By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Tambang Timah

Tambang Timah

Open Pit bukan sebuah pantai. Ini adalah nama sebuah wilayah yang dulunya digunakan oleh perusahaan tambang asal Australia BHP Billiton (Billiton adalah nama internasional Belitung) (1971-1985) dan kemudian dialihkan ke perusahaan Jerman bernama Preussag GmbH of Hannover, tempat ini oleh mereka digunakan sebagai pusat operasi penambangan timah sampai akhir tahun 1989.

Keunikan Tambang Timah

  • Gue bekas tambang timah bawah tanah
  • Pemandangan kawah tambang dari atas bukit
  • Danau di dasar kawah tambang
  • Gua buatan vertikal

Tempat ini menjadi unik karena sesungguhnya merupakan sebuah bukit dengan nama Gunong Kik Karak. Karena bukit ini memiliki potensi cadangan timah yang besar didalamnya, maka perusahaan pertambangan tersebut membuat sebuah galian raksasa membentuk kawah di tepat puncak Gunung Kik Karak. Besarnya kawah tersebut sama dengan kawah gunung berapi sesungguhnya. Gunong Kik Karak terletak di kota kecamatan Kelapa Kampit di wilayah Kabupaten Belitung Timur.

Mengapa perusahaan penambangan timah tersebut membuat proyek sebesar itu ? Ini adalah cara bagi mereka untuk mengangkut bebatuan dari dalam perut bumi untuk dimasukkan ke dalam truk. Sejarah awal pertambangan timah modern dimulai ketika pemerintah Belanda memberikan hak eksploitasi tambang kepada perusahaan Billiton yang didirikan pada 29 September 1860 di Belanda untuk beroperasi di pulau kaya timah Bangka dan Belitung.

Truk-truk besar dulunya berkeliling seputar sisi kawah merangkak menaiki sisi kawah hingga ke sisi puncak dan membawa bebatuan yang mengandung timah tersebut ke pusat pengolahan. Di sekeliling kawah, terdapat banyak lubang yaitu gua buatan manusia. Tempat ini sesungguhnya adalah pusat penambangan timah bawah tanah. Jadi, batu-batu yang kaya timah sesungguhnya diambil dari gua-gua tersebut, dan kawah tersebut dibuat sebagai cara agar truk-truk pengangkut bisa mendekati pintu-pintu gua yang terletak di sekeliling kawah.

Gua tersebut dibuat menggunakan ledakan dinamit. Para ahli geologi melakukan eksplorasi struktur bebatuan dan mengidentifikasi titik-titik dimana gua bisa dibuat. Para pekerja kemudian melakukan pengeboran pada bebatuan dan menempatkan dinamit di sana. Setelah meledak, bebatuan diangkut dari dalam gua ke areal Open Pit. Begitulah aktivitas penambangan timah di Belitung pada masa itu. Tempat ini dulunya banyak didatangi oleh pekerja dan tenaga ahli asal Eropa.

NEXT PAGE >>

Belitung Tour Package Rp 1,552,000/person @ Premium Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Belitung Fotografi termasuk tour sehari penuh, hotel Premium makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Burung Mandi

DISTANCE26 km VIEW MORE

 

Burung Mandi, adalah nama sebuah gunung di Timur Laut Belitung, kira-kira 18km arah Barat kota terbesar kedua Manggar. Burung Mandi merupakan tujuan wisata utama bagi masyarakat Manggar dan sekitarnya. Tempat ini sudah dikenal sejak Belanda pertama kali mendirikan pusat penambangan timah di desa Dam ...

Tanjung Tinggi

DISTANCE50 km VIEW MORE

 

Selamat datang di Tanjung Tinggi pantai tercantik dan paling terkenal di Belitung, lokasi syuting Film Laskar Pelangi. Pantai berpasir putih dengan dekorasi batu-batu granit raksasa 30 km di Utara kota Tanjungpandan. ...

Danau Kaolin

DISTANCE52 km VIEW MORE

 

Sejujurnya, awalnya kami tidak ingin memuat foto ini. Tetapi atas permintaan beberapa rekan fotografer yang ingin mengetahui lebih jauh tentang potensi seni fotografi di daerah tambang kaolin, maka kami buatlah galeri foto Danau Tambang Kaolin ini. ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Tambang Timah

  • Menikmati ketinggian
  • Pengamatan pemandangan
  • Hunting fotography
  • Berpetualang di sekitarnya

