By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Desa Cancar

Desa Cancar

Biasanya kita menyaksikan hamparan sawah yang ada dengan sebuah wujud petakan-petakan persegi. Namun di Desa Cancar, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai ini kita bisa menjumpai sebuah area persawahan yang unik dengan wujud seperti jaring laba-laba. Tentu akan sangat menarik bila Anda mau datang dan berkunjung ke sini.

Keunikan Desa Cancar

  • Ada sawah yang unik berbentuk jaraing laba-laba
  • Ada riwayat dan kisah yang panjang dari sawah atau tanah ulayat ini
  • Berada di ketinggian di atas 1000 mdpl sehingga udaranya sejuk
  • Berada dekat dengan Kecamatan Ruteng, Ibu Kota Manggarai Timur

Bentuk sawah yang mirip bentukan crop circle di Desa Cancar memang sudah dari dulu ada dan sudah menjadi bagian dari adat istiadat. Di Desa ini area sawah yang berbentuk jaring laba-laba tersebut membentang seluas 1.500 hektar dan di ketinggian 1.000 mdpl. Dari keberadaan sawah dengan bentuk yang unik ini menjadikan banyak orang terkesima. Saat ini pun tidak hanya wisatawan lokal saja yang penasaran ingin melihat, tapi wisawatan mancanegara pun ikut tertarik melihat area sawah seperti dengan bentuk yang unik tersebut. Bagi masyarakat Manggarai, sawah memang bukan hanya untuk tempat menanam padi, namun juga sebagai penopang hidup. Dari riwayatnya, area sawah di wilayah Ruteng ini telah diatur oleh adat istiadat. Nenek moyang orang Manggarai sendiri punya sistem pembagian tanah atau sawah dalam bentuk Lodok dengan titik nol berada di tengah-tengah lahan ulayat yang kemudian nantinya akan dibagi-bagi kepada generasi penerusnya.

Pembagian tanah atau sawah di sini dibentuk dengan menarik garis panjang dari titik tengah (Lodok) hingga ke bidang terluar (Cicing) yang mengecil di bagian dalam dan membesar di bagian luarnya. Dari sinilah kemudian muncul pola jaring laba-laba yang memikat. Pembagian tanah komunal sendiri dilakukan oleh seorang Tu’a Teno dan diawali dengan ritus kecil ‘Tente Teno’ dengan menancapkan pohon Teno di titik episentrum Lodok. Untuk lambang pengesahan secara adat, darah kambing pun harus ditumpahkan diatas kayu Teno. Pembagian tanah ulayat kemudian dilakukan dengan menggunakan rumus Moso (Jari Tangan) yang disesuaikan jumlah penerima tanah berikut keturunanya. Dari sini maka muncul asumsi bahwa semakin banyak penerima lahan maka semakin kecil bidang tanah yang diperoleh. Namun bila jumlah penerima sedikit maka tanah yang didapat akan lebih besar.

NEXT PAGE >>

Komodo Tour Package Rp 5,868,000/person @ KM Cajoma 4 Phinisi Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Belitung Fotografi termasuk tour sehari penuh, hotel KM Cajoma 4 Phinisi makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Desa Waerebo

DISTANCE22 km VIEW MORE

 

Jika berwisata di Flores identik dengan Komodo, pantai dan pulau cantik tak berpenghuni. Ayo saatnya sedikit santai dengan pilihan wisata budaya dan adat. Anda bisa mencoba mengunjungi Kampung Wae Rebo di Kabupaten Manggarai Barat. Kampung ini spesial dan bahkan rumah tradisional Flores di Kampung W ...

Sano Nggoang

DISTANCE48 km VIEW MORE

 

Untuk Anda yang sedang mengeksplor wisata tanah Flores khususnya untuk wilayah Kabupaten Manggarai Barat sebaiknya luangkan waktu Anda untuk mengunjungi Danau Sano Nggoang. Danau ini adalah danau terbesar di Propinsi Nusa Tenggara Timur. Danan vulkanik yang terletak di sebelah tenggara kawasan hutan ...

Liang Ndara

DISTANCE94 km VIEW MORE

 

Liang Ndara merupakan nama sebuah desa yang berada di Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Desa Liang Ndara sendiri merupakan salah satu desa wisata di Labuan Bajo yang telah dijadikan bagian dari program pengembangan pemerintah setempat. Tentu saja meng ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Desa Cancar

  • Pengamatan pemandangan
  • Minum sambil bersantai
  • Menikmati ketinggian
  • Hunting fotography

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Beberapa aktivitas atau kegiatan yang bisa Anda lakukan di bukit Desa Cancar ini adalah :
  • Melihat pemandangan sawah berbentuk jaring laba-laba dari atas bukit di Desa Cancar.
  • Bersama dengan pemandu Anda bisa mendapatkan cerita yang detail mengenai kisah sawah berbentuk jaring laba-laba ini.
  • Karena ada diketinggian maka Anda di atas bukit juga bisa merasakan udara yang sejuk.
  • Anda di atas bukit juga bisa bersantai semabri melepas jenuh dan penat.

  • Capital City
  • Airport
  • Desa Waerebo
  • Sano Nggoang
  • Liang Ndara

Akses Menuju Lokasi

Untuk melihat panorama sawah jaring laba-laba di Desa Cancar ini terbilang mudah karena jaraknya yang tidak jauh dari pusat Kecamatan Ruteng yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Manggarai. Desa Cancar memang merupakan tempat yang paling tepat untuk melihat sawah jaring laba-laba dari ketinggian. Desa Cancar juga merupakan desa terdekat dari Kecamatan Ruteng yang bisa dicapai dalam waktu sekitar 10 menit saja. Bila Anda berangkat dari kota Labuan Bajo maka waktu tempuh ke Desa Cancar ini mencapai waktu kurang lebih 3,5 jam. Sementara dari Bandara Komodo, desa ini bisa ditempuh selama kurang lebih 3 jam.

Tarif dan Catatan Khusus

Tidak ada tarif yang harus Anda bayar untuk menikmati panorama sawah jaring laba-laba dari atas bukit di Desa Cancar ini. Ada hanya perlu menyiapkan stamina untuk mendaki bukit dengan ketinggian sekitar dua ratus meter. Sebelum melakukan pendakian, di bawah kaki bukit Anda akan menjumpai rumah sederhana keluarga Mama Susana. Nah saat Anda menjumpai rumah Mama Susana ini maka artinya pendakian segera dimulai.

Fasilitas di Objek Wisata

Di lokasi wisata sendiri tidak ada fasilitas apapun yang bisa Anda jumpai. Karena dari itu Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya terutama minuman sebelum berangkat ke bukit. Untuk penginapan Anda bisa mencarinya di Ruteng yang hanya berjarak 2,3 km saja dari bukit di Desa Cancar.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Desa CancarManggarai

Click star to rate Desa Cancar

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Woowww..beautiful...!!! itulah kata pertama yg terucap saat kami memulai trip di Belitung. Dengan ditemani mas Vicky sbg tour guide, kami explore keindahan alam Belitung. Menyusuri pulau2 berpasir putih, snorkling di laut & climbing di batu2 granit raksasa menjadikan liburan ini sangat berkesan. Trm ksh buat p.Kusumah & bu Santi yg sangat welcome menerima kami, diantara kesibukan jelang BBF. Trm ksh buat mas Vicky, keep being our friend. See u in the next trip :)

    DIAN Indonesia, Jakarta 9 May 2013
  • alhamdulillah..senang sekali kami sekeluarga besar bisa berkunjung ke Belitung.. indah sekali pantai di sana.. terimakasih utk pak Gito, pak Deden & pak Erick yg sdh dgn tulus mendampingi kami selama di sana.. InsyaAllah kami dpt kesempatan berkunjung lagi kesana..

    Risanti Indonesia, Jakarta 29 Dec 2012
  • Kami menikmati liburan kami selama 3 malam di belitung, tour guide kami sgt menolong selama disana.. termasuk menjadi fotografer kami utk mengabadikan momen-momen dan pemandangan yg indah di belitung, thumbs up👍👍

    Narwati Kepartono Indonesia, Jakarta 26 Dec 2015
  • Sangat menyenangkan & memuaskan sekali...pantainya bener2 keyeeeeennnnn...:) juga untuk travel guidenya, baik2, ramah, & helpful... pokoke....puasssssss.... I like it!

    Risqa Fudianti Indonesia, Jakarta 22 Apr 2011
  • Sangat indah dan berkesan, meskipun ada beberapa yang terlewatkan karna cuaca yang tidak mendukung. Masih penasaran dan pengen kembali suatu saat nanti......

    rayanita Indonesia, Jakarta 19 Dec 2011

Airline Partners

Our Corporate Customers