By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul

Bagi masyarakat Jawa, keberadaan Alun-alun memang bukan tempat biasa saja. Hal ini terbukti dengan adanya konsep tata kota Catur Gatra Tunggal dimana Alun-alun menjadi salah satu kesatuan di dalamnya. Yogyakarta sendiri punya dua alun-alun, yaitu Alun-Alun Utara atau lor yang ada di depan keraton dan juga Alun-Alun Selatan atau kidul yang ada di belakang keraton.

Keunikan Alun-Alun Kidul

  • Berada di belakang keraton Jogja
  • Berkaitan dengan kisah Ratu Kidul
  • Ada mitos unik
  • Banyak kegiatan yang bisa dilakukan

Pada masa dulu, Alun-alun kidul Yogyakarta sering dijadikan tempat untuk latihan ketangkasan oleh para prajurit keraton. Beberapa kegiatan latihan ketangkasan yang digelar di alun-alun kidul ini adalah seperti rampok macan atau lomba adu harimau, manahan atau lomba memanah dengan duduk bersila, setonan atau ketangkasan berkuda dan masangin atau berjalan diantara dua pohon beringin dengan mata tertutup. Setelah berjalan beberapa zaman, alun-alun kidul telah bertransformasi jadi ruang publik yang digemari masyarakat. Keriuhan dan keramaian alun-alun kidul ini makin seru ketika sore tiba. Pada saat sore hari akan banyak anak-anak kecil yang bermain berlarian atau bermain layangan. Tidak hanya anak-anak, beberapa kawula muda dan para orangtua juga terlihat memenuhi alun-alun kidul untuk menikmati sore. Semakin malam suasana di alun-alun kidul semakin ramai karena banyak penjual makanan dan minuman yang meramaikan suasana.

Tidak hanya sebagai tempat bersantai dan seru-seruan, alun-alun kidul juga menyimpan beberapa kisah dan mitos. Kisah atau cerita pertama muncul dari penempatannya yang berada di belakang keraton. Ternyata penempatan alun-alun kidul ini sengaja dilakukan dengan tujuan agar bagian belakang keraton nampak sama dengan bagian depan keraton. Tujuan lain adalah agar keraton tidak membelakangi laut selatan yang diyakini dijaga oleh Ratu Kidul dan dipercaya memiliki hubungan magis dengan Raja Mataram. Kisah kedua dari alun-alun kidul sendiri berwujud mitos yang sering disebut dengan masangin. Mitos masangin adalah mitos melewati pohon ringin (beringin) kembar yang ada di alun-alun kidul dengan mata tertutup. Dalam mitos ini siapapun boleh mencobanya. Caranya Anda harus terlebih dahulu menutup mata dengan kain dan berjalan lurus dengan jarak 20 meter dari depan Sasono Hinggil menuju celah diantara dua pohon beringin. Jika Anda berhasil berjalan lurus melewati celah diantara dua pohon beringin ini maka itu artinya Anda orang yang berhati bersih. Tapi apakah permainan ini mudah dilakukan? ternyata tidak. Banyak orang yang tidak bisa berjalan lurus dan melewati dua pohon beriring tersebut.

NEXT PAGE >>

Jogja Tour Package Rp 2,718,000/person @ The 1O1 Yogyakarta Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Jogja Budaya termasuk tour sehari penuh, hotel The 1O1 Yogyakarta makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Beringhardjo

DISTANCE2 km VIEW MORE

 

Wisata belanja di Yogyakarta tentu bukan hanya Malioboro, tapi ada juga sebuah pasar bernama Beringharjo yang bisa Anda kunjungi untuk berbelanja. Pasar tertua di Yogyakarta dengan segala riwayatnya ini tentu akan menjadi tempat yang menarik untuk Anda berbelanja. Jika tertarik datang saja ke Pasar ...

Malioboro

DISTANCE3 km VIEW MORE

 

Ketika kita berwisata hal yang tidak boleh terlupakan adalah cenderamata atau oleh-oleh. Begitu pula jika kita berlibur ke Yogyakarta, tentu kita juga tidak boleh melupakan cenderamata untuk orang-orang tercinta yang telah menunggu di rumah. Jika kita mencari tempat untuk membeli cenderamata di Yogy ...

Candi Ratu Boko

DISTANCE20 km VIEW MORE

 

Situs Ratu Baka atau Candi Boko (bahasa Jawa: Candhi Ratu Baka) adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, In ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Alun-Alun Kidul

  • Pengamatan pemandangan
  • Bermain di lapangan
  • Menikmati kuliner
  • Minum sambil bersantai

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

    Beberapa hal yang bisa Anda lakukan di Alun-alun kidul ini antara lain :
  • Menikmati pemandangan dan bersantai untuk menghilangkan jenuh dan penat.
  • Berkeliling alun-alun dengan menyewa sepeda tandem.
  • Berolahraga jogging keliling Alun-alun.
  • Berkuliner beberapa jajanan seperti jagung bakar, roti bakar, wedang ronde, wedang bajigur dan lain-lain.
  • Mencoba lakukan permainan masangin yang penuh dengan mitos.
  • Menikmati suasana sore hari dan senja sore.
  • Saat malam tiba, Anda bisa menikmati beberapa hiburan murah seperti odong-odong.
  • Bila Anda datang pada minggu kedua setiap bulan di hari Sabtu, Anda bisa menikmati pagelaran wayang kulit di Sasono Hinggil Dwi Abad.

  • Capital City
  • Airport
  • Beringhardjo
  • Malioboro
  • Candi Ratu Boko

Akses Menuju Lokasi

Menuju ke Aun-alun kidul ini sangatlah mudah, karena letaknya yang berada di pusat Kota Yogyakarta. Dari Malioboro sendiri Anda bisa berjalan kaki dengan waktu sekitar 15 menit. Sementara itu dari Stasiun Tugu Yogyakarta, Alun-alun kidul ini bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 14 menit. Tapi bila Anda berangkat dari Bandara Adi Sutjipto setelah menempuh perjalanan udara dengan pesawat maka Anda harus menempuh waktu sekitar 30 menit ke Alun-alun kidul. Anda juga bisa menggunakan transportasi umum seperti bus kota jalur 5, becak, andong atau ojek untuk mencapai alun-alun ini.

Tarif dan Catatan Khusus

Untuk masuk kawasan Alun-alun kidul ini tidak ada tarif khusus yang perlu Anda bayar. Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jika Anda ingin menyewa beberapa wahana, Anda juga perlu menyiapkan uang. Beberapa wahana di sini antara lain sepeda tandem dua dengan tarif sewa Rp 10.000/4 putaran dan Rp 10.000/3 putaran untuk sepeda tandem tiga. Sementara itu odong-odong dengan warna-warni lampu juga bisa Anda sewa dengan tarif sewa Rp 3.000-Rp 6.000. Untuk melakukan Masangin, Anda bisa menyewa penutup mata dengan tarif Rp 3.000. Uang juga perlu Anda persiapkan jika Anda ingin berkuliner di Alun-alun kidul ini. Sementara itu waktu terbaik untuk ke alun-alun kidul adalah pada sore hari atau malam hari.

Fasilitas di Objek Wisata

Fasilitas di Alun-alun kidul ini terbilang sudah baik. Beberapa fasilitas tersebut antara lain area parkir, warung, toilet, penginapan dan juga beberapa persewaan wahana. Fasilitas ATM dan masjid pun bisa Anda jumpai tidak jauh di sekitaran obyek wisata ini.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Alun-Alun KidulKota Yogyakarta

Click star to rate Alun-Alun Kidul

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Terimakasih BIC & team,,liburan yang luar biasa. Kami merekomendasikan BIC kepada teman" yang ingin menikmati keindahan pulau Belitung untuk mempersiapkan liburan anda,, service yg profesional mulai dari pemesanan sampai kepulangan kami,,dipandu oleh tour guide yg luar biasa terimakasih bang memed terimakasih juga buat foto" yg luar biasa hehehe,,owner yg friendly terimakasih Pak Kusuma,,Terimakasih BIC yg selalu mengupayakan terlebih dahulu mskipun cuaca kurang bersahabat,,hotel yg sangat nyaman makanan yang enak fasilitas yg mantap kami sangat puas oleh pelayanan yg diberikan oleh BelitungIsland.com,, sukses terus untuk BIC Dan KampoengDedaun.com semoga selalu menjadi yang terbaik Dan terus menjaga keindahan Alam Belitung,,, Salam hangat dari kami ADHI Dan NITHA Sampai bertemu lagindi lain kesempatan,,

    Adhi Indonesia, Jakarta 23 Dec 2015
  • Liburan yang sangat menyenangkan. Pantainya sangat indah, makanannya enak sekali, tour guide (mas Erick) yang ramah, baik, dan pinter, dan hotel yang nyaman. Rasanya sangat menyenangkan. Kami sudah share ke teman-teman kami di Pekanbaru untuk memakai Belitungisland.com kalau mereka ke Belitung. Banyak dari mereka sangat tertarik untuk ke Belitung. Lain kali pasti kami akan ke Belitung lagi. Great trip. Thanks to Belitungisland.com, yang membuat tour kami sangat menyenangkan dan lancar.

    Yuli Iswanto Indonesia, Jakarta 19 Jun 2013
  • ini adalah perjalanan saya ke-2 ke belitung, thn lalu dgn tmn2 kantor, kali ini dgn keluarga. belitung untuk saya sangatttt indah, n worthed u dikunjungi berkali2, tidak membosankan, percaya deh :) mempercayakan perjalan pada belitung island sangat recommended, semua pelayanan ok bgt n mereka welcome dgn keinginan n suggestion kita. thx bu santi, pak asep n semua yg di back office. saya pasti akan kembali

    Ibu Vera Indonesia, Jakarta 16 Jun 2012
  • fun and fantastic trip we ever had......... mudah2an Belitung tetap bersih , jauh dari tangan2 jahil dan jauh dari sampah. paling penting... Belitung harus aman, nyaman, bersih, indah...sehingga turis akan makin banyak yg datang. Rgds Arius

    dr Arius Indonesia, Jakarta 17 Mar 2012
  • Tempat yg sangat indah,masih perawan...cocok utk liburan dan melepaskan diri dari kebisingan dan rutinitas jakarta.Ditambah dg pemilihan tour guide yg amat pas,cocok utk usia kami. tks belitungisland.com.tks pak Gito.terus maju.

    nana ernawati dkk Indonesia, Jakarta 20 Jun 2011

Airline Partners

Our Corporate Customers