By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Museum Kereta

Museum Kereta

Dengan statusnya sebagai kota tua pertambangan batu bara memang menjadikan Sawahlunto memiliki beragam wisata sejarah. Untuk mengangkut batu bara ini kemudian muncul transportasi kereta api dan stasiunnya. Kini stasiun Sawahlunto pun telah menjadi objek wisata museum yang menarik untuk dikunjungi.

Keunikan Museum Kereta

  • Merupakan salah satu stasiun perintis dan awal mula di Sumatera.
  • Menjadi salah satu dari dua museum kereta api di Indonesia.
  • Memiliki banyak koleksi menarik tentang perkeretaapian di Sumatera.
  • Bisa menikmati kereta api wisata dengan cara menyewanya.

Stasiun Sawahlunto sendiri merupakan jenis stasiun terminus (stasiun akhir) yang melayani perjalanan menuju ke Pelabuhan Teluk Bayur di Padang. Penggunaannya sendiri ketika itu adalah untuk kepentingan pemerintah kolonial Belanda dalam mengangkut tambang batu bara dari Sawahlunto ke pelabuhan. Pembangunan jalur kereta api sendiri dimulai sejak tahun 1891 hingga tahun 1894. Rute kereta api uap saat itu adalah Sawahlunto Danau Singkarak – Lembah Anai – Teluk Bayur dengan jarak 151,5 km dengan waktu tempuh 10 jam. Pemberhentian sendiri ada dibeberapa tempat yaitu Solok, Batubata, Padang Panjang, Kayu Tanam hingga stasiun akhir di Teluk Bayur.

Seiring dengan pertambangan Kota Sawahlunto yang sudah mati, maka stasiun ini pun tak lagi beroperasi seperti dulu untuk mengangkut batu bara. Maka dari itu pada tangal 17 Desember 2005 kemudian Stasiun Sawahlunto berubah statusnya menjadi meseum setelah diresmikan oleh Jusuf Kalla yang menjabat wakil presiden RI. Dengan status tersebut, Stasiun Sawahlunto pun menjadi salah satu dari dua stasiun yang menjadi museum di Indonesia selain Museum Kereta Api Ambarawa, Jawa Tengah.

NEXT PAGE >>

Padang Tour Package Rp 2,580,000/person @ Pusako Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Padang Pegunungan termasuk tour sehari penuh, hotel Pusako makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Goedang Ransoem

DISTANCE1 km VIEW MORE

 

Kota Sawahlunto yang berada di Provinsi Sumatera Barat memang merupakan kota yang bersejarah karena riwayat kegiatan pertambangannya. Tak ayal bila kemudian di sini banyak dijumpai bangunan-bangunan tua. Dan salah satu bangunan tua dan bersejarah tersebut adalah Museum Goedang Ransoem. ...

Ist. Pagaruyung

DISTANCE39 km VIEW MORE

 

Salah satu objek wisata ternama dan populer di Sumatera barat yang bisa Anda kunjungi yaitu Istana Basa atau Istana Pargaruyung. Istana yang berlokasi di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat ini tidak hanya menyuguhkan keindahan bangunan istananya. Namun di ...

Desa Minang

DISTANCE48 km VIEW MORE

 

Desa Minang berada di bawah kaki Gunung Marapi yang membuat udara di sini terasa sejuk. Jangan lupa juga panorama alam disini sangatlah indah. Disini para wisatawan dapat menikmati berbagai hal menarik seperti berwisata alam dan belajar sejarah dan budaya Minangkabau. Yang pasti liburan di Desa Mina ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Museum Kereta

  • Pengamatan pemandangan
  • Berpetualang di sekitarnya
  • Hunting fotography
  • Berpetualang sambil berjalan

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Di museum Kereta Api Sawahlunto yang bersejarah ini Anda sebagai wisatawan bisa melakukan beberapa aktivitas atau kegiatan seperti :
  • Melihat-lihat koleksi museum yang bersejarah seperti lokomotif uap, gerbong kereta, peralatan sinyal komunikasi kereta, jam, foto-foto dokumentasi dan lain sebagainya.
  • Salah satu koleksi yang sangat unik dan istimewa untuk Anda saksikan di museum ini adalah lokomotif Mak Itam seri E 1060 buatan Jerman tahun 1965 yang masih menggunakan tenaga uap batu bara.
  • Anda di sini juga bisa menyewa naik kereta wisata dengan cara menyewanya terlebih dahulu.
  • Anda juga bisa naik kereta penumpang melalui Museum Kereta Api Sawahlunto ini setiap hari Minggu menuju kota Padang Panjang dan Solok.
  • Dengan segala apa yang disuguhkan oleh Museum Kereta Api Sawahlunto ini melakukan kegiatan fotografi akan sangat membuat hasil yang mempesona.

  • Capital City
  • Airport
  • Goedang Ransoem
  • Ist. Pagaruyung
  • Desa Minang

Akses Menuju Lokasi

Akses menuju ke Museum Kereta Api Sawahlunto sendiri terbilang sudah baik. Untuk ke sini maka Anda harus bergerak ke Kota Sawahlunto yang berjarak 82 km dari Kota Padang. Sementara dari kota Bukittinggi, museum ini berjarak 84 km dengan bisa ditempuh dalam waktu 2 jam 15 menit. Tapi bila Anda datang dari Jakarta maka Anda harus terlebih dahulu menuju ke Bandara Internasional Minangkabau. Dari bandara Anda tinggal melanjutkan dengan kendaraan sewa atau transportasi umum menuju museum dengan jarak 107 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Sesampainya di kota Sawahlunto Anda tinggal melanjutkan untuk menuju alamat Museum Kereta Api Sawahlunto yang berada di Jalan Kampung Teleng, Kelurahan Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto.

Tarif dan Catatan Khusus

Tiket masuk ke Museum Kereta Api Sawahlunto ini adalah Rp 1.000 untuk pelajar serta anak-anak dan Rp.3.000 untuk umum. Untuk menyewa kereta api wisata yang memuat 30 orang ini maka siapkan dana rombongan sebesar Rp 3,5 juta untuk umum dan Rp 1,5 juta untuk anak sekolah dan pelajar. Jangan lupa juga jadwal buka museum yaitu hari Selasa – Minggu pukul 08.00 – 17.00, karena hari Senin museum tutup.

Fasilitas di Objek Wisata

Fasilitas di Museum Kereta Api Sawahlunto antara lain :
  • Ruang Pameran Tetap
  • Toilet
  • Ruang Kantor
  • Lobby

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Museum KeretaKota Bukit Tinggi

Click star to rate Museum Kereta

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • sebenernya saya bingung mau upload photo yg mana utk testimoni ini krn byk sekali photo2 bgs selama kami disana. Sbg penghormatan utk Pak Gito, maka saya share photo kami sekeluarga ber4 diantara bebatuan. Pokoknya kami puas dg indahnya pantai, birunya laut and putihnya pasir Belitung. Thx juga buat Pak Gito and Pak Rizal yg sdh jd tour guide selama kami disana. Salam utk kel R1207 : tita & elda, pasangan honeymon mbak fenty, ringgo & friend juga keluarga mbak dayu

    Yeni Marliani Indonesia, Jakarta 6 Apr 2012
  • The best destination with the best tour organizer. Liburan ke belitung ini adalah liburan pantai terbaik yang pernah saya lakukan. Untuk saya pecinta pantai, pantai-pantai dan pulau-pulau di belitung benar-benar menakjubkan. Proses reservasi sangat mudah, harga yang masuk akal, tour guide yang hebat, dan makanan yang tak pernah gagal (kecuali sarapan di hotel saya yang tidak enak). Saya pasti kembali dan saya pasti pakai belitungisland.com

    Ferly Novriadi Indonesia 4 Apr 2012
  • Paket liburan yang sangat menyenangkan, berkesan dan merindukan. Pulau2 dan terumbu karangnya sangat indah... snorkling, fishing dan sun bathing sangat mengasyikkan... jalan di belitung bagus2... Cerpen2 di museum Hirata sangat menghanyutkan, demikian juga foto2 sejarah di rumah adat... makanan dan bumbu2nya cocok di lidah... ada bonus ketemu Pak Basuri, Bupati Beltim... Two thumbs up!!!

    Fifi Rizal Indonesia, Pakan Baru 1 Jun 2013
  • Terima kasih kepada Belitungisland.com.. Rizal, Mas Trisno atas bantuannya.. Meskipun cuaca agak kurang baik, tapi perjalanan kami kesana sangat menyenangkan... Semoga kedepannya Belitungisland.com semakin sukses. Salam

    Andreas Hie Indonesia, Jakarta 28 Dec 2013
  • Sudah yang kedua kali, selalu terkesima dengan keindahan alam di Belitung. Thanks to Bro Doni (Skinny), guide yang tau dengan spot2 yang indah untuk berfoto.

    Tesiana Indonesia, Jakarta 25 May 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers