By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Bantengan

Bantengan

Bantengan memang merupakan kesenian khas Malang yang punya punya riwayat yang panjang yang diyakini ada sejak zaman Kerajaan Singhasari. Meski sudah terbilang lama, namun keseniah ini masih dipertahankan dan masih banyak dimainkan di kampung-kampung di Malang Raya dalam berbagai acara tertentu atau hanya sebagai hiburan.

Keunikan Bantengan

  • Riwayat panjang.
  • Khas malang.
  • Ada unsur mistis.
  • Gerak silat.

Sesuai dengan namanya Bantengan akan menghadirkan atraksi dari hewan banteng yang diperankan dua orang yang menjadi bagain kepala dan ekor banteng. Banteng yang ditampilkan dalam kesenian ini ada sepasang yakni banteng jantan dan betina. Namun dalam kesenian ini tidak hanya atraksi hewan banteng yang bisa kita saksikan, tapi di sini kita juga bisa melihat atrkasi dari binatang lain seperti harimau dan kera. Kera dalam kesenian ini sendiri punya peran sebagai provokator untuk menggoda macan dan banteng. Tak ketinggalan pula pada Bantengan ditampilkan juga gerak tari, seni bela diri (olah kanuragan), musik dan juga pertunjukan magis. Banteng jadi-jadian dalam pertunjukan ini sendiri nantinya akan kesurupan roh yang diyakini sebagai roh leluhur. Tapi dalam perkembangannya, tidak semua pertunjukan bantengan menampilkan nilai mistis, tapi lebih menonjolkan olah gerak dan keindahan.

Dalam riwayatnya, kesenian Bantengan ini pernah berjaya pada sekitar masa perjuangan sampai tahun 1960-an. Ketika itu Bantengan sangat dianggap mewakili dan menjadi lambang rakyat hingga kemudian sangat digemari. Tapi sayangnya setelah tahun 1960-an seiring kondisi politik dan ekonomi yang bergejolak, kesenian ini meredup sebelum akhirnya hidup kembali di zaman reformasi tahun 2000-an sampai sekarang. Bantengan ini pun bisa kita jumpai di berbagai wilayah Kota Malang dalam beberapa acara seperti khitanan dan pernikahan dan juga acara-acara hiburan. Kita juga bisa menjumpai kesenian ini pada upacara-upacara tradisonal di desa serta pada festival kesenianseperti karnaval di Malang Raya. Di Malang Raya sendiri suda ada beberapa kelompok seni Bantengan yang terus melestarikan kesenian yang punya riwayat panjang ini. Kelompok seni Bantengan yang paling terkenal bisa Anda jumpai di Kota Batu.

NEXT PAGE >>

Bromo Tour Package Rp 1,782,000/person @ The Balava Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Malang Heritage termasuk tour sehari penuh, hotel The Balava makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Wendit

DISTANCE7 km VIEW MORE

 

Meski berlokasi yang terbilang lumayan jauh dari Kota Malang atau Kota Batu, tapi wisata ini tidak bisa dianggap remeh. Bahkan karena sudah legendaris, wisata ini jadi destinasi yang selalu melekat di hati masyarakat. Obyek wisata yang berada di Desa Wendit Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa ...

Sengkaling

DISTANCE9 km VIEW MORE

 

Sengkaling adalah sebuah taman rekreasi yang ada di Jl. Raya Sengkaling, Mulyoagung, Dau, Malang, Jawa Timur. Dengan segala wahana dan fasilitasnya yang lengkap, Taman Rekreasi Sengkaling akan bisa menjadi destinasi liburan Anda jadi lebih seru, menyenangkan dan istimewa. ...

Candi Singosari

DISTANCE11 km VIEW MORE

 

Liburan untuk tujuan wisata tentu tak harus melulu ke tempat-tempat yang mainstream seperti pantai, gunung atau pemandian. Namun wisata alternatif seperti ke tempat-tempat bersejarah juga bisa menjadi salah satu tujuan berwisata. Nah di Malang, Anda dapat menjumpai wisata alternatif sejarah yang men ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Bantengan

  • Adat istiadat dan tradisi
  • Menonton pertunjukan
  • Mempelajari sejarah
  • Hunting fotography

Riwayat dan Asal Usul

Seni Bantengan diduga sudah ada sejak jaman kerajaan jaman Kerajaan Singasari. Hal ini dibuktikan dari adanya relief pada Candi Jago di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Pada relief tersebut terlihat adanya pertunjukkan banteng yang melawan macan. Pada relief lainnya kita juga bisa menjumpai gambar tarian dengan topeng berkepala banteng yang dipercaya sebagai awal munculnya kesenian bantengan. Kesenian yang di dalamnya juga djumpai gerakan Pencak Silat ini juga dianggap memiliki keterkaitan dengan asal usul ilmu bela diri asli Indonesia tersebut. Sementara itu untuk riwayatnya di Kota Batu, kesenian ini dimulai sejak pada jaman perjuangan. Ketika itu para pemuda Kota Batu banyak yang mondok di Pesantren. Di pesantren ini mereka selain belajar ilmu agama juga belajar Ilmu Kanuragan Pencak Silat. Setelah kembali ke kampung halaman, para santri ini di Batu mendirikan padepokan Pencak Silat. Nah untuk menarik minat orang belajar silat maka mereka menegembangkan kesenian Bantengan dengan tokoh hewan Banteng yang melawan macan dengan gerakan silat.

  • Capital City
  • Airport
  • Wendit
  • Sengkaling
  • Candi Singosari

Sisi Unik Pertunjukan

Secara keseluruhan sebenarnya pertunjukan ini sangat mempesona. Namun dari keseluruhan pertunjukan Bantengan, atrakasi ketika benteng kerasukan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu. Dalam seni ini memang banyak hal mistis yang bisa kita jumpai seperti pembuatan kepala Bantengan yang dibarengi dengan ritual membakar dupa. Perawatan kepala Banteng ini juga harus diberi sesajen secara rutin dilakukan pada hari Jumat legi. Dalam kesenian ini juga ada pantangan bagi para pemainnya yakni dilarang minum minuman keras dan kacang. Bahkan untuk pemain laki-laki tidak diperbolehkan menaruh rasa suka pada perempuan. Sebelum pertunjukan sendiri dilakukan ritual di sebuah pohon beringin agar roh leluhur tetap melindungi mereka.

Pertunjukan

Pertunjukan Bantengan yang juga disebut gebyak ada minimal dua pemain yang akan menjadi dan mengendalikan banteng dengan menggunakan tali tambang. Ada juga seorang sesepuh yang nantinya akan memanggil roh leluhur untuk datang dan masuk ke dalam Banteng. Selain itu ada juga seorang pamong atau pawang yang akan mengendalikan banteng, macan dan monyet. Dan terakhir ada pemain yang memainkan musik.

Peralatan dan Perlengkapan

Atribut atau properti yang digunakan untuk pertunjukan seni Bantengan ini antara lain kepala dan badan Bantengan, dua Macanan dan satu Monyetan serta instrumen gamelan.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

BantenganMalang Raya

Click star to rate Bantengan

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Program yang kami ikuti di belitongisland sangat okee. Selain jalan2nya tempat makan yg disiapkan pun enaks. Program panatai dan budaya selama 3 hari 2 malam menarik sekali. Mantap dan program yg saya ikuti dengan pemandu erick sunguhnluar biasa. Ini bukan kinjungan pértama ke belitong tapi erickbmembuat kami sadar bhw belitong bukan hanya laskar pelangi. Erick membuat kami lebih mengenal belitong. Erick sangat pintar menjelaskan . Cuma sayangnya tidak ada mike di kendaraan. Shg ketika menjelaskan yg di belakangbtidak dengar. Maklun kami romobongan 9 orang dgn travelo. Kesediaan erick mengirim foto2 candid juga menambah nilai plus buat dia. 100 untuk erick

    Retno Basundari Indonesia, Jakarta 25 Nov 2015
  • Liburan ke Belitung sangat mengesankan. Pulau2 beserta pantai dan pemandangan bawah lautnya yang indah tidak akan pernah kami lupakan. Snorkeling pertama kali buat anak2 adalah pengalaman yang membuat mereka ingin kembali lagi ke Belitung. Kulinernya adalah daya tarik tersendiri yang akan selalu kami ulangi suatu hari nanti. Tour guide yang berpengalaman dan komunikatif menjadikan kunjungan kami begitu lengkap Sampai jumpa pada kunjungan kami berikutnya Belitungisland.com !!

    Ernina Betsy Indonesia, Jakarta 25 Oct 2012
  • Kami sekeluarga mengucapkan terimakasih banyak pada tim belitungisland.com terutama pak Deden tourguide kami yang sangat ramah, helpful dan very polite man. Kami merasa sangat safe dan secure dalam melakukan tour trip kami dari tanggal 4 s.d 7 Juli 2014. Semoga pelayanan belitungisland.com akan selalu semakin baik.

    Dr.Tirto Prakoso Indonesia, Bandung 5 Jul 2014
  • Thank you for very well organised and professionally run tour. Great guide, Mr. Iwan, who insured the agenda fitted our requirement. Very beautiful island. We love it! We will return. Best Regards, Cha Cha & Mark

    Lamsyah Widayani n Mark Menzies Australia 2 Jun 2013
  • Belitung sangat indah dan saya sangat menikmati liburan kali ini. Tapi lain kali mungkin saya lebih cermat lagi memilih bagaimana melewatkan libur dengan paket tour publik.

    Raisa Indonesia, Jakarta 15 Nov 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers