By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Candi Ijo

Candi Ijo

Di Jogja kita memang akan mendapati banyak wisata candi yang punya masing-masing keistimewaan sendiri. Termasuk salah satunya Candi Ijo yang berada di sebelah timur kota Yogyakarta. Di Candi Jago yang merupakan candi tertinggi di Jogja ini Anda tidak hanya bisa menyaksikan arsitektur candi, tapi di sini Anda juga bisa menikmati panorama alam yang indah.

Keunikan Candi Ijo

  • Berada di tempat tertinggi di Jogja
  • Punya kisah misteri dan mistis
  • Banyak panorama indah yang bisa dijumpai
  • Sarat kisah dan riwayat sejarah dan kepurbakalaan

Dinamakan Candi Ijo karena candi ini berada di sebuah bukit bernama Bukit atau Gumuk Ijo. Candi yang bercorak Hindu ini diperkirakan sudah ada sejak masa kerajaan Medang Kamulan yaitu sekitar abad ke-9 hingga abad ke-11 Masehi. Bangunan Candi Ijo ini berteras-teras dengan 11 undakan dan juga terdiri dari 17 struktur bangunan. Teras-teras ini sendiri punya arti dimana semakin tinggi teras maka semakin sakral. Pada teras paling atas atau teras ke-11 kita akan menjumpai satu candi utama dan tiga candi pewara. Sementara itu pada teras paling bawah atau teras pertama merupakan halaman menuju pintu masuk. Sedangkan pada teras ke-9, Anda bisa menjumpai adanya prasasti batu yang mengandung mantra-mantra yang diyakini sebagai sebuah kutukan. Di area kompleks Candi Ijo ini Anda juga bisa menjumpai lokasi penambangan Batu Gamping yang tidak biasanya. Tidak biasa di sini maksudnya area penambangan tersebut seringkali oleh wisatawan dijadikan spot fotografi yang menarik. Bahkan karena menarinya lokasi ini, ada yang menyebut kawasan penambangan ini sebagai White Canyon.

Karena berada di ketinggian 410 mdpl, maka Candi ini tercatat sebagai candi yang paling tinggi di kawasan Yogyakarta. Karena lokasinya di daerah tinggi, maka pengunjung yang datang ke sini tidak hanya bisa mendapati bangunan candi yang eksotik, tapi di sini Anda juga bisa menyaksikan beberapa panorama alam yang elok. Beberapa pesona alam yang bisa kita saksikan di Candi Ijo ini adalah hamparan sawah, hijaunya perbukitan serta cantinya senja di sore hari. Panorama lain yang menarik di sini adalah hilir mudik pesawat take off dan landing di Bandara Adi Sutjipto. Wilayah Candi Ijo memang sangat dekat dengan Bandara Adi Sutjipto, bahkan karena begitu dekatnya, perluasan bandara ke arah Timur tidak bisa dilakukan karena langsung berhadapan dengan situs purbakala yang dilindungi ini.

NEXT PAGE >>

Jogja Tour Package Rp 2,112,000/person @ The Groove Express Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Jogja Sejarah termasuk tour sehari penuh, hotel The Groove Express makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Candi Ratu Boko

DISTANCE4 km VIEW MORE

 

Situs Ratu Baka atau Candi Boko (bahasa Jawa: Candhi Ratu Baka) adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, In ...

Candi Prambanan

DISTANCE9 km VIEW MORE

 

Prambanan merupakan nama candi yang berlokasi di antara Kabupaten Sleman, DIY dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi yang juga disebut sebagai Candi Roro Jonggrang ini tercatat sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia. Dengan status yang disandangnya tersebut, tentu candi Prambanan akan menjadi ...

Bukit Bintang

DISTANCE13 km VIEW MORE

 

Menikmati panorama dari ketinggian memang selalu menjadi hal yang digemari banyak wisatawan sekarang ini. Nah bila anda sedang berada di Yogyakarta, destinasi wisata ketinggian bisa anda nikmati di Bukit Bintang yang berada di kawasan Patuk atau di perbatasan Bantul dan Gunungkidul. Di sini liburan ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Candi Ijo

  • Situs purbakala
  • Pengamatan pemandangan
  • Berpetualang sambil berjalan
  • Hunting fotography

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Beberapa aktivitas dan kegiatan yang wisatawan bisa lakukan di Candi Ijo ini antara lain :
  • Trekking menuju teras tertinggi yaitu teras ke -11.
  • Melihat arsitektur bangunan Candi Ijo yang eksotik.
  • Menjumpai arca unik dan sarat makna yang menggambarkan sosok laki-laki dan perempuan melayang ke sisi tertentu.
  • Melihat misteri prasasti yang memuat mantra kutukan-kutukan yang ada di teras ke-9.
  • Dengan bantuan guide (pemandu wisata), Anda bisa mendapatkan cerita sejarah dari riwayat Candi Ijo ini.
  • Dari ketinggian 410 mdpl, Anda bisa menyaksikan panorama alam dan juga pesawat yang lalu lalang dari dan ke Bandara Adi Sutjipto.
  • Pada sore hari Anda bisa menikmati panorama senja yang indah.

  • Capital City
  • Airport
  • Candi Ratu Boko
  • Candi Prambanan
  • Bukit Bintang

Akses Menuju Lokasi

Candi Ijo berlokasi tepatnya di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini bisa ditempuh dengan mudah dari Yogyakarta atau Bandara Adi Sutjipto. Dari pusat Kota Yogyakarta sendiri candi ini bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam. Sementara itu dari Bandara Adi Sutjipto, Candi ini bahkan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 25 menit saja. Sedangkan untuk rute perjalanan dari Jogja, Anda bisa melalui jalan Raya Solo – jalan Opak Raya – Jalan Candi Ijo – Candi Ijo. Tapi bila Anda datang dari arah Solo maka rutenya adalah jalan raya Solo – Jalan raya Piyungan – Candi Ijo.

Tarif dan Catatan Khusus

Tarif masuk ke Candi Ijo ini terbilang terjangkau yakni Rp 5.000/orang. Sementara untuk tarif parkir yaitu Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Perhatikan jam buka Candi Ijo yaitu setiap hari dari hari Senin s/d Minggu dari jam 07.00-18.00 WIB. Sementara itu waktu terbaik menuju ke Candi Ijo adalah sore hari. Karena pada sore hari Anda juga bisa mendapati panorama sunset yang indah. Berhati-hatilah dalam perjalanan ke candi ini karena jalanannya yang cukup curam.

Fasilitas di Objek Wisata

Untuk fasilitas yang bisa dijumpai di Candi Ijo adalah area parkir, musholla, kamar mandi, toilet dan juga beberapa warung jajanan dan minuman yang dibuka oleh warga. Untuk penginapan Anda bisa memperolehnya di sekitar Candi Prambanan.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Candi IjoSleman

Click star to rate Candi Ijo

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Terimakasih BelitungIsland.Com uda menemani kami selama dibelitung khususnya bang hendro yg ngrangrep sebagai tour guide yang selalu sabar n setia nemenin qt, dan bantu qt banyak banged. Belitung Nagih banged dech!!!! ga cma keindahannya yang buat kita ampe kehabisan gaya gara2 pengen mengabadikannya, tapi juga makanannya yg enak bangedddddd!!!!! jempol 7 pinjem tetangga dech, bener2 dech, gara2 bang hendro qt dapet double liburan bisa plus kuliner,.... Mantapppp!!!!!!!!!!!!!

    Theresia Niken Indonesia, Semarang 3 May 2013
  • Paket liburan yang sangat menyenangkan, berkesan dan merindukan. Pulau2 dan terumbu karangnya sangat indah... snorkling, fishing dan sun bathing sangat mengasyikkan... jalan di belitung bagus2... Cerpen2 di museum Hirata sangat menghanyutkan, demikian juga foto2 sejarah di rumah adat... makanan dan bumbu2nya cocok di lidah... ada bonus ketemu Pak Basuri, Bupati Beltim... Two thumbs up!!!

    Fifi Rizal Indonesia, Pakan Baru 1 Jun 2013
  • Keduakalinya mengunjungi Belitung, tetap mengesankan. Lebih lagi pelayanan Hendro, Viky, Gebri, Gito dan Rizal yang luar biasa. Team BIC makin mantap dan hebat. Terus tersenyum dalam segala situasi. Salut untuk Pak Kusumah dan bu Santi. Kami pasti kembali...

    SR Kristiawan Indonesia, Jakarta 10 May 2012
  • Ini trip pertama kami ke Belitung. Sangat menyenangkan, pantai yang cantik dan belum pernah kami lihat pemandangan secantik dan seindah ini. Terima Kasih Bang Rizal sebagai guide kami, sukses selalu Tim Belitung Islands ;)

    asteria Indonesia, Jakarta 21 Jan 2012
  • Terimakasih Belitung Island.. sangat sangat recommended.. Guide nya juga sangat bersahabat..terima kasih P. Iwan sudah menemani selama 4 hari disana.. Sukses terus Belitung Island..

    oki agung setiyanto Indonesia, Jakarta 20 Mar 2014

Airline Partners

Our Corporate Customers