By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Pusat Souvenir

Pusat Souvenir

Yogyakarta (Jogja) selalu memberikan kesan istimewa bagi siapa saja yang pernah mendatanginya. Kesan ini akan begitu melekat sampai kapan pun dan membuat kita ingin mengunjunginya lagi. Maka dari itu saat ke Jogja akan sangat disayangkan bila tidak membawa buah tangan berupa jajanan atau souvenir/cinderamatanya. Berikut beberapa tempat souvenir/cinderamata di Jogja yang bisa Anda datangi.

Keunikan Pusat Souvenir

  • Banyak pilihan tempat berbelanja souvenir atau cinderamata
  • Beragam souvenir dan kerajinan tangan juga bisa Anda pilih dan Anda beli
  • Beberapa tempat menghadirkan konsep one stop shopping
  • Ada beberapa desa wisata yang menawarkan produk kerajinan yang menarik

1. Malioboro

Tempat berburu souvenir atau cinderamata yang pertama di Jogja adalah Malioboro. Tempat yang satu ini tentu bukan tempat yang asing bagi Anda. Tempat yang berada di sepanjang Jalan Malioboro, Yogyakarta ini memang sudah sangat populer dan terkenal bagi siapa pun ketika berlibur ke Jogja. Di Sepanjang jalan Malioboro yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta ini kita memang akan menjumpai banyak pedagang kaki lima yang menjual aneka ragam cinderamata. Beberapa souvenir atau cinderamata yang dijual di kawasan Malioboro ini adalah seperti blangkon, batik, tas, kaos, sandal, gelang, kalung dan beragam souvenir khas Jogja lainnya. Karena di Malioboro ini adalah pasar pedagang kaki lima maka di sini Anda bisa melakukan penawaran harga. Meskipun hanya berwujud pasar kaki lima namun kepopuleran Malioboro sebagai surga belanja tak perlu diragukan lagi. Kegiatan berburu souvenir dan cinderamata khas Jogja di sini akan sangat memuaskan.

2. Pasar Beringharjo

Tidak jauh dari Malioboro tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani nomor 16, Yogyakarta, Anda bisa mendatangi sebuah pasar tertua di Jogja yakni Pasar Beringhardjo. Pasar yang sudah ada sejak tahun 1758 ini memang merupakan pasar yang paling populer sebagai pusat ekonomi di Yogyakarta. Di pasar yang pernah mendapat julukan "Eender Mooiste Passer Op Java" (pasar terindah di pulau Jawa) ini Anda bisa berbelanja aneka ragam souvenir dan cinderamata. Beberapa cinderamata yang bisa Anda beli yaitu tas, blangkon, sandal, sarung tenun, baju surjan yang ada di los pasar bagian Barat. Semantara itu di lantai 3 bagian Timur pasar, Anda juga bisa membeli barang-barang antik dan barang bekas impor berkualitas. Tidak ketinggalan lupa aneka koleksi batik juga bisa Anda beli di pasar yang memiliki luas 2,5 hektar ini. Karena Beringhardjo ini adalah pasar tradisional maka Anda bisa melakukan penawaran harga dari barang-barang yang akan Anda beli. Dengan banyaknya produk cinderamata di sini maka Pasar Beringhardjo bisa menjadi tempat one stop shopping yang tepat bila Anda tak punya banyak waktu.

3. Mirota Batik

Jika Anda hanya ingin berbelanja batik, maka Anda bisa mengunjungi Mirota Batik yang beralamat di jalan Jenderal Ahmad Yani No.9, Gondomanan, Yogyakarta. Di sini Anda akan bisa mendapatkan koleksi batik yang terbilang lengkap berupa pakaian jadi ataiu masih berupa lembaran kain. Harga batik di sini adalah mulai harga Rp 20.000-an hingga ratusan ribu. Nama Mirota yang punya akronim Minuman, Roti dan Tawar ini juga memiliki suasana yang tidak kalah dengan Malioboro atau Pasar Beringhardjo. Sebab di sini sangat ramai pengunjung dan juga banyak pedagang dan pengrajin. Selain belanja batik, di lantai dua Anda juga bisa belanja beragam souvenir dan kerajinan tangan seperti tempat tisu yang terbuat dari bambu, lampu hias, tikar, tempat sampah, tempat koran, asbak, mainan anak-anak dari kayu, kalung, gantungan kunci, kursi dari anyaman rotan, gelang, tas batik, cincin dengan desain beragam, sandal etnik, tas kulit dan lain sebagainya. Aneka makanan dan jamu tradisional juga bisa Anda jumpai di tempat yang buka dari jam 08.00 – 21.00 WIB ini.

4. Kasongan

Kasongan merupakan nama sebuah desa di kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sini Anda akan bisa membeli souvenir berupa kerajinan gerabah yang terbuat dari tanah liat. Wujud kerajinan gerabah yang ada di Desa Kasongan ini antara lain pot bunga, guci, patung, lampu hias, miniatur kendaraan (becak, sepeda, mobil), souvenir pengantin dan juga hiasan atau pajangan di rumah menarik lainnya. Keterampilan membuat kerajinan gerabah di sini memang sudah ada sejak lama yang terus menurun hingga ke generasi sekarang. Banyaknya pengrajin gerabah di sini bisa terlihat dari beberapa galery yang bermunculan. Selain kerajinan gerabah, di Desa Kasongan ini anda juga bisa medapatkan aneka kerajinan batu, akar, marmer dan lainnya. Selain membeli, di Desa Kasongan ini Anda juga bisa melihat lebih dekat proses pembuatan kerajinan gerabah atau bahkan juga Anda bisa mencoba kursus singkat membuat kerajinan gerabah yang ditawarkan warga.

NEXT PAGE >>

Jogja Tour Package Rp 2,787,000/person @ Queen of The South Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Jogja Budaya termasuk tour sehari penuh, hotel Queen of The South makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Keraton Yogya

DISTANCE1 km VIEW MORE

 

Jika kita berkunjung ke Yogyakarta dengan tujuan liburan, mungkin kita akan sedikit kebingungan untuk menentukan tempat mana saja yang akan kita kunjungi. Hal ini karena banyak sekali lokasi wisata yang bisa kita tuju. Yogyakarta memang terkenal dengan wisata alam berupa pantai yang memiliki keindah ...

Taman Sari

DISTANCE3 km VIEW MORE

 

Salah satu bangunan peninggalan Kesultanan Yogyakarta yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Taman Sari. Bangunan yang dulunya difungsikan sebagai tempat peristirahatan para raja dan keluarga raja ini memang memiliki banyak hal unik dan mengagumkan di dalamnya. Maka dari itu bila Ada sedang ke Jo ...

Gembira Loka

DISTANCE5 km VIEW MORE

 

Gembira Loka adalah sebuah objek wisata berupa kebun binatang (zoo) yang berada di Kota Yogyakarta. Kebun binatang yang satu ini punya riwayat yang sangat panjang sebagai sebuah objek wisata. Sebab kebun binatang ini sudah ada sejak tahun 1949 pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Tentu dengan be ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Pusat Souvenir

  • Berpetualang sambil berjalan
  • Pengamatan pemandangan
  • Berpetualang sambil berjalan
  • Berkendara sepanjang jalan

5. Pasar Seni Gabusan

Untuk mengakomodasi para pengrajin masyarakat Bantul maka pada tahun 2004 silam dibangun sebuah pasar bertaraf internasional bernama Pasar Seni Gabusan. Pasar yang didesain oleh arsitek dari dalam negeri dan luar negeri ini memiliki 16 blok dan diisi oleh 444 pengrajin. Rencanananya Pasar Seni gabusan ini akan terus dikembangkan untuk bisa menampung menampung 8015 unit kerajinan dari seluruh Kabupaten Bantul. Di pasar seluas 4,5 ini Anda bisa membeli aneka kerajinan tangan dari beberapa bahan seperti kayu, tanah liat, logam, kulit hingga eceng gondok. Menariknya di Pasar Seni Gabusan ini Anda tidak hanya bisa berbelanja saja, namun dengan adanya fasilitas lain sepeti resto maka Anda juga bisa berwisata kuliner. Tertarik datang? Arahkan saja kendaraan Anda ke Jalan Parangtritis, Sewon, Timbulharjo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Kotagede

Kotagede atau Kutagede merupakan nama salah satu kecamatan di Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Kotagede ini kita akan mendapati para pengrajin kerajinan perak dan tembaga. Maka dari itu di sini Anda pun bisa membeli aneka kerajinan perak dan tembaga yang menarik untuk dibawa pulang. Produk kerajinan perak dan tembaga di Kotagede ini sendiri terdiri dari beberapa ragam wujud seperti cincin, gelang, kalung, mangkok teh, dan berbagai macam perhiasan lainnya. Untuk membelinya, Anda bisa mendatangi beberapa galeri yang ada di setiap sudut Kotagede dari pasar kotagede hingga Masjid Agung dan bekas Istana Mataram Islam.

7. Manding

Sebuah desa wisata lain yang bisa Anda kunjungi untuk belanja souvenir atau cinderamata adalah Manding. Desa wisata Manding ini sendiri tepatnya berada di Jl. DR Wahidin Sudiro Husodo, Manding, Sabdodadi, Bantul atau di persimpangan Jl. Parangtritis km 11. Desa Wisata Manding merupakan pusat atau sentra kerajinan kulit paling terkenal di Yogyakarta. Setidaknya ada sekitar 40 galery yang menjual aneka produk kerajinan kulit. Beberapa produk kerajinan kulit yang bisa Anda beli di sini antara lain wayang kulit, sandal, sepatu, tas, jaket, dompet, ikat pinggang, gantungan kunci, pigura dan lain sebagainya. Bahan kulit yang digunakan untuk membuat produk kerajinan tersebut adalah kulit sapi. Sedangkan proses pengerjaannya masih dilakukan secara manual di rumah-rumah. Meski masih dikerjakan dengan tangan, hasil kerajinan kulit di Manding tak perlu diragukan lagi. Bahkan begitu berkualitasnya, produk kerajinan kulit dari Desa Manding bisa berumur panjang dan tanahn lama. Jangan lupa juga untuk melakukan penawaran harga yang diajukan oleh penjual agar Anda bisa lebih puas dalam berbelanja di sini.

  • Capital City
  • Airport
  • Keraton Yogya
  • Taman Sari
  • Gembira Loka

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Pusat SouvenirYogyakarta

Click star to rate Pusat Souvenir

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Trip yang sangat menyenangkan ke belitung. Tour yang kami dapat tidak seperti tour rombongan besar tetapi walaupun kami hanya ber 4 tetapi kami dengan bebas mengatur waktu dan rute perjalanan kami. Tour guidenya ramah, hotelnya pun walaupun bintang 3 bersih dan terawat. Yang membuat kangen adalah warung kopi pak Ake yang nikmatnya ampun2an. Pantainya juga bagus bagus sayang karangnya yang sudah mulai banyak yg mati. Pengunjung maupun pemerintah kota harus cepat melestarikan terumbu karangnya.

    Nawangsari Indonesia, Jakarta 11 May 2012
  • Awesome photographers trip. Erik, our guide, had an elec translator (major bonus)so on the times we got stuck with language (not often) out it came! Us Aussies asked lotsa qstns & if he did not know he found out. Erik was professional, friendly and helpful. We enjoyed his company immensely. Nothing was too much trouble and he is an asset to your company. Van was clean & new. Food good inc snacks & water provided. Hotel Billiton lovely too. Beaches & islands nearby are spectacular! :)

    Jacqui 10 May 2011
  • Ketika mendengar tempat tujuan honeymoon kami adalah Belitung saya sangat exicted... Paket honeymoon yang kami rasakan sangat memuaskan. Keramahan tour guide, dan semua fasilitas sudah disediakan. Saya hanya perlu membawa kamera dan sedikit uang saku jika kami ingin menyicipi jajanan khas serta membeli oleh2. Wisata pulau belitung begitu indah, tak kalah dengan Pulau Dewata. Indonesia luar biasa..:) Suskes untuk tim belitungisland.com ^^

    RezkaBudi Indonesia, Jakarta 29 Jan 2013
  • Weve had a great and wonderful holiday in Belitung Island. Our guide - Ipung - did an excellent job, he was like our babysitter to our 2 boys, thanks Pung! :-) Both my boys - Seb & Alex really liked him!!! We have been telling some friends and relatives in Jakarta and here in England that Belitung Island is a must visit place.... The words cant even explain and describe how beautiful and amazing the island is...!!!

    Witri Goldspink United Kingdom 26 Aug 2013

Airline Partners

Our Corporate Customers