By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Topeng Malang

Topeng Malang

Tari Topeng Malang atau Tari Topeng Malangan adalah pertunjukan kesenian tradisional khas Malang, Jawa Timur yang dilakukan dengan menggunakan topeng serta kostum sesuai tokoh. Tari Topeng Malang yang juga disebut wayang topeng ini pastinya punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Jadi bila Anda sedang ke Malang, cobalah untuk mencari dan menyaksikan pertunjukan tari ini dilaksanakan.

Keunikan Topeng Malang

  • Khas Malang
  • Cerita Panji
  • Dulu Disakralkan
  • Kerajaan Kanjuruhan

Tari yang bisanya dilakukan sebuah kelompok seni atau sanggar ini akan memainkan sebuah cerita panji. Inilah yang membedakan tari topeng dan wayang wong yang memang hampir mirip. Beberapa cerita panji yang diangkat biasanya adalah kisah asmara Raden Panji Asmoro Bangun (Inu Kertapati), Putri Sekartaji (Galuh Chandrakirana), Dewi Ragil Kuning, Raden Gunungsari dan lain – lain. Perbedaan lain dengan wayang wong adalah para penarinya yang menggunakan topeng dengan banyak karakter yang berbeda. Dalam perkembangannya sendiri, Tari Topeng Malangan ini ada juga yang ditampilkan secara “lepas” dari lakon Wayang Topeng. Karena sudah mulai ditinggalkan, pada tahun 2016 silam Badan Pelestarian Pusaka Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Malang sepakat mendaftarkan Seni Tari Topeng Malangan sebagai World Intangible Heritage (warisan budaya tak benda) ke UNESCO.

Cerita yang dibawakan dalam Tari Topeng Malangan ini bisanya terbagi dalam beberapa babak, seperti jejer sabrang, jejer jawa, perang brubuh dan bubaran, perang gagal dan gunungsari – patrajaya. Sementara itu untuk penokohannya, seperti juga dalam pewayangan akan dibagi dalam beberapa macam seperti punakawan, bolo kiwo (raksasa/klono), bolo tengen (kesatria jawa), dewa, dan penari putri. Namun untuk memerankan tokoh - tokoh pada pertunjukan Tari Topeng Malangan ini tidaklah sembarangan dilakukan oleh seseorang. Dibutuhkan keahlian dan kemampuan serta visualisasi tokoh yang akan diperankan. Ekspresi gerak serta fisik yang mewakili karakter tokoh juga sangat diperlukan dalam Tari Topeng ini.

NEXT PAGE >>

Bromo Tour Package Rp 2,260,000/person @ Horrison Ultima Malang Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Bromo Adventure termasuk tour sehari penuh, hotel Horrison Ultima Malang makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Wendit

DISTANCE7 km VIEW MORE

 

Meski berlokasi yang terbilang lumayan jauh dari Kota Malang atau Kota Batu, tapi wisata ini tidak bisa dianggap remeh. Bahkan karena sudah legendaris, wisata ini jadi destinasi yang selalu melekat di hati masyarakat. Obyek wisata yang berada di Desa Wendit Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa ...

Sengkaling

DISTANCE9 km VIEW MORE

 

Sengkaling adalah sebuah taman rekreasi yang ada di Jl. Raya Sengkaling, Mulyoagung, Dau, Malang, Jawa Timur. Dengan segala wahana dan fasilitasnya yang lengkap, Taman Rekreasi Sengkaling akan bisa menjadi destinasi liburan Anda jadi lebih seru, menyenangkan dan istimewa. ...

Candi Singosari

DISTANCE11 km VIEW MORE

 

Liburan untuk tujuan wisata tentu tak harus melulu ke tempat-tempat yang mainstream seperti pantai, gunung atau pemandian. Namun wisata alternatif seperti ke tempat-tempat bersejarah juga bisa menjadi salah satu tujuan berwisata. Nah di Malang, Anda dapat menjumpai wisata alternatif sejarah yang men ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Topeng Malang

  • Menonton pertunjukan
  • Adat istiadat dan tradisi
  • Mempelajari sejarah
  • Hunting fotography

Riwayat dan Asal Usul

Jika ditarik jauh untuk mengetahui asal usulnya maka Tari Topeng Malangan ini diyakin dari Kerajaan Kajuruhan yang berasal budaya india. Dugaan ini bisa dikaitkan dengan sejarah kerajaan Kanjuruhan yang ketika itu memang banyak dimasuki oleh unsur dan budaya-sastra India. Kerajaan Kanjuruhan yang merupakan kerajaan Hindu ini memang banyak terpengaruh oleh budaya India yang dibawa oleh para pedagang pedagang dari India. Budaya India dalam Tari Topeng Malangan ini juga sangat nampak terlihat dari kisah atau cerita yang dibawakan yang berkisah tentang pewayangan India. Satu contoh yaitu kisah Ramayana dan juga kisah mahabarata. Selain para pemain, dalam Tari Topeng Malangan ini ada seorang Dalang yang bertugas mengatur jalannya cerita. Selain itu dalang juga harus memberikan sesaji serta membacakan doa pada saat sesajen. Untuk musiknya sendiri Tari Topeng Malangan menggunakan iringan musik tradirisional dari instrumen gamelan seperti kendang, bonang, gong dan lainnya.

