By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

R. Pengasingan

R. Pengasingan

Kota Parapat di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, memang tidak hanya punya sajian Danau Toba saja. Tapi di sini Anda juga bisa mendapati wisata sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Wisata sejarah yang ada di sini adalah rumah bekas pengasingan Presiden RI pertama Soekarno. Tentu mendatangi rumah ini akan membuat kita punya pengalaman berbeda.

Keunikan R. Pengasingan

  • Merupakan tempat bersejarah yang memiliki riwayat hidup dari tokoh besar di negara ini
  • Punya arsitektur bergaya Eropa klasik abad-19 “indische architectur”
  • Ada beberapa perabot atau furniture yang masih asli
  • Ada panorama indah Danau Toba dan Pulau Samosir dari rumah ini

Pada akhir Desember 1948, Soekarno beserta pemimpin Republik Indonesia lainnya yakni Sjahrir, dan Haji Agus Salim, dibuang dan diasingkan Belanda di Parapat setelah sebelumnya di asingkan di Berastasi, Sumatera Utara. Di Kota Parapat ini Bung Karno, Sjahrir dan Agus Salim diasingkan selama kurang lebih dua bulan sebelum diasingkan lagi ke Pulau Bangka. Di Kota Parapat, Sumatera Utara ini mereka bertiga tinggal di rumah berlantai 2 dengan ukuran 10 x 20 m dan dikelilingi taman kira-kira seluas dua hektar. Rumah yang dibangun bangsa Belanda tahun 1820 ini memiliki gaya Eropa klasik yang sampai sekarang masih berdiri megah. Meski beberapa furniture di dalam rumah sudah tak lagi asli, namun Anda akan tetap merasakan sensasi klasik dari bangunan tempat tinggal ini. Furniture asli yang masih dipertahakan di sini adalah kursi rotan di lantai dua.

Dalam sebuah seni arsitektur, rumah pengasingan Bung Karno di Parapat ini sering dikenal dengan nama populer waktu itu yaitu indische architectur. Rumah pengasingan Bung Karno bersama Agus Salim dan Sjahrir ini saat ini keberadaannya dikelola oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Rumah bersejarah tersebut saat ini digunakan sebagai Mess Pemda. Selain itu rumah ini juga sering digunakan untuk tempat penginapan tamu-tamu Pemprov Sumatera Utara. Ada satu bukti keberadaan Bung Karno saat berada di rumah pengasingan ini yaitu foto-foto Bung Karno, Sjahrir, dan Haji Agus Salim semasa di Parapat. Rumah yang berada di tepi Danau Toba ini juga akan membuat wisatawan yang datang bisa juga menikmati panorama Danau Toba dan juga Pulau Samosir.

NEXT PAGE >>

Padang Tour Package Rp 2,580,000/person @ Pusako Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Padang Pegunungan termasuk tour sehari penuh, hotel Pusako makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Danau Toba

DISTANCE1 km VIEW MORE

 

Danau yang satu ini memang terbilang sangat menarik dan fenomenal. Hal ini dikarenakan Danau Toba memiliki kisah dan legenda serta pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Jadi Anda yang datang ke Medan, Sumatera Utara akan sangat rugi bila tak megunjungi danau terbesar se-Asia Tenggara tersebu ...

Long Beach

DISTANCE3 km VIEW MORE

 

Mendengar kata Ajibata maka seringkali kita akan teringat pada sebuah dermaga tempat penyeberangan ke Pulau Samosir. Tapi faktanya Ajibata bukan hanya sebuah dermaga atau pelabuhan. Sebab di sini kita juga bisa menjumpai wisata pantai bernama Long Beach Ajibata yang sangat menarik untuk dikunjungi d ...

Bukit Senyum

DISTANCE9 km VIEW MORE

 

Tidak jauh dari Pelabuhan Ajibata dan Kota Parapat Anda bisa mengunjungi sebuah tempat untuk memandang Danau Toba dan sekitarnya dari ketinggian. Nama tempat yang kemudian dikenal dengan sebutan Bukit Senyum Motung ini akan membuat liburan Anda di Toba-Samosir semakin berkesan. ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ R. Pengasingan

  • Mempelajari sejarah
  • Situs purbakala
  • Pengamatan pemandangan
  • Hunting fotography

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di rumah pengasingan Bung Karno di Parapat antara lain :
  • Mempelajari sejarah atau riwayat dari pengasingan Bung Karno, Sutan Sjahrir dan Agus Salim di Parapat.
  • Melihat dan mempejari arsitektur rumah bergaya Eropa klasik abad ke-19.
  • Melihat-lihat beberapa perabot dan furniture yang ada juga yang masih asli.
  • Berkeliling di sekitaran rumah pengasingan.
  • Menikmati pemandangan atau panorama Danau Toba dan Pulau Samosir dari rumah pengasingan ini.
  • Melakukan dokumentasi baik itu berupa foto dan video untuk kenang-kenangan.

