Cajoma 4 Phinisi makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Pink Beach

DISTANCE4 km VIEW MORE

 

Salah satu destinasi wisata terbaik di Pulau Komodo adalah Pantai Merah atau lebih dikenal dengan nama Pink Beach. Pantai ini cukup unik karena termasuk dalam jajaran 7 pantai yang memiliki pasir merah muda di dunia. Hmm menarik dan patut untuk dikunjungi bukan? ...

Pulau Rinca

DISTANCE18 km VIEW MORE

 

Bisa dikatakan bahwa Pulau Komodo lebih dikenal sebagai destinasi wisata untuk melihat kehidupan liar komodo. Padahal faktanya ada lebih banyak komodo di Pulau Rinca dibandingkan dengan Pulau Komodo. Total ada sekitar 2.318 ekor komodo yang tinggal di Pulau Rinca. Selain itu Pulau yang memiliki lua ...

Pulau Komodo

DISTANCE7 km VIEW MORE

 

Sama seperti namanya, pulau ini adalah habitat asli dari Komodo. Pulau Komodo bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Motan dan pulau-pulau lainnya termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan domestik namun juga mancanegara. Hal ini mengi ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Pulau Kalong

  • Pengamatan pemandangan
  • Hunting fotography
  • Berkumpul bersama teman
  • Menikmati keindahan alam

Selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan diving atau snorkeling. Dengan menyewa peralatan diving dan snorkeling dari kapal yang Anda tumpangi, Anda bisa leluasa menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Kalong. Warna birunya air dan jernihnya air di perairan Pulau Kalong sangat mendukung kegiatan snorkeling dan diving.

Tujuan utama wisatawan ke Pulau Kalong adalah untuk menikmati keunikan yang tidak dimiliki pulau lain yaitu menyaksikan jutaan kalong atau kelelawar keluar dari sarangnya. Saat sore menjelang atau sekitar pukul 6 sore, jutaan kelelawar yang tinggal di Pulau Kalong akan keluar untuk mencari makan. Saat itulah Anda akan terpesona melihat begitu banyak kelelawar terbang berkelompok bersama kawanannya. Anda bisa menyaksikan fenomena unik ini dari atas kapal atau perahu motor yang Anda tumpangi. Tidak hanya wisatawan domestik namun wisatawan mancanegara sangat terkagum-kagum dengan keunikan yang dimiliki salah satu pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo ini.

  • Capital City
  • Airport
  • Pink Beach
  • Pulau Rinca
  • Pulau Komodo

Biasanya wisatawan akan berkunjung ke Pulau Kalong saat siang, lalu mereka menghabiskan waktu dengan snorkeling dan diving. Untuk dapat menyaksikan jutaan kalong yang keluar dan masuk ke pulau ini, Anda bisa datang saat pagi hari atau sore hari. Hal ini karena saat menjelang pagi, kalong-kalong tersebut kembali dari mencari makan dan masuk ke sarangnya. Sedangkan saat sore hari, mereka akan keluar mencari makan. Anda bisa menyaksikan dari kejauhan kalong-kalong tersebut bergelantungan di pohon bakau saat siang hari. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa kapal, peralatan snorkeling atau diving dan juga konsumsi yang diperlukan selama di kapal. Tidak ada pungutan biaya masuk ke Pulau Kalong.

Akses Menuju Pulau Kalong

Letaknya yang berada di antara Pulau Rinca dan Pulau Papagarang memanglah tidak sejauh Pulau Komodo. Anda bisa mencapai pulau denga luas tidak lebih dari 5 ha ini dengan naik speedboat dari Labuan Bajo. Perjalanan dari Labuan Bajo menuju Pulau Kalong ini akan memakan waktu sekitar 35 menit.

Pulau ini adalah pulau tidak berpenghuni dan tidak memiliki dermaga untuk berlabuh kapal. Oleh karena itu sudah jelas tidak ada penginapan atau hotel, warung makan dan bahkan toilet di pulau ini. semua aktifitas di Pulau Kalong hanya akan berkisar pada kapal yang Anda tumpangi dan perairan di sekitarnya.

Pulau ini dijaga kelestariannya sebagai habitat kalong, karena itulah pemerintah melarang siapapun untuk menginjakkan kaki ini di Pulau Kalong. Selain itu membuang sampah sembarangan, menebang pohon bakau, dan menangkap ikan dengan cara-cara yang tidak ramah lingkungan juga merupakan aktifitas yang dilarang.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Pulau KalongTaman Nasional Komodo

Click star to rate Pulau Kalong

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • hi pak andi n belitung island... terima kasih sdh jd bag memory yg luar biasa slm di belitung ^^ 1. buat crita2 aneh yg membuat km saling lirik n mengerenyit gk ngerti hh 2. buat jd juru potret dadakan (huwaa angle2 yg bagus) 3. buat mkn2 yg yummy (TOPBGT)+ oleh2 yg enak bgt 4. buat kesabaran ngjarin kt snorkeling (dr yg takut smp jd brani^^) skrg lg ribet n ribut nih di jkt sma narik2 njkin balik lageee salam buat sma yah..special pak murad (co belitong yg jujur amat^,^) God bless n take cares

    regin, yuli, metty n lany 17 May 2011
  • Berlibur ke Belitung selalu berkesan buat kami,banyak pantai2 indah yg masih asri dgn batu2 granit yg menjulang tinggi yg mungkin tdk akan kami temui di tempat lain, & tentu saja dgn kulinernya yg enak2.Kami sangat puas berlibur ke Belitung terutama dgn pelayanan Belitungisland.com. Terima kasih khususnya buat Pak Donny sbg tour guide kami selama 3 hari & sekaligus sbg juru foto kami,kapan2 mungkin kami akan mencoba berlibur ke Belitung Timur & Selatan. Salam sukses selalu utk Belitungisland.com

    Emellia Anggreini Indonesia, Bandung 14 May 2011
  • What an Amazing and Awesome Journey..! Speechless begitu kami tiba dan melihat keindahan pantai di Belitung. Must visit place..! Pantainya, Pulau Lengkuasnya, dan yang unique... Danau Kaolin-nya indaaaahh bangeeettt... Thanks a lot juga buat Belitungisland.com yang sudah menemani kami dengan sangat baik.. two thumbs up..!! Thanks buat Mas Asep yang rela mondar mandir ke bandara demi kami ya...hahaha.. Rasanya gak cukup sekali ke Belitung.. next time harus dikunjungi ulang... :)

    jeany shanti devi Indonesia, Jakarta 20 Jan 2012
  • Pitutur.... Bukan sekedar tentang Keindahan, Bukan sekedar tentang Kenikmatan, Bukan sekedar tentang Bercerita, juga bukan sekedar tentang Cinta. Tapi tentang Semuanya..... Akhirnya menambah perbendaharaan cerita tentang aku, kita, Indonesia dan Tuhan. I love Indonesia Terima kasih buat Blitong dan semuanya, terima kasih jg buat bang Yadi (Edeng) atas persahabatan dan Kekeluargaannya. Terima kasih... Sampai ketemu lagi.....

    Zuhdan Ali Hudaya Indonesia, Jakarta 22 Mar 2013
  • alhamdulillah..senang sekali kami sekeluarga besar bisa berkunjung ke Belitung.. indah sekali pantai di sana.. terimakasih utk pak Gito, pak Deden & pak Erick yg sdh dgn tulus mendampingi kami selama di sana.. InsyaAllah kami dpt kesempatan berkunjung lagi kesana..

    Risanti Indonesia, Jakarta 29 Dec 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers