By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Vredeburg

Vredeburg

Di Kota Yogyakarta kita bisa menjumpai peninggalan Belanda yang masih kokoh berdiri sampai sekarang yaitu benteng Vredeburg. Benteng yang kini menjadi museum tersebut tentu akan bisa membuat liburan Anda lebih berkesan. Benteng yang beralamat di Jl. Jend. A. Yani No. 6 Yogyakarta ini juga strategis karena berada dekat dengan obyek wisata lain seperti Keraton, Taman Sari dan Malioboro.

Keunikan Vredeburg

  • Sarat dengan kisah dan riwayat sejarah
  • Lokasinya dekat dengan keraton Jogja
  • Banyak koleksi sejarah yang bisa dijumpai
  • Punya fasilitas wisata yang baik dan lengkap

Riwayat Benteng Vredeburg memang tidak bisa dipisahkan dari Kasultanan Yogyakarta. Saat itu ketika melihat perkembangan keraton yang dipimpin oleh Sultan Hamengku Buwono I, Belanda pun merasa resah. Tentu saja dengan tujuan ingin menguasai Nusantara, Belanda pun mulai berpolitik dengan Sultan Hamengku Buwono I untuk meredam kekuatan keraton. Dengan dalih untuk mengamankan keraton dan sekitarnya, Belanda minta izin kepada sultan untuk mendirikan benteng di sekitar keraton. Padahal dalam pendirian benteng tersebut ada motif tersembunyi dari pihak Belanda yaitu untuk memudahkan mereka mengontrol perkembangan keraton. Karena pengaruh Belanda yang juga mulai kuat setelah Perjanjian Giyanti membuat sultan mengabulkan permohonan izin Belanda membangun benteng yang kemudian dikenal dengan nama Vredeburg.

Pada tahun 1765, sebuah lahan bujur sangkar milik keraton diizinkan untuk dibangun Belanda untuk tujuan membangun benteng tersebut. Pembangunan benteng pun mulai dilakukan oleh Belanda dibawah pengawasan ahli ilmu bangunan bernama Ir. Frans Haak. Pada awalnya benteng ini bernama Rustenburg yang artinya 'Benteng Peristirahatan'. Namun pada tahun 1867 benteng ini diganti namanya menjadi Vredeburg yang bermakna 'Benteng Perdamaian'. Nama Vredeburg sendiri diambil karena dijadikan simbol hubungan damai antara Belanda dan Kasultanan Yogyakarta yang memang masih berlangsung baik. Setelah Indonesia merdeka benteng yang memiliki luas kurang lebih 2100 meter persegi dijadikan sebagai museum. Beberapa koleksi museum dari Benteng Vredeburg yang bisa dijumpai di sini sendiri antara lain diorama perjuangan bangsa Indonesia melawan Belanda, foto-foto sejarah benteng Vredeburg, benda-benda bersejarah serta beberapa lukisan tentang perjuangan nasional bangsa Indonesia.

NEXT PAGE >>

Jogja Tour Package Rp 2,787,000/person @ Queen of The South Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Jogja Budaya termasuk tour sehari penuh, hotel Queen of The South makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Keraton Yogya

DISTANCE1 km VIEW MORE

 

Jika kita berkunjung ke Yogyakarta dengan tujuan liburan, mungkin kita akan sedikit kebingungan untuk menentukan tempat mana saja yang akan kita kunjungi. Hal ini karena banyak sekali lokasi wisata yang bisa kita tuju. Yogyakarta memang terkenal dengan wisata alam berupa pantai yang memiliki keindah ...

Malioboro

DISTANCE1 km VIEW MORE

 

Ketika kita berwisata hal yang tidak boleh terlupakan adalah cenderamata atau oleh-oleh. Begitu pula jika kita berlibur ke Yogyakarta, tentu kita juga tidak boleh melupakan cenderamata untuk orang-orang tercinta yang telah menunggu di rumah. Jika kita mencari tempat untuk membeli cenderamata di Yogy ...

Alun-Alun Kidul

DISTANCE2 km VIEW MORE

 

Bagi masyarakat Jawa, keberadaan Alun-alun memang bukan tempat biasa saja. Hal ini terbukti dengan adanya konsep tata kota Catur Gatra Tunggal dimana Alun-alun menjadi salah satu kesatuan di dalamnya. Yogyakarta sendiri punya dua alun-alun, yaitu Alun-Alun Utara atau lor yang ada di depan keraton da ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Vredeburg

  • Situs purbakala
  • Mempelajari sejarah
  • Pengamatan pemandangan
  • Hunting fotography

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Beberapa aktivitas dan kegiatan yang bisa dilakukan wisatwan di Benteng Vredeburg yaitu :
  • Berkeliling museum yang memiliki luas kurang lebih 2100 meter persegi.
  • Melihat-lihat panorama benteng dan arsitektur bangunan yang dibangun Belanda ini.
  • Dengan bantuan guide, Anda bisa mendengarkan kisah dan sejarah dari benteng ini.
  • Karena telah menjadi museum, maka Anda bisa melihat-lihat koleksinya seperti diorama, foto-foto, lukisan dan benda-benda masa perjuangan kemerdekaan.
  • Berfoto dibeberapa spot menarik seperti meriam, gerbang museum, menara pantau (bastion)dan lainnya.

  • Capital City
  • Airport
  • Keraton Yogya
  • Malioboro
  • Alun-Alun Kidul

Akses Menuju Lokasi

Museum Benteng Vredeburg ini bisa diakses dengan sangat mudah karena berada di pusat Kota Yogyakarta. Bahkan dari keraton yang merupakan ikon kota Yogyakarta bisa ditempuh dalam waktu 13 menit saja dengan berjalan kaki. Begitu juga dari Malioboro atau Pasar Beringharjo atau Taman Sari yang bisa ditempuh dengan waktu antara 10 hingga 13 menit saja dengan berjalan kaki. Sementara itu dari Bandara Adi Sutjipto, Anda bisa menempuh Benteng Vredeburg ini dengan waktu kurang lebih 30 menit dengan kendaraan pribadi atau umum. Alamat lengkap dari Benteng Vredeburg ini adalah Jl. Jend. A. Yani No. 6 Yogyakarta.

Tarif dan Catatan Khusus

Tarif masuk museum Benteng Vredeburg ini terbilang murah. Sebab dengan hanya tarif Rp 2.000 Anda sudah bisa masuk. Sementara itu untuk anak-anak tarifnya hanya Rp 1.000. Dan untuk wisatawan mancanegara tarifnya adalah Rp 10.000. Perhatikan juga jam buka museum Benteng Vredeburg ini yaitu hari Selasa – Jumat antara jam 08.00 - 16.00 WIB. Sementara itu pada hari Sabtu – Minggu buka dari pukul 08.00 - 17.00 WIB. Dan pada hari Senin dan hari libur nasional museum tidak buka atau tutup.

Fasilitas di Objek Wisata

Fasilitas di musuem Benteng Vredeburg ini terbilang sudah baik dan lengkap. Beberapa fasilitas tersebut antara lain :
  • Area parkir
  • Ruang Koleksi
  • Ruang Pertunjukan
  • Musholla
  • Perpustakaan
  • Hotspot gratis
  • Toilet
  • Ruang Seminar, Diskusi, Pelatihan dan Pertemuan
  • Audio Visual & Ruang Belajar Kelompok
  • Ruang Tamu
  • Pemandu

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

VredeburgKota Yogyakarta

Click star to rate Vredeburg

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Liburan yang sangat berkesan!! Pasir putih yang masih bersih, laut yang bening & makanan yg OK! Sayang sdh mulai ada tangan2 jahil yang mencoret-coret batu2an dan pengunjung yang membuang sampah sembarangan. semoga kita semua bisa tetap menjaga keindahan dan kebersihan anugerah Tuhan yang indah ini. Jika ada waktu lagi, ingin kembali berlibur di Belitung. Belitungisland.COM sangat profesional. Pak Deden,guide kami, sangat baik, ramah dan sabar. Terima kasih banyak!!

    pak Mul Indonesia, Jakarta 29 Jun 2011
  • p.belitung bagus sekali.. alhamdulilah Tuhan sudah memberikan pulau yang sangat indah tersebut di Indonesia.. terimakasih untuk mas vicky yang sudah mengantar kami keliling pulau.. terimakasih untuk travel belitungisland.com sudah memberikan layanan yang baik, sehingga kami bisa berlibur dengan menyenangkan.. moga2 kami bisa kembali berlibur disana..

    julianti hd Indonesia, Jakarta 17 May 2012
  • Menakjubkan, pantai dan pulau peredam stress, ditambah lagi kemudahan2 yang kami dapat dari pengaturan tur. Tidak ada tandingannya kalo lihat pantai lain, sekalipun yang di luar negri. Liburan saya jadi sulit untuk dilupakan. Terimakasih Kang Asep yang sabar dan cekatan memenuhi kebutuhan kami,sabar pada Brian yang banyak keinginannya.

    tetty Indonesia, Jakarta 6 Jul 2011
  • tour guide yang ramah dan sangat helpfull sekali... :) terimakasih buat mas deden yang sudah menolong saya sewaktu terkena bulu babi... Thanks a lot... ^_^

    Yogi Dwi Astuti N. Indonesia, Jakarta 3 Nov 2011

Airline Partners

Our Corporate Customers