  • Capital City
  • Airport
  • Danau Toba
  • Long Beach
  • Bukit Senyum

Akses Menuju Lokasi

Rumah Pengasingan Bung karno yang berada di Jalan Istana, No 5, Parapat, Sumatera Utara ini bisa Anda capai dengan mudah dan juga akses jalan yang baik. Dari pusat Kota Parapat, rumah pengasingan ini banyak berjarak 2 km saja. Sementara dari Bandara Silangit, rumah pengasingan ini dapat dicapai dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Catatan Khusus

Karena rumah pengasingan ini merupakan tempat yang bersejarah dan dilindungi maka saat Anda berada di sini Anda perlu menjaga sikap untuk tidak berbuat vandalisme atau merusak apapun yang ada di dalam atau di luar rumah.

Fasilitas di Objek Wisata

Fasilitas yang ada di rumah pengasingan ini adalah tempat istirahat, mushola dan toilet. Untuk Anda yang ingin menginap sepertinya Anda perlu mencari tempat lain di sekitaran Kota Parapat. Sebab rumah pengasingan Soekarno ini hanya diperuntukkan untuk tamu-tamu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara saja.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

R. Pengasingan Simalungun

Click star to rate R. Pengasingan

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 
Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Hi Belitung Island, Short testimoni aja ya, kemarin kami ambil paket honeymoon package 4D3N dengan akomodasi di Hotel Bukit Berahu,,singkatnya: - akomodasi: oke banget, pas buat yg honeymoon karena cottage nya jauh dari keramaian dan ada private beach sendiri - makanan: tempat2 makan yg udah dipilih juga mantep2, sangat melebihi ekspetasi kita - tour guide: Mas gebri sbg tur guide kami orangnya asik banget dan ngebuat kita nyaman selama trip disana in short, 5 out of 5 stars!! thanks yaa!!

    Ertanto Vetra Indonesia, Jakarta 9 Jul 2012
  • M.A.N.T.A.P.S. liburan asik bersama org2 asik. Banyak pengalaman seru yang gak muat klo di ceritakan satu persatu. Suasana baru,teman2 baru. Special thanks buat Belitungislanc.com, Pak Kusumah & Ibu Santy yang cantiq + ramah, teman2 Onthelis, Pak Suhai ud bole numpang narsis di vespanya, Pak Bambang yang seru. Hemm mau share fotonya sama pak Kusuma gak tega. Wkwkwk (bole gak bu Santy..??), Ko Johanes kursus singkat soal fotography.. Hemm asik juga ;-). And special buat C.I.N.T.A kuh Mr GITO :-D

    Yuliana Evi Indonesia, Jakarta 2 Jun 2012
  • Kegiatan yg menyenangkan...mengasyikan, sekaligus mensyukuri atas kebesaran_Nya... kepulauan dengan hamparan pasir dan bebatuan yg tersusun indah... Kru2 yg menyenangkan...akrab...friendly... Walaupun panas dan melelahkan tapi keindahannya menghilangkan semua permasalahan itu...no what-whatlah...no problemo... Terima kasih utk Belitungisland.COM dan para punggawa yg telah dg sabar..tetap tersenyum dlm melayani, mengantar dan mensupport kami semua...

    Bank BTN KP- OBSD Indonesia, Jakarta 10 May 2014
  • Sangat menyenangkan & memuaskan sekali...pantainya bener2 keyeeeeennnnn...:) juga untuk travel guidenya, baik2, ramah, & helpful... pokoke....puasssssss.... I like it!

    Risqa Fudianti Indonesia, Jakarta 22 Apr 2011
  • sangat suka,,,,kritik buat pasar cinderamata.,,kl kerang2 dijual artinya g bantu pelestarian alam donk,,,lama2 punah kl diambilin trus dijual.membeli berarti ikut merusak

    rinto Indonesia, Jakarta 6 Mar 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers