By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Panderman

Panderman

Gunung panderman adalah ikon khas Kota Batu, Jawa Timur yang memang akan selalu terlihat disetiap sudut kota ini. Dari Alun-alun Kota Batu, gunung dengan tinggi 2.045 mdpl tersebut bahkan bisa menjadi latar atau background berfoto Anda. Gunung panderman sendiri sudah populer sebagai tempat pendakian untuk para pecinta alam.

Keunikan Panderman

  • Ikon Kota Batu
  • Pemandangan indah
  • Spot pendakian pemula
  • Ada misteri

Nama Panderman sendiri diambil dari nama seorang Belanda Van Der Man yang saat itu sangat terpesona dan mengagumi keindahan gunung. Namun oleh penduduk setempat karena sulitnya melafalkan nama Van Der Man maka yang terucap adalah Panderman. Nama Panderman pun lama-lama jadi populer sampai sekarang. Gunung Panderman sendiri adalah salah satu rangkaian Pegunungan Putri Tidur yang terdiri dari Gunung Butak (wajah), Gunung Kawi (bagian tangan yang bersedekap) dan Gunung Panderman (bagian kaki). Jika dilihat dari jauh maka ketiga gunung inimirip seorang putri yang sedang tidur. Gunung dengan puncak bernama Basundara ini memang sangat memukau. Saat mendakinya kita akan melihat pemandangan alam yang hijau dan indah. Pada malam harinya saat pendakian, Anda juga akan menjumpai panorama kerlap kerlip cahaya lampu Kota Batu dan Kota Malang dari ketinggian.

Gunung Panderman sendiri punya trek yang tidak terlalu berat untuk pendakian. Dari sini maka gunung ini sering dijadikan lokasi latihan pendakian sebelum ke gunung yang lebih tinggi seperti Gunung Arjuno atau Gunung Semeru. Bagi pendaki pemula, Gunung Panderman pun akan sangat tepat dijadikan spot pendakian. Ada sebuah misteri dan mitos yang ada di gunung ini yakni pasar setan. Mitos pasar setan yang diyakini ada di pos Latar Ombo ini sering membuat para pendaki khawatir. Hal ini dikarenakan pasar setan bisa membuat orang penasaran dan tersesat. Namun Anda tak perlu takut berlebihan, karena ini adalah fenomena biasa yang juga ada di gunung-gunung lainnya. Yang penting Anda cukup memperbaiki niat dan juga bersikap baik.

NEXT PAGE >>

Bromo Tour Package Rp 1,521,000/person @ deBoutique Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Malang Heritage termasuk tour sehari penuh, hotel deBoutique makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Kusuma Agro

DISTANCE4 km VIEW MORE

 

Kusuma Agro merupakan tempat wisata berkonsep kebun yang berada di kota Batu, Malang, Jawa Timur. Wisata agro atau kebun di Kusuma Agro ini tentu bukan sekedar sesuatu yang biasa. Pasalnya di sini Anda bisa melakukan kegiatan menarik seperti petik apel Malang dan juga kegiatan seru lainnya. ...

Museum Angkut

DISTANCE5 km VIEW MORE

 

Salah satu tempat menarik dan seru untuk Anda kunjungi di Kota Batu, Jawa Timur adalah Museum Angkut. Meski bernama museum, namun Museum Angkut bukan sembarang museum transportasi. Sebab Museum Angkut memiliki banyak hal yang mendukung sebagai tempat wisata modern. ...

Eco Green Park

DISTANCE7 km VIEW MORE

 

Anda yang tengah berlibur di Kota Batu, Jawa Timur memang akan menjumpai banyak tempat wisata. Salah satu destinasi menarik dan terbaru yang bisa Anda datangi adalah Eco Green Park. Dengan banyaknya wahana pendidikan dan permainan di sini maka akan menjadikan liburan Anda lebih berkesan. Bila Anda t ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Panderman

  • Menikmati ketinggian
  • Menikmati keindahan alam
  • Berpetualang sambil berjalan
  • Hunting fotography

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Beberapa kegiatan dan aktivitas yang bisa Anda lakukan di Gunung Panderman yaitu :
  • Mendaki gunung bersama teman-teman.
  • Camping dan berkemah di beberapa spot peristirahatan pendakian.
  • Menikmati panorama alam yang indah dan rindang.
  • Pada malam hari, Anda juga bisa meniknati panorama kerlap-kerlip Kota Batu yang memukau.
  • Bersantai sambil menghilangkan kejenuhan dan kepenatan.
  • Berfoto-foto untuk diposting ke media sosial atau untuk kenang-kenangan.

