By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Candi Sewu

Candi Sewu

Berada dalam kompleks Candi Prambanan, Anda juga bisa menikmati situs purbakala yang merupakan Candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur. Candi yang dikenal dengan nama Candi Sewu ini tentu akan sangat menarik untuk juga ditelusuri. Jadi jika sedang ke Prambanan sempatkan juga ke Candi Sewu.

Keunikan Candi Sewu

  • Merupakan candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur.
  • Sarat kisah sejarah dari Kerajaan Mataram Kuno.
  • Ada mitos legenda dari Loro Jonggrang.
  • Dekat dengan candi Prambanan yang bercorah Hindu dan menjadi simbol keharmonisan.

Dari Candi Prambanan ini, candi Sewu hanya berjarak 800 meter saja ke arah Utara. Bahkan karena begitu dekatnya jarak Candi Sewu dengan Candi Prambanan ini maka kedua candi ini dikatakan berada dalam satu komplek. Tapi menariknya meski berada dalam satu komplek namun kedua candi ini memiliki perbedaan dari jenis religinya. Seperti kita tahu bahwa Candi Prambanan merupakan candi Hindu, tapi Candi Sewu ini tergolong candi Buddha. Candi Sewu atau Prasada Vajrasana Manjusrigrha ini memang banyak diyakini oleh para sejarawan sebagai candi yang dulunya menjadi pusat kegiatan keagamaan Buddha. Hal ini dibuktikan dari adanya Prasasti Manjusrigrha di salah satu candi perwara. Nama Manjusrigrha bermakna Rumah Manjusri dimana Manjusri merupakan salah satu Boddhisatwa dalam ajaran Buddha. Candi Sewu makin kuat statusnya sebagai candi Buddha dengan ditemukannya nama Manjusri dalam Prasasti Kelurak yang ditemukan di dekat Candi Lumbung dalam satu kompleks Candi Sewu.

Candi Sewu sendiri mulai dibangun pada abad ke-8 oleh Rakai Panangkaran yang kemudian dilanjutkan oleh Rakai Pikatan yang keduanya merupakan raja kerajaan Mataram Kuno saat itu. Menariknya lagi Rakai Panangkaran dan Rakai Pikatan adalah raja dari wsangsa Sanjaya yang beragama Hindu. Saat itu di Kerjaan Mataram Kuno memang ada dua wangsa yang berkuasa yaitu wangsa Sanjaya yang beragama Hindu dan wangsa Sailendra yang beragama Buddha Mahayana. Namun karena kuatnya pengaruh wangsa Sailendra, terlebih saat Rakai Pikatan menikah dengan Pramodhawardhani dari dinasti Sailendra maka hal ini berpengaruh pada pembangunan candi Sewu yang bercorak Buddha. Adanya dua agama dalam kerajaan dan candi yang saling berdekatan ini pun dianggap mewakili keadaan harmonis diantara keduanya. Nama candi Sewu sendiri berasal dari kata bahasa Jawa yaitu sewu yang artinya seribu. Hampir sama dengan kisah Candi Prambanan yang mengambil kisah legenda Loro Jonggrang, Cadi Sewu toh ternyata hanya berjumlah 249 candi.

NEXT PAGE >>

Jogja Tour Package Rp 2,787,000/person @ Queen of The South Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Jogja Budaya termasuk tour sehari penuh, hotel Queen of The South makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Candi Prambanan

DISTANCE1 km VIEW MORE

 

Prambanan merupakan nama candi yang berlokasi di antara Kabupaten Sleman, DIY dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Candi yang juga disebut sebagai Candi Roro Jonggrang ini tercatat sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia. Dengan status yang disandangnya tersebut, tentu candi Prambanan akan menjadi ...

Candi Ratu Boko

DISTANCE5 km VIEW MORE

 

Situs Ratu Baka atau Candi Boko (bahasa Jawa: Candhi Ratu Baka) adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, In ...

Tebing Breksi

DISTANCE9 km VIEW MORE

 

Wisata yang satu ini dijamin lain dari yang lain. Wisata alam bernama Taman Tebing Breksi memang akan sangat membuat wisatawan yang datang berdecak kagum. Pasalnya, wisata bekas pertambangan tersebut menghadirkan hal yang indah dan cantik sebagai panorama atau background foto. Maka mengisi liburan k ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Candi Sewu

  • Situs purbakala
  • Mempelajari sejarah
  • Pengamatan pemandangan
  • Hunting fotography

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Wisatawan di Candi Sewu ini bisa melakukan beberapa kegiatan dan aktivitas seperti :
  • Melihat-lihat arsitektur Candi Sewu yang bercorak Buddha.
  • Berpetualang dengan berjalan kaki menjelajahi area Candi Sewu.
  • Dengan dipandu guide atau pemandu wisata, Anda bisa mendengarkan kisah atau sejarah tentang berdirinya Candi Sewu ini.
  • Berfoto-foto dengan background Candi Sewu yang akan menghasilkan karya memukau.
  • Mengelilingi area candi dengan sepeda kayuh dengan menyewanya.

  • Capital City
  • Airport
  • Candi Prambanan
  • Candi Ratu Boko
  • Tebing Breksi

Akses Menuju Lokasi

Candi Sewu yang berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini sangat mudah diakses. Bila Anda dari Kota Jogja atau Bandara Adi Sutjipto maka waktu yang dibutuhkan untuk ke Candi Sewu ini adalah sekitar 45 menit. Untuk Anda yang ingin naik transportasi umum ke Candi Sewu maka Anda bisa naik trans Jogja jalur 1 A dan 1B atau bus umum untuk kemudian turun di halte Prambanan. Dari halte ini lanjutkan perjalanan Anda dengan naik becak atau ojek sekitar 1 km.

Tarif dan Catatan Khusus

Tarif masuk ke Candi Sewu ini sama dengan tarif masuk ke Candi Prambanan yaitu Rp 40.000/orang untuk wisatawan domestik dan USD 25 untuk wisatawan mancanegara. Untuk tarif parkir adalah Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 15.000 untuk bus. Anda di sini juga bisa menyewa sepeda kayuh untuk berkeliling candi dengan tarif Rp 10.000. Sedangkan untuk naik kereta kelinci tarifnya yaitu Rp 7.500. Perhatikan jam buka Candi Sewu ini yaitu dari jam 06.00 WIB hingga jam 17.00 WIB.

Fasilitas di Objek Wisata

Fasilitas di wisata Candi Sewu ini terbilang baik dan lengkap. Hal ini karena kawasan Candi Sewu masih satu komplek dengan Candi Prambanan. Beberapa fasilitas atau sarana prasarana pendukung wisata tersebut adalah area parkir yang luas, tempat ibadah, toilet, warung makan, cafe dan resto, toko souvenir, sewa sepeda kayuh dan juga penginapan.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Candi SewuKlaten

Click star to rate Candi Sewu

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Kami puas sekali dg belitungisland.com, dari segi hotel, tempat wisata, makanan, snacks, kendaraan - dengan tour guide pak Doni yang sangat helpful, proactive, thoughtful, dan resourceful.Jago foto pula! Wisata kulinernya juga nikmat. Kami sdh merekomendasikan belitungisland.com ke banyak teman2 kami, jadi tolong dijaga kualitas tour dan service-nya spy tetap baik dan semakin lebih baik! Again, thank you very much for everything, really appreciate your wonderful programs and service provided to us!

    Group Melani, Vera, Tina, Adik Indonesia, Jakarta 26 Jul 2013
  • Belitungisland.com mempermudah rencana liburan saya bersama seorang teman di Belitung. Melalui websitenya yang sangat informatif dan stafnya yang ramah, saya merasa sangat terbantu dalam melakukan reservasi online. Ditambah lagi selalu ada reminder mengenai waktu keberangkatan kami ke Belitung. Selain itu, pelayanan dari tour guide kami, bang Memed, juga sangat baik. Definitely will be back to Belitung next year. Thank you to all belitungisland.com team for making our trip enjoyable.

    Dea Indonesia, Jakarta 14 May 2015
  • Pantainya dan pulau-pulau yang di kunjungi sangat luar biasa, orisinil dan bersih. Airnya sangat tenang dan jernih. We have a wonderful long week-end there. I highly recommended to everyone to visit Belitung Island. Also thanks to Belitungisland.com yang sudah me-arrange perjalanan kami. Perfect sekali. Two thumbs up juga buat tour guide nya yang sangat profesional dan helpful....

    megy Indonesia, Jakarta 18 Apr 2014
  • EO nya kerennn dan kompak sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik..cukup berpengalaman.. dalam hal mengatur kamar, selama tur air minum dan snack juga sdh siap, makanan juga enak, dalam hal titipan otak2, kepiting jg berjalan baik, pokoknya the best lah.. mohon dipertahankan, dan bisa lebih baik lagi dikemudian hari.. caiyooo...

    Lucy Indonesia, Jakarta 26 May 2012
  • Belitung sangat cantik!!! Terima kasih Belitungisland.com yang telah mengantarkan kami melihat cantiknya Belitung dan memberikan kesempatan menikmati makanan-makanan yang suwpeerrr ueenak dan buannyyakk melalui Pak Juli, tour guide merangkap fotografer yang ramah dan rajin telah sangat membantu kami untuk menjelajah Belitung..

    Diana Indonesia, Jakarta 22 Jun 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers