By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Piket Nol

Piket Nol

Tidak asing lagi bagi warga lumajang, ketika melewati jalan raya Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang menuju kota Malang arah barat, akan melewati sebuah tempat bernama Piket Nol. Daerah wisata yang berada diketinggian 750 meter di atas permukaan laut ini memang sangat menarik.

Keunikan Piket Nol

  • Berada di ketinggian yang membuat udaranya sejuk.
  • Memiliki panorama alam yang indah dan elok.
  • Tempat terbaik untuk istirahat dan melepas penat.
  • Ada jembatan perak legendaris yang bersejarah.

Di sini kita bisa melepas penat dan merasakan hiburan yang menyenangkan. Wisata gratis yang berada di kaki gunung Semeru ini tentu akan menjadi salah satu bagian yang tak akan pernah Anda lupakan ketika berkunjung ke kota Lumajang. Jika tak percaya maka coba saja buktikan sendiri dengan mendatangi obyek wisata Piket Nol yang berada di kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini.

Cerita Piket Nol ini sudah ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda dimana daerah yang terdapat sebuah jembatan penghubung Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo ini sering digunakan untuk memeriksa dan mengecek kendaran yang membawa hasil bumi. Jembatan yang kemudian dikenal dengan jembatan perak ini dibuat oleh pemerintah kolonial antara tahun 1925 hingga 1930. Dalam pembangunan jembatan perak ini banyak kisah yang menyatakan bahwa banyak jatuh korban tewas terjatuh ke jurang.

Bahkan ada juga versi cerita yang menyatakan bahwa ada tumbal seorang penari ledek yang berparas cantik yang diyakini sebagai penolak bala. Kisah atau riwayat lain juga menyebutkan bahwa di daerah jembatan perak Piket Nol ini ada misteri hantu yang menyebrangi jalan ketika malam hari. Konon dalam keyakinan warga sekitar Piket Nol hantu-hantu itu adalah oarang-orang yang dianggap PKI yang dibantai dan dibuang di jurang tersebut.

NEXT PAGE >>

Bromo Tour Package Rp 2,994,000/person @ Jiwa Jawa Bromo Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Bromo Adventure termasuk tour sehari penuh, hotel Jiwa Jawa Bromo makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Tumpak Sewu

DISTANCE22 km VIEW MORE

 

Indonesia sangatlah kaya akan pesona alamnya yang begitu eksotik dan sangat indah. Salah satunya adalah wisata Air Tumpak Sewu yang begitu menakjubkan karena mempunyai banyak air terjun. Karena banyaknya air terjun yang muncul di sini maka diberikanlah nama tumpak sewu yang artinya air terjun yang j ...

Ranu Pani

DISTANCE23 km VIEW MORE

 

Bagi Anda yang pernah mendaki gunung Semeru, tentu Anda tak asing lagi dengan Ranu Pani. Ya, objek wisata berupa danau alami ini memang menjadi salah satu tempat atau pos peristirahatan pertama bagi para pendaki sebelum memulai pendakian dengan berjalan kaki. Selain menjadi pos peristirahatan pertam ...

Kota Malang

DISTANCE87 km VIEW MORE

 

Kota Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur. Kota yang terkenal dengan apel dan baksonya ini memang memiliki banyak pesona wisata untuk ditelusuri. Bukan hanya wisata alam, namun wisata sejarah, budaya dan kuliner juga bisa Anda nikmati di kota yang juga mendapat julukan Zwitserland van Jav ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Piket Nol

  • Menikmati ketinggian
  • Menikmati keindahan alam
  • Minum sambil bersantai
  • Hunting fotography

Di Piket Nol ini Anda bisa melakukan beberapa hal dan aktivitas, yaitu :

  • Dengan panorama alam di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut Anda bisa melihat kota Lumajang dari atas yang indah.
  • Di lokasi ini memang tak sedikit orang yang dalam perjalanan Malang – Lumajang atau sebaliknya yang berhenti sejenak untuk sekedar melepas lelah dan melihat panorama.
  • Selain tempat wisata, area Piket Nol ini juga dijadikan rest area atau tempat istirahat bagi para pengendara.
  • Dari panorama indah yang ada tersebut, Anda bisa melakukan kegiatan fotografi dengan background atau latar belakang kota Lumajang dari ketinggian. Dengan latar belakang tersebut pastinya Anda akan mendapatkan hasil foto atau gambar yang sangat menarik.
  • Spot fotografi menarik lain di kawasan Piket Nol ini bisa juga Anda dapati di eks jembatan perak yang sudah tak terpakai. Spot ini juga sangat digemari wisatawan yang datang karena juga menyuguhkan panorama alam, tebing dan jurang yang sangat mempesona.
  • Jika kegiatan fotografi sudah dilakukan dan Anda sudah merasa lelah dan lapar, maka Anda bisa mendatangi beberapa warung yang ada di sana. Ya, di Piket Nol memang ada beberapa warung yang tersedia untuk para pengunjung.
  • Sambil menikmati kuliner yang ada Anda masih bisa melihat penorama sekitar dan juga merasakan dinginnya udara pegunungan yang segar. Hal ini tentu saja akan sangat membuat Anda kembali refresh kembali.

