By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Bagi Anda pecinta sejarah, tentu tak akan lupa dengan kisah atau riwayat Bukit Menoreh yang puncaknya bernama Suroloyo. Bukit Menoreh yang berada diantara batas Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Magelang ini memang menyimpan banyak hal menarik untuk ditelusuri. Maka dari itu Anda yang sedang berlibur di Jogja maka destinasi Puncak Suroloyo ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Keunikan Puncak Suroloyo

  • Sarat dengan kisah dan riwayat sejarah
  • Banyak panorama indah yang bisa dijumpai
  • Udaranya sejuk dan segar
  • Spot fotografi yang menarik dan keren

Bukit Menoreh yang puncaknya bernama Suroloyo ini berada dalam jalur Pegunungan Menoreh dan menyimpan banyak kisah dan mitos serta potensi wisata. Dalam salah satu kisahnya, Bukit Menoreh ini dikenal sebagai tempat atau basis pertahanan Pangeran Diponegoro dan pengikutnya saat berperang melawan kolonial Belanda. Kisah lainnya menyatakan bahwa Bukit Menoreh di puncak Suroloyo ini merupakan tempat pertapaan Raden Mas Rangsang yang kemudian menjadi raja dan bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo. Kisah berikutnya adalah berupa mitos bahwa perbukitan menoreh ini merupakan perwujudan Gunadarma yang merupakan arsitek Candi Borobudur yang sedang beristirahat atau tidur. Dari cerita inilah kemudian ada yang menyatakan bahwa Bukit Menoreh sebagai Bukit Tertidur.

Kawasan Bukit Menoreh yang berada diketinggian kurang lebih 1.019 mdpl ini merupakan tempat ekosistem bagi kehidupan makhluk hidup. Daerah Bukit Menoreh yang terindikasi merupakan kawasan karst juga merupakan daerah penyangga cagar budaya termasuk Candi Borobudur yang dilindungi oleh UNESCO. Di tertinggi yaitu Puncak Suroloyo Anda bisa menikmati beberapa panorama yang sangat menarik. Panorama indah dari Puncak Suroloyo itu antara lain Candi Borobudur, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Pantai Glagah. Dari uncak Suroloyo ini Anda juga bisa menyaksikan panorama sunrise dan sunset yang eksotis. Untuk menikmati pemandangan dari Puncak Suroloyo ini telah disediakan tiga buah gardu pandang atau pendopo (pertapaan) yanga bernama Suroloyo, Sariloyo dan Kaendran.

NEXT PAGE >>

Jogja Tour Package Rp 2,860,000/person @ Grand Zuri Yogyakarta Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Jogja Budaya termasuk tour sehari penuh, hotel Grand Zuri Yogyakarta makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Borobudur

DISTANCE11 km VIEW MORE

 

Candi Borobudur adalah Candi atau kuil Buddha terbesar di dunia yang penah ada. Dengan segala kemegahannya, siapapun yang datang berkunjung ke sini akan langsung dibuat terpesona. Candi yang diprediksi berusia lebih dari 12 abad ini tentu akan menjadi salah satu destinasi wisata yang tepat dan menar ...

Citra Elo

DISTANCE16 km VIEW MORE

 

Wisata rafting atau arung jeram sekarang ini memang telah menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat untuk mengisi waktu liburan. Nah bila Anda adalah salah satu penggemar kegiatan outdoor dan olahraga air yang menantang adrenalin ini maka Anda bisa menikmatinya di Citra Elo yang berada di Jl. Ra ...

Kalibiru

DISTANCE38 km VIEW MORE

 

Saatnya Anda menjelajah Kota Yogyakarta. Ada banyak sekali destinasi di kota bersejarah ini. Mulai dari wisata budaya, religi hingga wisata alam semuanya bisa ditemukan di Yogyakarta. Untuk melepaskan stres dan menikmati indahnya alam, Anda bisa mencoba datang ke Wisata Alam Kalibiru di Kulonprogo i ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Puncak Suroloyo

  • Menikmati ketinggian
  • Menikmati keindahan alam
  • Berpetualang sambil berjalan
  • Hunting fotography

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Di Bukit Menoreh atau Puncak Suroloyo ini Anda bisa melakukan beberapa aktivitas seperti :
  • Trekking menuju puncak dengan melewati 286 anak tangga dengan tingkat kemiringan yang terbilang cukup terjal.
  • Di gardu pandang pertama dan paling bawah yang bernama pertapaan Suroloyo, Anda bisa melihat Candi Borobudur, Gunung Merapi dan Kota Magelang dari kejauhan.
  • Di gardu pandang kedua yakni Pendopo atau Pertapaan Sariloyo Anda dapat melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sindoro.
  • Sementara itu di gardu pandang atau pendopo ketiga yang lokasinya ada di paling atas dengan nama Pertapaan Kaendran Anda bisa melihat Pantai Glagah dan juga Gunung Merbabu.
  • Menikmati sunset pada sore hari dan sunrise pada pagi hari.
  • Berfoto-foto dengan beberapa latar belakang pemandangan yang ada tadi untuk kenang-kenangan.
  • Menikmati Kopi Suroloyo yang ada di sekitar obyek wisata.
  • Jika Anda datang pada tanggal 1 Sura ( 1 Muharram ) maka Anda bisa menyaksikan upacara “jamasan”.

  • Capital City
  • Airport
  • Borobudur
  • Citra Elo
  • Kalibiru

Akses Menuju Lokasi

Puncak Suroloyo sebagai puncak dari Bukit Menoreh ini tepatnya berada di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke sana Anda bisa menempuh rute Yogyakarta – Jalan Godean – Kenteng – Nanggulan – Kalibawang – Suroloyo. Sesampainya di area parkir Anda harus bersiap trekking menuju puncak dengan melalui 286 anak tangga. Waktu tempuh ke Puncak Suroloyo ini dari Kota Yogyakarta adalah 1 jam 20 menit. Sementara itu bila Anda berangkat dari Bandara Adi Sutjipto setelah naik pesawat maka waktu tempuh ke Puncak Suroloyo ini adalah sekitar 1,5 jam.

Tarif dan Catatan Khusus

Tarif masuk ke Puncak Suroloyo, Bukit Menoreh ini sangat murah yakni Rp.2.000/orang. Untuk Anda yang naik ojek dari pertigaan Bendo ke puncak Soroloyo pulang pergi, maka Anda harus menyediakan budget yaitu Rp. 50.000. Sementara itu waktu terbaik untuk ke Puncak Suroloyo ini adalah pada pagi hari dari saat matahari terbit hingga pukul 10.00 WIB. Hal ini karena pada waktu itu pemandangan dari Puncak Suroloyoakan bisa terlihat dengan jelas.

Fasilitas di Objek Wisata

Fasilitas di Puncak Suroloyo ini memang terbilang masih kurang. Di sini kita hanya akan mendapati fasilitas berupa area parkir, gazebo atau gardu pandang dan juga beberapa warung makan dan minum.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Puncak SuroloyoKulon Progo

Click star to rate Puncak Suroloyo

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Its simply awesome!!!! Liburan ini mrpkn slh satu yang terbaik bagi saya, baik sebagai penghobi fotografi maupun sbg naturalis. Dari sisi saya, Belitong menyimpan keindahan lain: formasi batuan yang unik!! Potensi ini dapat dimanfaatkan untuk membuat belitong sebagai tempat wisata minat khusus (geologi, geofisika). Saya yakin belitong memiliki sejarah geologi yang unik yang mampu menarik minat geosains2 muda seperti saya. 1 yang patut jadi perhatian, bnyk batu granit yg sdh dikotori tngn jahil !

    Yudho Wiratomo Indonesia, Jakarta 6 Jul 2012
  • Liburan di Belitung kemarin seru banget. Kita bisa menikmati setiap spot yang keren-keren sampai puas plus makanannya enak. Setiap spot punya keindahan sendiri-sendiri. PaK Gito sebagai tour guide paling ngerti jadi disetiap spot gak pernah diburu-buru. Jadi bisa snorkling dan berenang samapai puas. Karena disetiap moment kita nikmatin banget jadi kangen lagi pengen balik ke Belitung. Thanks ya belitungisland.com dan Pak Gito yang Kece Salam -Feli, Nissa, Ben dan Rae-

    Felisitas Y. Ndiki Indonesia, Jakarta 22 Nov 2013
  • PUASSS bingiiiiitt...ya satu kata yang itu sudah sangat mewakili! Rasanya 3 hari 2 malam itu kurang lama..hehehe... alhamdulillah makanan enak tour guidenya juga asikk dan informatif...pokoknya sangat berkesan! banyak loh teman2 kita yang menanyakan, langsung pingin ke tanjung pandan juga dan tentunya langsung rekomendasiin belitung island... semoga belitung island makin banyak costumernya, amin! *Terimakasih*

    Fathin Indonesia, Jakarta 4 Apr 2014
  • Beautiful experience!! we love it a lot, great view, the beach is great and we had a great time ^_^ We will definitely come back to Belitung, and this time we will bring more people with us. Also, thx a lot to Pak Donni, such a nice and helpful guy. Success for belitung!!

    Adam Marra New Zealand 5 Nov 2010
  • Pesona sunset di pantai Berahu benar-benar menghipnotis saya untuk mengabadikannya dengan segala keterbatasan peralatan dan kemampuan saya. Sungguh suatu sajian alam yang tidak terlupakan. Saya akan segera kembali kesana :D

    Reza Nurfikri Fauzi Indonesia, Jakarta 13 May 2010

Airline Partners

Our Corporate Customers