Sekarang, tidak ada lagi deru mesin dan kesibukan aktivitas pertambangan di tempat ini, kedua perusahaan tersebut sudah tidak beroperasi lagi di Belitung. Tempat ini hanyalah tinggal kawah yang terabaikan dan tidak ada orang berkunjung ke tempat ini untuk berwisata. Aktivitas yang ada di tempat ini hanyalah penduduk lokal yang melakukan penambangan timah secara tradisional, mencoba untuk mendapatkan sisa-sisa timah dari pasir-pasir yang tertinggal di dalam gua, sebagaimana ditampilkan pada foto di atas. Mereka menggunakan peralatan tradisional seperti wajan untuk memisahkan timah dari pasir biasa. Mereka mengumpulkan sisa-sisa pasir dari dalam gua. Ini adalah aktivitas yang sangat berbahaya, karena mereka tidak menggunakan alat keselamatan memadai dan gua-gua tersebut sudah ditinggalkan lebih dari 20 tahun, tanpa ventilasi yang memadai. Tetapi, karena hanya itulah keahlian dan kesempatan yang mereka miliki, mereka tetap melakukannya.

Open Pit bukanlah tempat tujuan wisata. Dan tempat ini tidak dibangun untuk itu. Ada banyak gua-gua vertikal untuk ventilasi yang tersebar di sekitar bukit yang bisa saja berakibat fatal pagi para pengunjung biasa. Jalan ke Open Pit juga rusak. Jika anda datang dengan kendaraan biasa, anda harus parkir di kaki bukit dan berjalan menaiki bukit menuju puncak Gunong Kik Karak, kecuali anda menggunakan kendaraan 4x4. Tempat ini bisa dicapai satu jam perjalanan dari Tanjungpandan ke arah Timur, arah yang sama dengan ke Manggar.

Jika anda seorang fotografer baik amatir maupun pro, tempat ini mungkin akan menjadi surga bagi anda. Mungkin beberapa diantara anda sudah pernah melakukan perjalanan fotografi ke Kawah Putih, yaitu kawah gunung berapi sesungguhnya di Gunung Patuha di Jawa Barat. Tempat ini mirip, tetapi memiliki keunikan tersendiri. Target foto anda adalah warna dan corak bebatuan di sekitar kawah, para penambang timah sebagai human interest dan kawah itu sendiri. Foto-toto di halaman ini diambil di siang hari dengan kondisi pencahayaan yang kurang bersahabat. Anda sebaiknya menghabiskan waktu fajar atau matahari terbenam di tempat ini. Kami harap anda bisa menghasilkan foto yang menarik dari tempat ini.

  • Capital City
  • Airport
  • Burung Mandi
  • Tanjung Tinggi
  • Danau Kaolin

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Tambang TimahBelitung Timur

Click star to rate Tambang Timah

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • saya udah dari tahun lalu mau belitung tapi baru bisa bulan september kemarin,, kirain pantai nya bagus,, ternyata saya salah,, pantainya baaaguusssssssss baaaannngeeeeeettttt !!!! temen2 satu trip nya juga seru2 , pak asep dan mba icha marica juga baiiiik &sabar banget jadi fotografer dadakan :P ,,makanan nya enaak apalagi kepiting nya.. hihihi mudah2an saya ada kesempatan ke belitung lagi dan ngajak temen2, masih banyak spot yang belum di datengin..:)

    Dewi Indonesia, Jakarta 14 Sep 2012
  • Keren, Belitung indah banget Belitung Island ramah banget Semuanya memuaskan dan memberikan kesan yang baik untuk kami. Ga nyesel bulan madu ke Belitung, pulau yang menawan hati. Ga nyesel bulan madu dengan jasa Belitung Island, Romantis banget. Sukses untuk Belitung Island ya, salam dari kami untuk Kang Asep, terima kasih banyak untuk cerita manisnya di Belitung :)

    Marina Fauzia Indonesia, Jakarta 31 May 2013
  • maaf, saya ijin share photo lagi. photo ini diambil dengan susah payah dari lantai 19 mercusuar (65 meter) di pulau lengkuas, setelah saya tertatih-tatih menaiki 309 anak tangga. tapi rasa capek hilang begitu melihat pemandangan dari atas, indahnyaaaaa.....

    yeni marliani Indonesia, Jakarta 6 Apr 2012
  • Saya puas berlibur di Pulau Belitung bersama belitungisland.com. Tour guidenya ramah dan sangat membantu, makanannya juga bagus. Untuk mobilnya cukup memadai hanya AC nya kurang dingin. Hotel bersih dan menyenangkan, kapal juga OK.

    Lily Indonesia, Jakarta 22 May 2012
  • Thanks belitungisland for arranging our lovely eye-opening travel experience. Our tour guide, Pak Hendro was excellent, nice & helpful. Please extend our thanks for making the trip worry-free :) Superb!

    RizaYohanaLita Indonesia, Jakarta 2 Apr 2011

Airline Partners

Our Corporate Customers