By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Fort de Kock

Fort de Kock

Selain Museum Rumah kelahiran Bung Hatta dan Lobang Jepang, di Kota Bukittinggi Anda juga bisa menjumpai sebuah bangunan sejarah lain yaitu Benteng Fort de Kock. Benteng yang menjadi saksi bisu perlawanan kaum Paderi melawan Kolonial Belanda yang dibantu kaum Adat ini akan banyak membuka wawasan dan pengetahuan Anda.

Keunikan Fort de Kock

  • Merupakan satu dari dua benteng bersejarah di Bukittingi.
  • Menjadi saksi bisu perlawanan kaum Padri di tanah Minang.
  • Menjadi wisata yang terintegrasi dengan wisata lain.
  • Bangunannya masih berdiri kokoh meski pernah di pugar.

Nama Benteng Fort de Kock diambil dari nama Wakil Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan komandan Der Troepen saat itu bernama Baron Hendrik Merkus de Kock. Benteng yang didirikan tahun 1825 oleh Kapten Bouer ini dahulu berfungsi sebagai benteng pertahanan dari serangan kaum Minangkabau yang tergabung dalam kaum padri. Ketika itu antara tahun 1821-1837 di ranah Minang ini memang terjadi Perang Padri yang melibatkan dua kubu yaitu Kaum Paderi yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol dan konolial Belanda yang dibantu oleh kaum Adat.

Benteng yang berlokasi di atas Bukit Jirek ini peruntukannya berubah saat Indonesia telah merdeka. Dimana pada tahun 2002, benteng ini direnovasi oleh pemerintah setempat untuk dijadikan kawasan wisata Taman Kota Bukittinggi (Bukittinggi City Park) dan Taman Burung Tropis (Tropical Bird Park). Peresmian Benteng Fort de Kock sebagai objek wisata ini sendiri dilakukan pada tahun 2003. Disekitar Benteng ini sendiri Anda juga bisa menikmati wisata lain yaitu Taman Margasatwa Budaya Kinantan dan juga Museum Baanjuang.

NEXT PAGE >>

Padang Tour Package Rp 2,972,000/person @ HW Hotel Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Padang Pantai Selatan termasuk tour sehari penuh, hotel HW Hotel makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Rmh. Bung Hatta

DISTANCE1 km VIEW MORE

 

Wisata sejarah yang penting dan seru untuk Anda kunjungi di Kota Bukit Tinggi adalah Rumah Kelahiran Bung Hatta. Meski kini sudah menjadi museum, namun tempat yang memang pernah menjadi tempat tokoh proklamator ini tetap dijaga kelestarian dan keasliannya. Jadi dari sini Anda pun akan membuat wisata ...

Embun Pagi

DISTANCE21 km VIEW MORE

 

Embun pagi adalah objek wisata di Bukit Tinggi, Sumatera barat yang merupakan tempat tinggi yang sangat indah. Ketinggian embun pagi ini sekitar 1000 m dari atas permukaan laut. Dari ketinggian ini pula Anda akan bisa melihat panorama Danau Maninjau yang indah dengan perpaduan perbukitan hijau yang ...

Lembah Anai

DISTANCE28 km VIEW MORE

 

Salah satu objek wisata menarik di Padang adalah Air terjun Lembah Anai. Objek wisata yang juga disebut Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai ini berlokasi di Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar. Karena berlokasi di kawasan cagar alam Lembah Anai, maka air terjun dengan tinggian 60 meter i ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Fort de Kock

  • Pengamatan pemandangan
  • Hunting fotography
  • Berpetualang di sekitarnya
  • Minum sambil bersantai

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Di benteng bersejarah ini kita bisa melakukan banyak kegiatan seru dan menarik, yaitu :
  • Anda bisa menikmati dan menyaksikan peninggalan benteng Belanda yang masih berdiri kokoh.
  • Dengan keunikan arsitetur bangunannya maka Anda bisa menjadikan benteng ini sebagai latar belakang foto keren Anda.
  • Dibagian atas benteng yang terdapat bangunan bercat hijau Anda bisa menaikinya guna melihat panorama Kota Bukittinggi.
  • Di sini ada juga berbagai senjata meriam peninggalan Belanda abad ke-19 yang masih eksis.
  • Dengan kerindangan pohon-pohon yang ada, Anda juga bisa sekedar bersantai di kawasan Benteng Fort de Kock tersebut.

  • Capital City
  • Airport
  • Rmh. Bung Hatta
  • Embun Pagi
  • Lembah Anai

Akses Menuju Lokasi

Untuk menuju ke lokasi Benteng Fort de Kock ini maka Anda harus pergi ke Kota Bukit Tinggi di Provinsi Sumatera Barat. Kota yang terkenal dengan Jam Gadang-nya ini sendiri bisa dijangkau dengan berbagai sarana transportasi, termasuk transportasi udara. Dengan menggunakan pesawat maka jarak yang jauh tak akan lagi jadi masalah. Anda tinggal berangkat dari bandara terdekat dari kota Anda dan menuju Bandara Internasional Minangkabau di Padang. Sesampainya di Bandara Minangkabau ini Anda tinggal melanjutkan perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan kendaraan sewa atau transportasi umum menuju kota Bukittinggi. Sesampainya di Kota Bukittinggi, Anda hanya tinggal mencari jalan Yos Sudarso, Benteng Pasar Atas, Guguk Panjang, Benteng Pasar Atas, Guguk Panjang. Dari sini Anda pun sudah tiba di lokasi.

Tarif

Tarif masuk yang akan dikenakan untuk masuk kawasan wisata Benteng Fort de Kock ini adalah Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 8.000 pada akhir pekan atau hari libur nasional. Di kawasan ini Anda juga bisa melakukan melakukan perekaman film atau foto komersial dengan tarif Rp 75.000/jam. Kawasan Benteng Fort de Kock ini memang banyak yang menjadikannya sebagai lokasi syuting film atau foto komersial. Anda juga yang ingin membuat acara atau event di kawasan ini juga bisa menyewanya dengan tarif berdasarkan waktu. Tarif event tersebut yaitu antara pukul 08.00 - 17.30 yaitu Rp.1.000.000 dan jam 19.00 – 23.00 dengan tarif Rp.500.000.

Fasilitas di Objek Wisata

Keberadaan Benteng Fort de Kock yang sudah populer tentu saja berimbas pada keadaan fasilitas yang ada. Semenjak Benteng ini dijadikan kawasan wisata, pemerintah setempat memang terus memperbaiki fasilitasnya. Hasilnya kita sudah akan bisa menjumpai beberapa fasilitas seperti area parkir yang luas, toilet, kursi taman, area bermain anak dan juga lampu-lampu antik serta pepohonan yang rindang.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Fort de KockKota Bukit Tinggi

Click star to rate Fort de Kock

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Awesome photographers trip. Erik, our guide, had an elec translator (major bonus)so on the times we got stuck with language (not often) out it came! Us Aussies asked lotsa qstns & if he did not know he found out. Erik was professional, friendly and helpful. We enjoyed his company immensely. Nothing was too much trouble and he is an asset to your company. Van was clean & new. Food good inc snacks & water provided. Hotel Billiton lovely too. Beaches & islands nearby are spectacular! :)

    Jacqui 10 May 2011
  • Sebuah pengalaman & perjalanan wisata mengesankan di Belitung barat yg menyuguhkan indahnya panorama pantai dg keunikan batu2 granit, air laut jernih dan ombak yg tenang. Lokasi ini sangat cocok & asyik bagi para photographer. Terima kasih kpd segenap karyawan Belitungisland yg telah menjadi tour guide kami dg pelayanan yg menyenangkan. Semoga kali lain kami bisa dtng utk melihat keindahan Belitung selatan & timur. Semoga Sail Wakatobi berlangsung sukses. Salam bw

    bowo Indonesia, Jakarta 14 Jul 2011
  • Pitutur.... Bukan sekedar tentang Keindahan, Bukan sekedar tentang Kenikmatan, Bukan sekedar tentang Bercerita, juga bukan sekedar tentang Cinta. Tapi tentang Semuanya..... Akhirnya menambah perbendaharaan cerita tentang aku, kita, Indonesia dan Tuhan. I love Indonesia Terima kasih buat Blitong dan semuanya, terima kasih jg buat bang Yadi (Edeng) atas persahabatan dan Kekeluargaannya. Terima kasih... Sampai ketemu lagi.....

    Zuhdan Ali Hudaya Indonesia, Jakarta 22 Mar 2013
  • hai....belitungisland.com, sy jd kebanjiran pertanyaan nih dr teman2 ttg belitung. plg gampang ksh alamat situsnya deh. saya enjoy banget deh...soalnya tinggal duduk manis, smua dah beres, smua diliat, smua makanan dicobain. tks pa jul, dah sabar sm saya+ponakan yg penakut banget sm laut.....khususnya wkt snorkling yg mendebarkan.... anyway nice views

    kusnah Indonesia, Jakarta 5 Sep 2011
  • Sangat indah dan berkesan, meskipun ada beberapa yang terlewatkan karna cuaca yang tidak mendukung. Masih penasaran dan pengen kembali suatu saat nanti......

    rayanita Indonesia, Jakarta 19 Dec 2011

Airline Partners

Our Corporate Customers