By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

JFC

JFC

Jember kini punya kebanggaan sendiri dari event tahunan yang rutin diadakan di kotanya yaitu Jember Fashion Carnaval (JFC). Event budaya yang digagas oleh Dynand Fariz yang sekaligus pendiri JFC Center (JFCC) ini memang sudah mendunia dan sering menarik wisatawan mancanegara untuk datang melihatnya.

Keunikan JFC

  • Mendunia
  • Karnaval besar
  • Ajang fashion
  • Spot fotografi

Acara atau event JFC ini sudah resmi diselenggarakan sejak tahun 2003. Karnaval dengan menghadirkan ragam busana atau fashion ini digagas oleh Dynand Fariz bersama Rumah Mode Dynand Fariz yang merupakan pendiri JFC Center (JFCC). JFCC sendiri merupakan lembaga tau organisasi nirlaba yang dikelola secara profesional dan diaudit oleh lembaga yang berwenang untuk menaungi kegiatan JFC. Event JFC yang diadakan setiap tahunnya akan mengusung tema yang berbeda-beda. Peserta JFC selalu mencapai lebih dari angka 400 dengan jumlah penonton mencapai ratusan ribu yang memenuhi ruas jalan utama kanan dan kiri di Kota Jember. JFC sendiri punya visi yaitu menjadikan Jember sebagai kota wisata mode pertama di Indonesia bahkan di dunia. Sementara misi JFC yaitu membawa banyak manfaat bagi pengembangan dunia pendidikan kita (SDM), kesenian, budaya dan perkembangan perekonomian.

Sementara itu dalam programnya, JFC mengusung konsep 4 E yakni Education, Entertainment, Exhibition, Economi Benefit. Konsep education (pendidikan) adalah dijalankan dengan metode in house training para peserta tentang pengetahuan merancang busana, fashion run way, fashion dance, rias, presenter hingga make up. Sementara itu konsep entertainment (hiburan) memberikan event ekslusif yang dapat menjadi hiburan bagi seluruh masyarakat. Berikutnya, konsep exhibition (pameran) adalah JFC berperan sebagai pusat belajar dan riset perihal fashion carnival dan bagi para fotografer profesional serta lainnya. Dan konsep economic benefit (pengembangan perekonomian) adalah dijalankan melalui penyelenggaraan peristiwa yang memungkinkan menjadi potensi wisata unggulan dan menggerakkan potensi wisata serta roda ekonomi lainnya.

NEXT PAGE >>

Bromo Tour Package Rp 1,849,000/person @ Swiss Bell Inn Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Bromo Adventure termasuk tour sehari penuh, hotel Swiss Bell Inn makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Tiara Waterboom

DISTANCE5 km VIEW MORE

 

Jika Anda dan keluarga sedang berada di kota Jember dan ingin ke sebuah tempat waterpark yang menyenangkan dan seru, maka Tiara Jember Park bisa jadi rujukannya. Berlokasi di pusat kota menjadikan Tiara Jember Park sebagai destinasi wisata yang menarik. Taman air yang mulai dibuka tanggal 1 Januari ...

Taman Sukorambi

DISTANCE10 km VIEW MORE

 

Bila Anda sudah bosan dengan wisata itu-itu saja, maka saatnya beralih ke Taman Botani Sukorambi Jember. Di wisata edukasi Taman Botani Sukorambi ini kita akan bisa mendapatkan pengalaman wisata yang berbeda yaitu penambahan wawasan dan pengetahuan. Dengan wisata yang berkonsep wawasan ini maka libu ...

Pantai Watu Ulo

DISTANCE42 km VIEW MORE

 

Selain keindahan pantainya, Watu Ulo menyimpan sebuah cerita atau kisah unik tersendiri. Pantai yang berada di Selatan Jember ini memang bukan sekedar pantai biasa terutama jika menilik riwayatnya. Jadi dengan keindahan pantai dan legendanya akan membuat liburan Anda di pantai Watu Ulo semakin spesi ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ JFC

  • Menonton pertunjukan
  • Hunting fotography
  • Pengamatan pemandangan
  • Berpetualang di sekitarnya

Riwayat dan Asal Usul

JFC muncul dari inspirasi arak-arakan karnaval Group Reyog Ponorogo saat HUT RI dan HUT Kota Jember yang selalu ditunggu-tunggu warga Jember di jalanan. Dari sinilah kemudian muncul pemikiran untuk membuat parade fashion yang menarik dan meriah dengan konsep yang sama dengan karnaval Group Reyog Ponorogo tersebut yaitu di jalanan. Maka dari itu kemudian pada tahun 2001, JFC mulai muncul di mana kala itu masih bersamaan dengan karnaval Group Reyog Ponorogo. Namun lambat laun JFC lebih mendominasi Reyog Poorogo. Namun demikian karena JFC muncul dari inspirasi Reyog Ponorogo maka pagelaran budaya reyog seringkali masih berpartisipasi dan mendukung kegiatan JFC setiap tahunnya. Bahkan beberapa kali JFC pernah mengusung tema reyog dimana para pesertanya menggunakan kostum reyog. Perkembangan selanjutnya setelah JFC sudah stabil dan konsisten muncul JFC mini yang pesertanya diikuti oleh para siswa siswi dari pelajar TK, SD dan SMP.

  • Capital City
  • Airport
  • Tiara Waterboom
  • Taman Sukorambi
  • Pantai Watu Ulo

Sisi Unik Pertunjukan

Beberapa hal menarik dari penyelenggaraan JFC adalah :
  • Kostum dibuat peserta setelah sebelumnya dirundingkan dengan Presiden JFC, Dynand Fariz.
  • Kostum peserta dikompetisikan dimana memang ada penilaian oleh juri.
  • Peserta mendapatkan pelatihan dari JFC Center.
  • Selalu dinanti oleh setiap warga dan wisatawan setiap tahunnya.
  • Mendunia.

Pertunjukan

Karnaval JFC dilakukan di jalan utama Kota Jember sepanjang 3,6 kilometer yang ikuti oleh ratusan peserta dan ribuan penonton. Para peserta sendiri terbagi menjadi 10 defile yang masing-masing defile akan mencerminkan tren busana atau fashion pada tahun tersebut. Seperti contohnya defile pertama adalah defile Archipelago yang mengangkat tema busana nasional dari beberapa daerah Indonesia. Berikutnya, defile mengangkat tema fashion yang sedang trend di suatu negara atau bidang lainnya. Semua busana yang ditampilkan akan mendapatkan penilaian dimana ada penghargaan untuk kostum-kostum terbaik. Saat ini JFC telah diselenggarakan dalam 4 hari yang terdiri dari Kids Carnival, Artwear Carnival, Waci, dan Grand Carnival.

Prestasi JFC

JFC yang telah dikenal secara nasonal dan dunia ini telah mencatatkan beberapa prestasi yakni :
  • Penyelenggara Terbaik Event Seni Pertunjukan Indonesia 2014.
  • Cipta Pesona Award dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.
  • Peringkat ketiga dalam ajang Carnaval International de Victoria 2016.
  • Kostum nasional terbaik tema Borobudur dalam ajang Miss Universe 2014.
  • Best National Costume Miss International 2014 di Tokyo, Jepang.
  • Best National Costume Miss Supranational 2014 di Warsawa, Polandia.
  • Best National Costume Miss Supranational 2015 di Warsawa, Polandia.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

JFCJember, Jawa Timur

Click star to rate JFC

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Event corporate dr Bali Holiday yg I ke Belitung, saya agak stress juga krn : 1. Cuaca, 2. Program island treasure hunt nya bisa bjalan mulus/tidak 3. faktor2 pendukung lain mis. hotel, rest., transport, guide dll.) Tp syukur Alhamdulilah : 1. cuaca sangat bsahabat, panas terik - itu yg utama. 2. Island treasure hunt - kurang sukses, ada bbrp games tdk jadi dimainkan karena P.Pasir & Batu Blayar ngilang. 3. meeting di hotel lampu mati2, dinner Hari 1 kurang banyak porsinya. overall weldone

    Lulu Andryani Indonesia, Jakarta 15 Nov 2012
  • Sayang kita ke belitung diwaktu yang salah. Hujan dan tidak bisa island hopping. Jadi bosan keliling pantai2 saja. Usul untuk yang mengadakan tour, kalau bisa setiap tempat yang dituju setidaknya di cek ada fasilitas umum dan air bersih. Selebihnya sih cukup memuaskan. Hotelnya bersih dan pegawainya ramah. Mudah2an fasilitas di obyek wisata bisa lebih di perhatikan (mungkin dari pemerintahnya?) Thank you Jessica

    Jessica Effendi Indonesia, Jakarta 26 Dec 2011
  • Unforgetable moment in belitung...makasiii banyak bwt tim belitung island.com..khususnya buat mas iwan yang udah menemani selama honeymoon kami...makasii bwt segala kesabaran, bantuan dan keramahannya, dan saya juga senang bisa berkenalan dengan seluruh tim Belitung Island yang sangat ramah ...pengen rasanya kembali lagi ke Belitung..:-) Belitung memang tempat yang indah...pokoknya recommeded bgt deh...!!

    Dandy Magriby Indonesia, Jakarta 30 Apr 2012
  • Kami sekeluarga mengucapkan terimakasih banyak pada tim belitungisland.com terutama pak Deden tourguide kami yang sangat ramah, helpful dan very polite man. Kami merasa sangat safe dan secure dalam melakukan tour trip kami dari tanggal 4 s.d 7 Juli 2014. Semoga pelayanan belitungisland.com akan selalu semakin baik.

    Pak Tirto Indonesia, Bandung 5 Jul 2014
  • Ini trip pertama kami ke Belitung. Sangat menyenangkan, pantai yang cantik dan belum pernah kami lihat pemandangan secantik dan seindah ini. Terima Kasih Bang Rizal sebagai guide kami, sukses selalu Tim Belitung Islands ;)

    asteria Indonesia, Jakarta 21 Jan 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers