By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Fort de Kock

Fort de Kock

Selain Museum Rumah kelahiran Bung Hatta dan Lobang Jepang, di Kota Bukittinggi Anda juga bisa menjumpai sebuah bangunan sejarah lain yaitu Benteng Fort de Kock. Benteng yang menjadi saksi bisu perlawanan kaum Paderi melawan Kolonial Belanda yang dibantu kaum Adat ini akan banyak membuka wawasan dan pengetahuan Anda.

Keunikan Fort de Kock

  • Merupakan satu dari dua benteng bersejarah di Bukittingi.
  • Menjadi saksi bisu perlawanan kaum Padri di tanah Minang.
  • Menjadi wisata yang terintegrasi dengan wisata lain.
  • Bangunannya masih berdiri kokoh meski pernah di pugar.

Nama Benteng Fort de Kock diambil dari nama Wakil Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan komandan Der Troepen saat itu bernama Baron Hendrik Merkus de Kock. Benteng yang didirikan tahun 1825 oleh Kapten Bouer ini dahulu berfungsi sebagai benteng pertahanan dari serangan kaum Minangkabau yang tergabung dalam kaum padri. Ketika itu antara tahun 1821-1837 di ranah Minang ini memang terjadi Perang Padri yang melibatkan dua kubu yaitu Kaum Paderi yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol dan konolial Belanda yang dibantu oleh kaum Adat.

Benteng yang berlokasi di atas Bukit Jirek ini peruntukannya berubah saat Indonesia telah merdeka. Dimana pada tahun 2002, benteng ini direnovasi oleh pemerintah setempat untuk dijadikan kawasan wisata Taman Kota Bukittinggi (Bukittinggi City Park) dan Taman Burung Tropis (Tropical Bird Park). Peresmian Benteng Fort de Kock sebagai objek wisata ini sendiri dilakukan pada tahun 2003. Disekitar Benteng ini sendiri Anda juga bisa menikmati wisata lain yaitu Taman Margasatwa Budaya Kinantan dan juga Museum Baanjuang.

NEXT PAGE >>

Padang Tour Package Rp 3,246,000/person @ Grand Zuri Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Padang Pantai Selatan termasuk tour sehari penuh, hotel Grand Zuri makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Rmh. Bung Hatta

DISTANCE1 km VIEW MORE

 

Wisata sejarah yang penting dan seru untuk Anda kunjungi di Kota Bukit Tinggi adalah Rumah Kelahiran Bung Hatta. Meski kini sudah menjadi museum, namun tempat yang memang pernah menjadi tempat tokoh proklamator ini tetap dijaga kelestarian dan keasliannya. Jadi dari sini Anda pun akan membuat wisata ...

Embun Pagi

DISTANCE21 km VIEW MORE

 

Embun pagi adalah objek wisata di Bukit Tinggi, Sumatera barat yang merupakan tempat tinggi yang sangat indah. Ketinggian embun pagi ini sekitar 1000 m dari atas permukaan laut. Dari ketinggian ini pula Anda akan bisa melihat panorama Danau Maninjau yang indah dengan perpaduan perbukitan hijau yang ...

Lembah Anai

DISTANCE28 km VIEW MORE

 

Salah satu objek wisata menarik di Padang adalah Air terjun Lembah Anai. Objek wisata yang juga disebut Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai ini berlokasi di Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar. Karena berlokasi di kawasan cagar alam Lembah Anai, maka air terjun dengan tinggian 60 meter i ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Fort de Kock

  • Pengamatan pemandangan
  • Hunting fotography
  • Berpetualang di sekitarnya
  • Minum sambil bersantai

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Di benteng bersejarah ini kita bisa melakukan banyak kegiatan seru dan menarik, yaitu :
  • Anda bisa menikmati dan menyaksikan peninggalan benteng Belanda yang masih berdiri kokoh.
  • Dengan keunikan arsitetur bangunannya maka Anda bisa menjadikan benteng ini sebagai latar belakang foto keren Anda.
  • Dibagian atas benteng yang terdapat bangunan bercat hijau Anda bisa menaikinya guna melihat panorama Kota Bukittinggi.
  • Di sini ada juga berbagai senjata meriam peninggalan Belanda abad ke-19 yang masih eksis.
  • Dengan kerindangan pohon-pohon yang ada, Anda juga bisa sekedar bersantai di kawasan Benteng Fort de Kock tersebut.

  • Capital City
  • Airport
  • Rmh. Bung Hatta
  • Embun Pagi
  • Lembah Anai

Akses Menuju Lokasi

Untuk menuju ke lokasi Benteng Fort de Kock ini maka Anda harus pergi ke Kota Bukit Tinggi di Provinsi Sumatera Barat. Kota yang terkenal dengan Jam Gadang-nya ini sendiri bisa dijangkau dengan berbagai sarana transportasi, termasuk transportasi udara. Dengan menggunakan pesawat maka jarak yang jauh tak akan lagi jadi masalah. Anda tinggal berangkat dari bandara terdekat dari kota Anda dan menuju Bandara Internasional Minangkabau di Padang. Sesampainya di Bandara Minangkabau ini Anda tinggal melanjutkan perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan kendaraan sewa atau transportasi umum menuju kota Bukittinggi. Sesampainya di Kota Bukittinggi, Anda hanya tinggal mencari jalan Yos Sudarso, Benteng Pasar Atas, Guguk Panjang, Benteng Pasar Atas, Guguk Panjang. Dari sini Anda pun sudah tiba di lokasi.

Tarif

Tarif masuk yang akan dikenakan untuk masuk kawasan wisata Benteng Fort de Kock ini adalah Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 8.000 pada akhir pekan atau hari libur nasional. Di kawasan ini Anda juga bisa melakukan melakukan perekaman film atau foto komersial dengan tarif Rp 75.000/jam. Kawasan Benteng Fort de Kock ini memang banyak yang menjadikannya sebagai lokasi syuting film atau foto komersial. Anda juga yang ingin membuat acara atau event di kawasan ini juga bisa menyewanya dengan tarif berdasarkan waktu. Tarif event tersebut yaitu antara pukul 08.00 - 17.30 yaitu Rp.1.000.000 dan jam 19.00 – 23.00 dengan tarif Rp.500.000.

Fasilitas di Objek Wisata

Keberadaan Benteng Fort de Kock yang sudah populer tentu saja berimbas pada keadaan fasilitas yang ada. Semenjak Benteng ini dijadikan kawasan wisata, pemerintah setempat memang terus memperbaiki fasilitasnya. Hasilnya kita sudah akan bisa menjumpai beberapa fasilitas seperti area parkir yang luas, toilet, kursi taman, area bermain anak dan juga lampu-lampu antik serta pepohonan yang rindang.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Fort de KockKota Bukit Tinggi

Click star to rate Fort de Kock

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Overall good. website dan persiapan sebelum keberangkatan sudah cukup memuaskan. Penjemputan, makan siang pertama, makan malam memuaskan. Apalagi makan direstoran yang dipinggir pantai ikan bakar dan sambal terasinya maknyuuuuus. program acara sudah bagus, island hoping, pengalaman snorkling & ambil foto di batu - batu besarnya sangat mengesankan. Hanya di sisi penginapan(bukit berahu) yang masih agak kurang dari sisi makanan, dan kebersihan di dalam cottage. pak rizal & Iwan thanks for all.

    joko purwanto Indonesia, Jakarta 16 Mar 2012
  • Liburan yang sangat berkesan!! Pasir putih yang masih bersih, laut yang bening & makanan yg OK! Sayang sdh mulai ada tangan2 jahil yang mencoret-coret batu2an dan pengunjung yang membuang sampah sembarangan. semoga kita semua bisa tetap menjaga keindahan dan kebersihan anugerah Tuhan yang indah ini. Jika ada waktu lagi, ingin kembali berlibur di Belitung. Belitungisland.COM sangat profesional. Pak Deden,guide kami, sangat baik, ramah dan sabar. Terima kasih banyak!!

    pak Mul Indonesia, Jakarta 29 Jun 2011
  • Awesome.... What a great holiday in Belitung Island..... Beautiful Island and So Wondeful Place For Taking a picture... Thanks to BelitungIsland.com for arrange my trip ... Perfect 👍 Special thanks to Bro Donny our tour guide for your kind and so friendly ... thank you for taking our picture.... so profesional Bro 👍 and Thank you Ibu Santi for your hospitality .... We'll be back to Belitung Island.... Sylvia Ariesyanti

    Sylvia Ariesyanti Indonesia, Jakarta 11 Sep 2015
  • fun and fantastic trip we ever had......... mudah2an Belitung tetap bersih , jauh dari tangan2 jahil dan jauh dari sampah. paling penting... Belitung harus aman, nyaman, bersih, indah...sehingga turis akan makin banyak yg datang. Rgds Arius

    dr Arius Indonesia, Jakarta 17 Mar 2012
  • Thank you for very well organised and professionally run tour. Great guide, Mr. Iwan, who insured the agenda fitted our requirement. Very beautiful island. We love it! We will return. Best Regards, Cha Cha & Mark

    Lamsyah Widayani n Mark Menzies Australia 2 Jun 2013

Airline Partners

Our Corporate Customers