  • Capital City
  • Airport
  • Tumpak Sewu
  • Ranu Pani
  • Kota Malang

Akses Menuju Lokasi

Untuk menuju ke wisata Piket Nol ini Anda bisa melakukan perjalanan dari arah Lumajang dengan jarak paling terdekat dan juga dari arah Malang. Dari arah kota Lumajang Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda menuju ke kecamatan Tempeh – Pasirian - Candipuro hingga sampai ke Piket Nol. Bila Anda berangkat dari arah kota Malang, maka rute yang harus ditempuh yaitu Gadang – Turen – Dampit – Ampelgading dan Pronojiwo hingga sampai di Piket Nol.

Tarif dan Catatan Khusus

Tidak ada biaya tiket masuk yang harus Anda bayar untuk masuk kawasan wisata Piket Nol ini. Ini karena daerah ini adalah jalanan umum yang tiap hari dilalui kendaraan. Mengenai jembatan Perak Piket Nol ini meskipu memiliki kisah misteri yang bisa dibilang angker, tapi Anda tak prlu takut. Sebab di sini Anda akan menemukan keindahan alam yang tiada tara. Dan walau jembatan ini juga sudah tidak digunakan lagi karena sudah dibangun jembatan yang baru di sebelahnya dengan kontruksi beton, namun pesona jembatan atau gladak perak Piket Nol ini masih sangat menarik untuk ditelusuri. Perlu diperhatikan juga parkir di Piket Nol ini adalah memanjang dipinggir sepanjang jalan, bukan ditepian jembatan baru yang memang dilarang.

Fasilitas di Objek Wisata

Fasilitas yang ada di wisata Piket Nol antara lain Tempat ibadah, area parkir, toilet umum dan juga warung-warung makan. Untuk penginapan, disini akan sulit didapat karena kawasan Piket Nol ini jauh dari kota dan juga jauh dari rumah-rumah atau pemukiman penduduk.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Piket NolJawa Timur

Click star to rate Piket Nol

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Thank you, Belitungisland.COM! We had a great experience with you in exploring Belitung. Belitung is indeed a MUST if you are planning to go for a beach vacation. It is a beautiful, pure and serene place to enjoy our amazing nature. Youll be able to enjoy the set of Laskar Pelangi movie here too, including the beaches and the school. Not to forget, Museum Kata by Andrea Hirata, the author of Laskar Pelangi novel series. Belitung is where you can discover arts, panorama and delicious seafood!

    Brenda Puspita Indonesia, Jakarta 14 Aug 2015
  • keseluruhan puas. flexible baik fasilitas maupun waktu. ramah. keselruhan baik dan memang semestinya begitu. karena kami dari perusahaan yang menjunjung safety, ada hal menarik. tour guide-nya telah mempersiapkan kotak obat yang mana diperlukan jika ada hal yang tidak inginkan terjadi. jika ada kotak obat dimobil, itu sudah semestinya. tetapi kotak ini terus mengikuti kegiatan yang kami lakukan hingga berada diatas kapal. saya yakin tidak semua tour agent memperhatikan ini. salute

    dolly Indonesia, Jakarta 18 May 2013
  • Had a great time, lovely unspoiled sandy beaches, really enjoyed snorkeling, very colourful corals and fish. Minor comments would be the unavailability of English signs in most places and the very basic toilet facilities. Nevertheless, Belitung has some of the best beaches we have ever seen. Pak Asep is the best tourguide! Great holiday and hopefully be back soon. Thank you Belitungisland.com for the professional service. Regards from Indonesia & UK.

    Paul - Monica - Maria United Kingdom 21 Jun 2011
  • Asyik walaupun terasa singkat!Keindahan Belitung terpancar melalui keunikan pantainya yang berbatu...Yang paling berkesan adalah saat ke Pulau Pasir dan berpose dengan star fish...Ajaib banget melihat adanya pulau pasir di tengah lautan dengan star fish nya..Makanannya enak...tour guidenya, Mas Fikar baik... Nyeselnya cuma karena pesawat ke Belitung payah...ngga ada yang on time...Thanks buat Team Belitung Island.com..Edward Teh, Flora dan kelg

    Floranita Kustendro Indonesia, Jakarta 29 Oct 2011
  • Belitung wow, the most beautiful beach Ive ever seen, and thanks for belitung island .com with mr Yadi as a guide, you make ours holiday so comfortable, with very good and kind service, very delicious food, good hotel , flexible schedule . We will suggest ours relative to choose your service.

    Dewi Purwaningsih Indonesia, Jakarta 15 Jun 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers