By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Kuliner Bukit T

Kuliner Bukit T

Provinsi Sumatera Barat tidak hanya memiliki Kota Padang sebagai tempat menarik untuk berwisata. Namun di Kota Bukittinggi yang dijuluki “Parijs van Sumatra” tersebut kita juga bisa mendapati banyak hal menarik. Salah satu hal menarik dari kota yang memiliki suhu udara yang sejuk ini adalah kulinernya. Di sini Anda memang akan bisa menjumpai beragam kuliner menarik yang nikmat dan lezat.

Keunikan Kuliner Bukit T

  • Beragam menu kuliner khas Bukittinggi bisa Anda jumpai
  • Beberapa tempat makan di sini terbilang legendaris karena berdiri sejak lama
  • Bisa menikmati menu sambil menikmati beberapa obyek wisata
  • Ada mimuman khas Bukittinggi yang nikmat dan menyegarkan

1. Kedai Pical Sikai & Lamang Tapai

Tempat kuliner pertama yang bisa Anda kunjungi di Bukittinggi adalah Kedai Pical Sikai & Lamang Tapai. Kedai yang berada di dekat pintu masuk Taman Panorama & Lobang Jepang, Jalan Panorama 19c Bukittinggi ini menawarkan sebuah sajian andalan yang lezat bernama pical sikai. Menu yang mirip dengan pecel Jawa ini akan membuat selera makan Anda jadi tinggi. Selain sayuran rebus, pical sikal ini juga memiliki ciri khas yaitu adanya rebung dan jantung pisang yang kesemuanya nantinya disiram dengan bumbu kacang. Selain pical sikai, di kedai ini Anda juga bisa menikmati lamang tapai yaitu jajanan tradisional khas Bukittinggi yang dibuat dari ketan dan disajikan dengan tape. Di kedai yang sudah berdiri sejak tahun 1948 ini seporsi pical sikai plus lamang tapai ini bisa Anda nikmati dengan harganya cukup terjangkau yaitu Rp 15.000.

2. Kedai Bofet Jalo

Berlokasi di Jl. Ahmad Karim, Bukittinggi, dekat Jam Gadang Bukittinggi, Anda bisa menikmati kuliner khas ranah minang yakni sate danguang danguang. Sate yang berasal dari wilayah Payakumbuh ini memang sangat lezat untuk dinikmati. Sate yang berisi daging sapi tanpa jeroan ini dibuat dengan bumbu kuning yang mengandung kelapa. Anda bisa menikmati sajian sate danguang danguang ini di Kedai Bofet Jalo dengan harga Rp 18.000/porsi yang terdiri dari 5 tusuk sate dan 1 ketupat. Untuk menambah sate dihargai Rp 3.000 per satu tusuknya. Selain sate danguang danguang, Anda di Kedai Bofet Jalo ini juga bisa menikmati sajian lain seperti sop daging, nasi goreng kari, martabak mie, teh talua dan juga pecel lele sambal terasi.

3. Kedai Uni Cah

Sajian nasi kapau juga tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Bukittinggi. Di kedai yang dikelola oleh Uni Cah ini Anda bisa menikmati nasi kapau dengan beragam lauk yang khas Kapau. Kapau sendiri adalah nama tempat atau nagari (desa) di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Berbeda dengan nasi Padang, nasi kapau dijual oleh orang-orang yang berasal dari nagari (desa) kapau, termasuk Uni Cah sendiri. Selain itu perbedaan nasi padang dan nasi kapau ada pada lauknya. Ciri khas nasi kapau ini ada pada gulainya yang terdiri dari nangka muda (cubadak), kol dan kacang panjang. Gulai yang rasanya gurih dan sedikit asam ini nantinya akan disiram di atas nasi putih. Kedai nasi kapau Uni Cah sendiri kini berada Jalan Padang Luar Km 4, Bukittinggi. Uni Cah yang berjualan nasi kapau sejak tahun 1981 di Pasar Aur Kuning ini sajiannya telah dikenal banyak orang. Selain nasi kapau, di kedai Uni Cah ini Anda juga bisa menikmati sajian lain seperti gulai tunjang dan usus, rendang ayam serta ikan bertelur. Bila tertarik Anda bisa datang ke kedai Uni Cah ini dari jam 09.00 hingga pukul 22.00 WIB. Untuk harganya memang diakui pemiliknya agak mahal karena menurut pemiliknya irisan lauknya atau ikannya lebih besar dari tempat lain. Harga paling murah adalah tunjang atau ayam yaitu Rp 35.000, sementara ikan bakar harganya Rp 60.000/ekor.

4. Pical Ayang atau Pecal Ayang

Dengan harga yang terbilang murah yakni Rp 6.000, Anda bisa menikmati seporsi menu bubua kampiun di Pical Ayang atau Pecal Ayang. Bubua atau bubur kampiun ini adalah makanan yang berupa bubur manis yang didalamnya ada bubur lemu, kacang hijau, candil serta campuran lupis. Beberapa bahan tadi kemudian akan disiram santan dan gula merah. Selain menu andalan bubua kampiun, di tempat kuliner Pical Ayang ini Anda juga bisa menikmati menu lain seperti ketupat atau lontong sayur dan juga aneka gorengan. Untuk menu lontong sayur sendiri harganya hanya Rp 5.000/porsi. Sementara untuk gorengan bisa Anda nikmati dengan harga Rp 1.000/satu gorengan. Untuk menikmati semua sajian dari Pical Ayang ini Anda bisa datang ke Jalan Ateh Ngarai (simpang Ngarai Sianok). Pical atau Pecal Ayang sendiri beralamat di Jl. Binuang, Kayu Kubu, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

NEXT PAGE >>

Padang Tour Package Rp 2,972,000/person @ HW Hotel Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Padang Pantai Selatan termasuk tour sehari penuh, hotel HW Hotel makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Jam Gadang

DISTANCE1 km VIEW MORE

 

Bila Anda ke Kota Bukit Tinggi maka ada satu tempat yang wajib dikunjungi yaitu Jam gadang. Jam Gadang memang telah menjadi identitas kota Bukit Tinggi yang sayang bila Anda lewatkan. Jam Gadang yang berarti jam besar dalam bahasa setempat bukanlah jam biasa. Sebab jam yang memiliki empat sisi ini d ...

Fort de Kock

DISTANCE1 km VIEW MORE

 

Selain Museum Rumah kelahiran Bung Hatta dan Lobang Jepang, di Kota Bukittinggi Anda juga bisa menjumpai sebuah bangunan sejarah lain yaitu Benteng Fort de Kock. Benteng yang menjadi saksi bisu perlawanan kaum Paderi melawan Kolonial Belanda yang dibantu kaum Adat ini akan banyak membuka wawasan dan ...

Koto Gadang

DISTANCE2 km VIEW MORE

 

Great Wall of Koto Gadang (GwoKG) atau ada juga yang menyebut Janjang Seribu atau juga ada yang menyebut China Koto Gadang merupakan objek wisata di Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat dengan banyak panorama indah dan mempesona yang ditawarkan kepada para pengunjung atau wisatawan. ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Kuliner Bukit T

  • Menikmati kuliner
  • Minum sambil bersantai
  • Makan di restoran resmi
  • Berkumpul bersama teman

5. R.M. Family Benteng

Rumah Makan Family Benteng adalah tempat kuliner berikutnya yang bisa Anda nikmati di Bukittinggi. Rumah makan ini punya cerita yang sangat panjang karena riwayatnya yang sudah ada sejak tahun 1970-an. Di rumah makan yang berada di Jalan Benteng Indah (dekat pintu masuk ke Fort de Kock) ini Anda bisa menikmati menu andalah yaitu ayam pop yang lezat. Dengan mencelupkan ayam pop ke saus cabai dan menyantapnya maka lidah Anda akan dibuat bergoyang-goyang. Selain ayam pop, di sini Anda juga bisa menikmati menu rendang dan ati ampela yang juga tak kalah nikmatnya. Untuk harganya, ayam pop dibanderol Rp 14.000/potong. Sementara untuk ati ampela harganya hanya Rp 10.000.

6. Kedai Es Tebak

Kuliner yang satu ini berwujud minuman yang segar pelepas dahaga. Namyanya adalah es tebak dan ampiang dadiah. Es tebak sendiri adalah es yang berisi aneka bahan seperti cendol, tape, agar-agar, roti dan juga tentunya es serut. Setelah semua bahan disatukan dalam satu mangkok maka langkah terakhir sebelum disajikan akan diberi susu kental dan sirup. Menu yang mirip dengan es campur ini bisa Anda jumpai di beberapa sudut kota Bukittinggi. Salah satu tempat terbaik menikmati es tebak ini adalah di Pasar Atas atau di area Kampung Cina, dekat sate danguang danguang pada malam hari.

  • Capital City
  • Airport
  • Jam Gadang
  • Fort de Kock
  • Koto Gadang

7. Kedai Cindua Langkok

Cinduak langkok adalah menu cendol khas Kota Bukittingi. Karena cendol, maka cinduak langkok berwujud minuman yang segar dan nikmat. Mimuman ini sendiri terdiri dari beberapa isian seperti cendol, ampiang alias beras pulut, gula aren, kuah santan dan es serut. Selain isian-isian tersebut, biasanya cindua langkok ini juga diberi toping tambahan yang bisa dipesan atau tidak oleh pengunjung berupa lopis atau lopi serta durian. Untuk mendapatkan minuman menyegarkan ini Anda bisa datang ke Los Lambuang Pasa Ateh atau Pasar Atas. Di sana akan ada kedai yang menjual minuman cindua langkok. Untuk harganya adalah Rp 8.000/porsinya.

8. Gerobak Kerupuk Leak atau Kerupuk Siram

Sajian yang satu ini adalah jajanan khas dari Kota Bukittinggi yang rasanya gurih. Menu kerupuk leak atau ada yang menyebut kerupuk siram ini adalah jajanan kerupuk yang disiram atau dilumuri dengan kuah kari Sate Padang. Sajian yang juga disebut kerupuk siram atau kerupuk siram mie ini kemudian akan ditaburi bihun atau mie goreng setelah disiram bumbu kari. Kerupuknya sendiri sebagai bahan utama dibuat dari ubi kayu yang ditumbuk halus lalu dan dicetak melingkar. Untuk harga kerupuk leak ini terbilang murah yakni sekitar Rp 4.000-an. Anda bisa menjumpai jajanan kerupuk leak di sekitar Jam Gadang atau di sekitaran Janjang Koto Gadang pada sore hingga malam hari.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Kuliner Bukit TBukittinggi

Click star to rate Kuliner Bukit T

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Tidak pernah menyesal memilih Belitungisland.com sebagai provider tour kita karena mereka benar-benar memberikan pelayanan yang baik dan sangat profesional. Saya akan cerita dari awal saya dan teman2 masih bingung memilih tour, akhirnya saya pun melihat-lihat beberapa opsi. Tetapi belitungisland.com selalu memberikan respon tercepat dan sangat jelas. Seluruh staf sangat membantu dalam menjawab pertanyaan dan memilih paket dan hotel yang tepat. Semua komunikasi pun tercatat sehingga tidak ada yang lupa/hilang. Begitu kami memutuskan paket dan hotel, kami diminta pembayaran deposit melalui bank transfer, sesaat setelah transfer, saya langsung dikirimi kuitansi resmi. Tidak hanya itu, jumlah pembayaran dan kekurangan semua terupdate di halaman akun saya di website belitungisland.com Akhirnya tiba saat nya tgl 19 Nov hari yang ditunggu, kami grup ber 4. Saya beserta istri dan 2 orang teman mengambil paket pantai dan pulau dan memilih Maxone hotel. Begitu mendarat di bandara Belitung, kami langsung disambut oleh tour guide kami yaitu DEDEN, catat ya namanya DEDEN dengan membawa papan nama besar dengan tertera nama saya diketik dengan baik. Mas Deden menyambut kita dengan ramah. Nah sekarang saya ingin komentar untuk Mas Deden, saya dan teman-teman mau memberikan apresiasi yang besar untuk Mas Deden karena dia adalah salah satu faktor utama yang membuat liburan berkesan. Ramah, sangat membantu, inisiatif yang besar, dan selalu berusaha memenuhi keinginan kami selama di Belitung. Tour kami sangat private, artinya kemana-mana hanya berempat dan didampingi mas Deden sebagai guide kita. Transportasi menggunakan Avanza dan mas Deden yang jadi supirnya. Yang saya salut, mobil selalu dijaga kebersihannya. Bahkan setelah seharian bermain di pantai dan mobil penuh pasir dan basah. Di saat kami dijemput sejam kemudian untuk makan malam, mobil tersebut sudah bersih kembali. Luar biasa pelayanan dari belitungisland.com dan juga Mas Deden. Saya sangat merekomendasikan belitungisland.com dan Mas Deden kepada siapapun yang akan berwisata ke Belitung. Foto-foto menyusul ya

    Roy Hendarto - Robertus Kristianto Indonesia, Bandung 19 Nov 2015
  • Saya pasti akan kembali menjejak bumi Laskar Pelangi bersama lebih ramai teman agar mereka juga dapat menikmati apa yang telah saya nikmati sepanjang 4 hari di Belitung. Jika sebelum ini keindahan Pulau Belitung hanya dapat saya gambarkan di layar perak, kini keindahan tersebut berada di depan mata sambil menghirup udara segar sambil meminum air kelapa muda, menghirup kopi di kota yang digelar Kota Seribu Kopi, melompat dari satu pulau ke satu pulau dan melihat anak-anak ikan berkejaran.

    Muzaffar Mustapa Malaysia 28 Sep 2011
  • Menakjubkan, pantai dan pulau peredam stress, ditambah lagi kemudahan2 yang kami dapat dari pengaturan tur. Tidak ada tandingannya kalo lihat pantai lain, sekalipun yang di luar negri. Liburan saya jadi sulit untuk dilupakan. Terimakasih Kang Asep yang sabar dan cekatan memenuhi kebutuhan kami,sabar pada Brian yang banyak keinginannya.

    tetty Indonesia, Jakarta 6 Jul 2011
  • Belitung memiliki pantai-pantai yang jauh lebih eksotis daripada Bali. Belitungisland.com sukses mengantar kami menjelajah keeksotisannya dalam waktu 4 hari. Satu kata : memuaskan!

    Fachri Reza Indonesia, Bandung 21 Apr 2012
  • sangat suka,,,,kritik buat pasar cinderamata.,,kl kerang2 dijual artinya g bantu pelestarian alam donk,,,lama2 punah kl diambilin trus dijual.membeli berarti ikut merusak

    rinto Indonesia, Jakarta 6 Mar 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers