By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Monjali

Monjali

Untuk mengenang perlawanan pasukan Indonesia terhadap Belanda di Yogyakarta selama 6 jam dalam Serangan Umum 1 Maret maka dibangunlah Monumen Jogja Kembali (Monjali). Nah dengan berlibur ke sini Anda akan mendapatkan banyak hal bersejarah mengenai kisah pertempuran yang menjadi tonggak eksistensi Republik Indonesia di zaman kemerdekaan.

Keunikan Monjali

  • Bentuk perlawanan pasukan Indonesia pada Belanda di Kota Yogyakarta.
  • Menjadi tanda atau tonggak eksistensi keberadaan Republik Indonesia.
  • Banyak koleksi yang dihadirkan dengan beragam kisah sejarah.
  • Bangunan unik mirip gunung yang punya makna dan nilai.

Serangan mendadak yang dilakukan pasukan Indonesia yang dipimpin Letkol Suharto atas usulan Sri Sultan Hamengku Buwono IX memang sangat mengagetkan Belanda saat itu. Hal ini dikarenakan presiden dan wakil presiden Indonesia yakni Soekarno dan Bung Hatta waktu itu telah ditangkap dan diasingkan Belanda ke Sumatera. Dengan demikian ketika itu Belanda menyangka bahwa Republik Indonesia sudah berakhir atau tamat. Namun dengan adanya Serangan Umum 1 Maret 1949 ini membuat anggapan Belanda bahwa RI tadi langsung terbantahkan. Dalam serangan ini pasukan TNI saat itu berhasil memukul mundur pasukan Belanda dan berhasil menduduki Kota Yogyakarta selama 6 jam. Serangan umum 1 Maret ini menandakan bahwa Republik Indonesia masih eksis.

Tentu keberhasilan menduduki Kota Yogyakarta ini sangat penting artinya bagi Indonesia. Sebab setelah peristiwa tersebut dunia jadi terbuka matanya dan memaksa Belanda untuk memulangkan Soekarno dan Hatta serta berunding dalam perjanjian Roem-Royen dan KMB. Karena pentingnya Serangan Umum 1 Maret ini maka pada tanggal 29 Juni 1985 pemerintah Indonesia membangun monumen untuk mengenang peristiwa bersejarah ini. Munumen yang kemudian diberi nama Monumen Yogya Kembali (Monjali) ini selesai dibangun pada 6 Juli 1989. Setelah itu Monjali diresmikan pembukaannya oleh Presiden Suharto dengan mendandatangani prasasti. Bentuk monumen ini sengaja dibuat seperti gunung sebagai simbol kesuburan dan bermakna pelestarian budaya nenek moyang pra sejarah.

NEXT PAGE >>

Jogja Tour Package Rp 3,212,000/person @ Sheraton Musika Yogyakarta Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Jogja Budaya termasuk tour sehari penuh, hotel Sheraton Musika Yogyakarta makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Malioboro

DISTANCE7 km VIEW MORE

 

Ketika kita berwisata hal yang tidak boleh terlupakan adalah cenderamata atau oleh-oleh. Begitu pula jika kita berlibur ke Yogyakarta, tentu kita juga tidak boleh melupakan cenderamata untuk orang-orang tercinta yang telah menunggu di rumah. Jika kita mencari tempat untuk membeli cenderamata di Yogy ...

Vredeburg

DISTANCE8 km VIEW MORE

 

Di Kota Yogyakarta kita bisa menjumpai peninggalan Belanda yang masih kokoh berdiri sampai sekarang yaitu benteng Vredeburg. Benteng yang kini menjadi museum tersebut tentu akan bisa membuat liburan Anda lebih berkesan. Benteng yang beralamat di Jl. Jend. A. Yani No. 6 Yogyakarta ini juga strategis ...

Jogja Bay

DISTANCE10 km VIEW MORE

 

Bernama lengkap Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark, destinasi ini merrupakan wisata taman air (waterpark) terbesar di Indonesia, bahkan ada yang mengklaim terbesar se-Asia Tenggara. Dengan status yang disandang Jogja Bay tersebut tentu akan menjadi hal yang istimewa dan menyenangkan bila Anda mau ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Monjali

  • Mempelajari sejarah
  • Berpetualang sambil berjalan
  • Pengamatan pemandangan
  • Hunting fotography

Beberapa aktivitas dan kegiatan yang bisa kita lakukan di Monumen Jogja Kembai ini antara lain :

  • Melihat replika Pesawat Cureng dan replika Pesawat Guntai di dekat pintu masuk Barat dan Timur.
  • Melihat dua senjata mesin beroda lengkap di podium Timur dan Barat.
  • Melihat daftar 420 nama pejuang yang gugur di Jogja dari 19 Desember 1948 sampai 29 Juni 1949.
  • Melihat karya puisi Chairil Anwar dengan judul Karawang Bekasi-nya yang diperuntukkan untuk pahlawan yang belum diketahui namanya sampai sekarang.
  • Melihat 1.000 koleksi tentang peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949, pemindahan ibukota RI ke Jogja dan perjuangan sebelum kemerdekaan.
  • Dengan didampingi pemandu atau guide Anda bisa mendapatkan kisah dan cerita sejarah seputar Monjali dengan lebih detail.
  • Berkeliling menelusuri area Monjali yang luasnya mencapai 5,6 hektar.
  • Berfoto-foto dengan background Monjali atau beberapa peninggalan yang ada untuk kenang-kenangan.

  • Capital City
  • Airport
  • Malioboro
  • Vredeburg
  • Jogja Bay

Akses Menuju Lokasi

Monumen Jogja Kembali yang berlokasi di Dusun Jongkang, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kapubaten Sleman ini bisa ditempuh dari Kota Yogyakarta dengan waktu sekitar 20 menit. Sementara itu dari Bandara Adi Sutjipto bandara ini bisa ditempuh daalam waktu kurang lebih 25 menit. Akses jalan menuju Monjali ini sudah sangat baik, karena berjarak tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jogja. Bahkan Anda bisa naik kendaraan umum bus transjogja jalur 2A dan 2B, taxi dan ojek. Sedangkan dari Terminal Jombor, Anda bahkan bisa naik becak atau berjalan kaki menuju Monjali.

Tarif dan Catatan Khusus

Tarif masuk ke Monumen Jogja Kembali ini adalah Rp 10.000/orang. Untuk Anda yang datang secara beramai-ramai lebih dari 30 orang maka Anda bisa mendapatkan tarif rombongan dengan potongan 10%, sedangkan untuk rombongan anak-anak TK potongon tarifnya lebih besar yakni 50%. Untuk Anda yang ingin mencoba wahana permainan di Monjali ini maka Anda harus membayar tarif sebesar Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Sementara itu jam buka Monjali yaitu Hari Selasa sampai Minggu dari jam 08.00 – 16.30 WIB. Hari Senin libur, namun bila libur sekolah Monjali hari Senin tetap buka.

Fasilitas di Objek Wisata

Mengenai fasilitas yang ada di Monumen Jogja Kembali ini tak perlu diragukan. Sebab di sini tersedia fasilitas yang baik dan lengkap seperti tempat parkir luas, musholla, rumah makan, toilet, taman bermain, wahana bermain dan juga taman lampion yang buka dari jam 17.00 WIB sampai jam 22.00 WIB.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

MonjaliSleman

Click star to rate Monjali

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Thanks to www.belitungisland.com for our private trip in Belitung. SUPERB SERVICE!. Food (Lunch and Dinner) is very delicious, we love it. Tour Guide (Mas Panca) delivered the best service to us, take us around Belitung and take care us like his new family. We are so happy to see beautiful beach, swimming into blue sea, kayak-ing, and drinking coconut after swimming, what a vacation! SUPERB VACATION and Unforgettable! Come and Visit Belitung people!!! SUPERB BEACH like their motto!

    rama kristian Indonesia, Jakarta 29 Oct 2010
  • Belitung emang top bangetz... Keindahannya tidak kalah dengan tempat lain. terima kasih kepada belitungisland.com yang sudah menyediakan program tour yang bagus ini, terima kasih buat mbak santy, bang erick yang sudah mau mengguide kami dan jadi fotographer dadakan :), thanks untuk tempat2nya yang bagus-bagus, kolam bidadari, padang rumput yang ternyata nggak bikin gatal yach bang :). pokoknya kami puas jalan-jalan ke belitung.

    Maya dkk Indonesia, Jakarta 8 Jul 2011
  • hai semua... Pada pertengahan maret lalu saya berkesempatan berkunjung ke Belitung dgn di dampingi mas2 dari BelitungIsland.com. Terusterang saya sangat puas dan senang dgn pelayanan dan service yg diberikan. Soalnya mas2nya profesional, care, dan baek2 (hehehe). BelitungIsland.com dgn mottonya

    Wiwit PY Indonesia, Jakarta 15 Jan 2010
  • Two Thumbs Up!! Belitung keren banget, dan syukur banget pas selama disana ga hujan. Fasilitasnya oke, makanannya mantap, pokoknya puas dan ga nyesel deehh, apalagi kenal dengan teman-teman baru :) Dan sekarang tinggal sisa gosongnya aja nih, hahaha...

    Lucia Kristie Hapsari Indonesia, Jakarta 9 Mar 2012
  • Kami menikmati liburan kami selama 3 malam di belitung, tour guide kami sgt menolong selama disana.. termasuk menjadi fotografer kami utk mengabadikan momen-momen dan pemandangan yg indah di belitung, thumbs up👍👍

    Narwati Kepartono Indonesia, Jakarta 26 Dec 2015

Airline Partners

Our Corporate Customers