  • Capital City
  • Airport
  • Kusuma Agro
  • Museum Angkut
  • Eco Green Park

Akses Menuju Lokasi

Pendakian Gunung Panderman bisa dilakukan dari 2 jalur yakni jalur Desa Pesanggrahan dan jalur Toyomerto dan juga jalur Curah Banteng. Dari kedua jalur pendakian ini, jalur Toyomerto yang di mulai dari Dukuh Toyomerto, Desa Pesanggrahan merupakan yang paling sering atau umum dilewati. Dukuh atau Dusun Toyomerto ini bisa ditempuh dari Kota Batu dengan waktu kurang lebih 20 menit. Sementara itu dari Kota Malang, Dusun Toyomerto ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Dan bila Anda datang dari Bandara Abdul Rahman Saleh setelah naik pesawat maka Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit menuju dusun ini. Dari Dusun Toyomerto ini Anda harus memarkirkan kendaraan dan mengurus perizinan. Setelah mengurus perizinan, Anda harus mulai berjalan kaki mendaki Gunung Panderman dengan waktu sekitar 3 jam 30 menit hingga sampai di puncak Basundara.

Tarif dan Catatan Khusus

Tarif masuk wisata pendakian Gunung Panderman adalah Rp 7.000/orang. Sementara itu tarif parkir kendaraan adalah Rp. 5000. Meski tidak setinggi Gunung Arjuno atau Gunung Semeru, tapi Anda harus tetap memperhatikan beberapa tips seperti :
  • Mempersiapkan stamina dan fisik.
  • Mempersiapkan perbekalan dan perlengkapan pendakian.
  • Jaket, sandal atau sepatu gunung adalah perlengkapan yang wajib dibawa.
  • Jangan lupa juga untuk memperbaiki niat dan sikap serta omongan yang baik saat melakukan pendakian.
  • Selama pendakian jaga baik-baik alam lingkungan dengan tidak melakukan perusakan dan juga tidak membuang sampah sembarangan.

Fasilitas di Objek Wisata

Fasilitas dalam pendakian Gunung Panderman ini hanya akan Anda dapatkan di jalur pertama yakni di Dusun Toyomerto. Karena bila Anda naik atau mendaki dari jalur Curah Banteng maka hampir dipastikan Anda tidak menjumpai fasilitas apapun. Beberapa fasilitas di Dusun Toyomerto sebelum pendakian ini antara lain area parkir, pos informasi, warung, tempat istirahat dan juga beberapa penginapan.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

PandermanBatu, Jawa Timur

Click star to rate Panderman

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • The best semua dari belitungisland.com ngga ada yg gagal!. Mulai dari pak Iwan yang super baik,akomodatif dan helpful, air mineral ngga ada habisnya, makanan semuanya enak2, ac mobilnya dingin, mobilnya lgsg bersih pdhl kita abis dari pantai penuh pasir, kapalnya juga keren& bersih berasa punya yatch pribadi, kaptennya baik, sampai yg paling menakjubkan ;di mobil itu kita disetelin lagu2 top jaman angkatan kita ajah gitu, excellent! Nti qta review di blog kita: www.travelingcow.com ya! Thx bgt!

    Vari Indonesia, Jakarta 6 Oct 2012
  • Belitung the Photogenic island Pantai2 dan batu granit di Belitung bagus semua, walopun hrs panjat2 buat dpt background yg bagus,tp worth it=)Makasih juga buat Pak Andi yang udah guide kita disana:) Mungkin kurang fasilitas tempat makan aja, selebihnya semua berkesan dan pengen balik lagi sama temen2 dan keluarga.

    angela Indonesia, Jakarta 17 Jun 2011
  • Keduakalinya mengunjungi Belitung, tetap mengesankan. Lebih lagi pelayanan Hendro, Viky, Gebri, Gito dan Rizal yang luar biasa. Team BIC makin mantap dan hebat. Terus tersenyum dalam segala situasi. Salut untuk Pak Kusumah dan bu Santi. Kami pasti kembali...

    SR Kristiawan Indonesia, Jakarta 10 May 2012
  • Ini trip pertama kami ke Belitung. Sangat menyenangkan, pantai yang cantik dan belum pernah kami lihat pemandangan secantik dan seindah ini. Terima Kasih Bang Rizal sebagai guide kami, sukses selalu Tim Belitung Islands ;)

    asteria Indonesia, Jakarta 21 Jan 2012
  • Terimakasih kepada team BelitungIsland yang selalu menemani dan mengantar kami menikmati indahnya alam Belitung Indonesia, smoga selalu terjaga kebersihan, keindahan dan kelestariannya. Sukses slalu!!!

    Reza Satya Indonesia, Surabaya 15 Oct 2010

Airline Partners

Our Corporate Customers