  • Capital City
  • Airport
  • Wendit
  • Sengkaling
  • Candi Singosari

Sisi Unik Pertunjukan

Keunikan dari Topeng Malangan ini pada masa lalu nampak pada penggunaannya yang dikorelasikan dengan acara religi hingga menjadikan pertunjukan ini lebih sakral. Namun pada masa pemerintahan Raja Erlangga, Tari Topeng Malangan ini diubah pennggunannya sebagai unsur kebudayaan. Sementara itu penggunaan topeng sendiri dipakai pada zaman dulu untuk mendukung fleksibilitas penari dan pengganti riasan yang sangat sulit dijumpai kala itu. Pertunjukan Tari Topeng Malangan makin seru dan meriah dengan adanya Panjak dan Sinden. Jika Sinden akan bernyanyi, maka Panjak akan berkomunikasi dengan Dalang dan penonton untuk memeriahkan acara. Panjak juga bertugas menyanyi dan memainkan salah satu alat musik.

Pertunjukan

Pertunjukan Tari Topeng Malangan ini umumnya akan terdiri dari beberapa sesi. Sesi pertama adalah iringan musik gamelan(Gendang Giro) oleh pengrawit yang menandai dimulainya pertunjukan. Sesi kedua adalah salam sapa atau salam pembukaan kepada penonton yang biasanya dilakukan oleh salah satu anggota pertunjukan. Selain menyapa, anggota pertunjukan ini juga akan menceritakan sinopsis cerita Tari Topeng Malangan yang akan dibawakan kepada para penonton. Berikutnya, sesi ketiga dilakukan ritual sesajen dengan tujuan supaya pertunjukan lancar dan semua pemain dan penonton diberi keselamatan. Sesi terakhir sendiri pastinya adalah inti acara berupa pertujukan Tari Topeng Malangan.

Peralatan dan Perlengkapan

Beberapa peralatan dan perlengkapan dari pertunjukan Tari Topeng Malangan ini yaitu :
  • Topeng.
  • Kostum atau baju tradisional Jawa Timur yang sesuai tokoh atau karakter yang dimainkan.
  • Tata rias.
  • Musik karawitan atau Gamelan dengan laras pelog.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Topeng MalangKota Malang

Click star to rate Topeng Malang

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Its simply awesome!!!! Liburan ini mrpkn slh satu yang terbaik bagi saya, baik sebagai penghobi fotografi maupun sbg naturalis. Dari sisi saya, Belitong menyimpan keindahan lain: formasi batuan yang unik!! Potensi ini dapat dimanfaatkan untuk membuat belitong sebagai tempat wisata minat khusus (geologi, geofisika). Saya yakin belitong memiliki sejarah geologi yang unik yang mampu menarik minat geosains2 muda seperti saya. 1 yang patut jadi perhatian, bnyk batu granit yg sdh dikotori tngn jahil !

    Yudho Wiratomo Indonesia, Jakarta 6 Jul 2012
  • Ini adalah perjalanan kami yang pertama ke Belitung, dengan semua pengaturan yang telah dibuat oleh BelitungIsland.com kami merasa sangat puas dan menjadikan liburan ini tak terlupakan dan sangat berkesan. Kami bisa menikmati semua tempat tanpa harus dipusingkan oleh urusan transportasi dan lain-lain mulai dari tiba di bandara sampai hari terakhir. Dalam perjalanan ke airport di hari terakhir malah dapat bonus untuk mampir ke danau Kaolin utk foto2 yang sebenarnya tidak ada dalam jadwal.

    Markus Sanarko Indonesia, Jakarta 14 Sep 2012
  • Woowww..beautiful...!!! itulah kata pertama yg terucap saat kami memulai trip di Belitung. Dengan ditemani mas Vicky sbg tour guide, kami explore keindahan alam Belitung. Menyusuri pulau2 berpasir putih, snorkling di laut & climbing di batu2 granit raksasa menjadikan liburan ini sangat berkesan. Trm ksh buat p.Kusumah & bu Santi yg sangat welcome menerima kami, diantara kesibukan jelang BBF. Trm ksh buat mas Vicky, keep being our friend. See u in the next trip :)

    DIAN Indonesia, Jakarta 9 May 2013
  • Terima kasih buat belitungisland.com atas wisatanya, sungguh pengalaman yang berkesan, thx you pramesvhari for everything, Tepat dimana usia saya bertambah, saya mendapatkan kado wisata yg begitu indah dengan berwisata ke beitung bersama orang yang dicinta, alam yang indah. Kado terindah :)

    GUN FAISAL Indonesia, Yogyakarta 30 Oct 2011
  • pulaunya begitu indah mempesona, air lautnya yg begitu jernih & pasir pantainya yg sangat halus membuat kami betah disana,rasanya pngen balik lagi ke belitung.

    Feny Indonesia, Jakarta 24 Feb 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers