By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Batu Gantung

Batu Gantung

Keberadaan Batu Gantung yang ada tebing Danau Toba memang bukan hal yang biasa saja. Selain bentuknya yang unik, Batu Gantung juga memiliki riwayat yang amat panjang dari munculnya Kota Parapat, Kabupaten Simalungun. Tentu mengunjungi batu legendaris dan populer tersebut akan menjadikan liburanmu akan jauh lebih berkesan.

Keunikan Batu Gantung

  • Memiliki bentuk dan wujud yang unik dan menarik
  • Punya legenda yang menjadi asal usul Kota Parapat
  • Berada di tepian Danau Toba yang eksotik
  • Perwujudan seorang gadis bernama Seruni

Legenda dari Batu Gantung di tepian Danau Toba ini berawal dari seorang anak perempuan bernama Seruni. Seruni yang sudah dewasa kemudian dijodohkan oleh orangtuanya dengan pria yang masih merupakan sepupunya sendiri. Seruni yang sebenarnya sudah punya kekasih sangat kecewa dan sedih saat dijodohkan oleh orangtuanya. Dari sini seruni pun terus nampak murung dan selalu merenung di tepian danau selepas dari sawah bersama anjing peliharaan. Di suatu waktu saat ia berada di tepian pantai ia merasa harus mengakhiri hidupnya. Dan tetiba Seruni pun terperosok ke dalam lubang ke arah tebing di tepi Danau Toba. Saat terperosok Seruni merasa bahwa sudah tak ada gunanya minta tolong. Bahkan kerena kemudian terasa batuan di samping kanan dan kirinya terus menghimpit badannya, Seruni malah terus menyuruh bebatuan tersebut merapat. “Parapat...Parapat”, kata Seruni.

Meskipun orangtua Seruni dan para penduduk lantas mendatangi lokasi atas petunjuk si anjing, namun tetap saja Seruni tak tertolong. Seruni tetap saja berseru “Parapat...Parapat” supaya bebatuan di sekelilingnya terus mengimpitnya. Lama kelamaan bebatuan pun menelan habis Seruni. Setelah peristiwa batu yang menelan Seruni, di sisi tebing Danau Toba muncul penampakan batu besar yang menggantung mirip tubuh seorang perempuan. Dari sini penduduk meyakini bahwa batu besar yang menggantung tersebut merupakan perwujudan dari Seruni. Batu yang wujudnya unik dan dikeramatkan ini sendiri kemudian diberi nama “Batu Gantung”. Dan karena perkataan “Parapat...Parapat”saat Seruni terhimpit, maka daerah di sekitar lokasi Batu Gantung ini disebut dengan Parapat.

NEXT PAGE >>

Mybali Tour Package Rp 1,476,000/person @ POP Kuta Beach Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Bali Cultur Heritage termasuk tour sehari penuh, hotel POP Kuta Beach makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

R. Pengasingan

DISTANCE7 km VIEW MORE

 

Kota Parapat di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, memang tidak hanya punya sajian Danau Toba saja. Tapi di sini Anda juga bisa mendapati wisata sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Wisata sejarah yang ada di sini adalah rumah bekas pengasingan Presiden RI pertama Soekarno. Tentu mendatangi rum ...

Bukit Senyum

DISTANCE14 km VIEW MORE

 

Tidak jauh dari Pelabuhan Ajibata dan Kota Parapat Anda bisa mengunjungi sebuah tempat untuk memandang Danau Toba dan sekitarnya dari ketinggian. Nama tempat yang kemudian dikenal dengan sebutan Bukit Senyum Motung ini akan membuat liburan Anda di Toba-Samosir semakin berkesan. ...

Taman Eden 100

DISTANCE20 km VIEW MORE

 

Pesona Taman Eden 100 di Kabupaten Toba Samosir memang seringkali membuat orang terkesima. Maka dari itu Anda yang sudah bosan dengan wisata di Danau Toba, maka Anda bisa datang ke Taman Eden 100 yang memiliki sejuta pesona wisata alam yang menyejukkan mata. Dengan datang ke sini maka liburan Anda d ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Batu Gantung

  • Adat istiadat dan tradisi
  • Mempelajari sejarah
  • Pengamatan pemandangan
  • Hunting fotography

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Anda di wisata Batu Gantung ini bisa melakukan beberapa kegiatan dan aktivitas, seperti :
  • Menikmati naik perahu atau speed boat dari pelabuhan menuju lokasi Batu Gantung.
  • Melihat batu unik yang menggantung di sisi tebing dan mirip seorang gadis.
  • Dengan bantuan pemandu atau guide, Anda bisa mendengarkan cerita dan riwayat dari Batu Gantung ini.
  • Mengabadikan Batu Gantung dengan kamera Anda untuk kenang-kenangan.
  • Menikmati pemandangan Danau Toba yang memang berada di sekitaran lokasi wisata Batu Gantung.

  • Capital City
  • Airport
  • R. Pengasingan
  • Bukit Senyum
  • Taman Eden 100

Akses Menuju Lokasi

Untuk bisa ke lokasi wisata Batu Gantung, Anda harus naik perahu atau speed boat menuju tebing di sebuah sisi Danau Toba. Titik awal pemberangkatan dengan perahu atau speed boat ini adalah dari Pelabuhan Parapat bila Anda memang datang dari sekitaran Kabupaten Simalungun atau dari Pematang Siantar. Anda juga bisa memulai pemberangkatan dari Pelabuhan Tigaraja atau Pelabuhan Ajibata.

Tarif dan Catatan Khusus

Tidak ada tarif yang perlu Anda bayar untuk menikmati wisata Batu Gantung. Anda hanya perlu bersikap sopan dan tak berujar kasar atau berucap dengan kata-kata kotor. Hal ini dikarenakan bila berkata kotor dan bersikap tidak sopan maka bisa saja Anda akan tertimpa kesialan. Berhati-hati dan jaga juga perlengkapan elektronik Anda dari air saat ke Batu Gantung. Hal ini dikarenakan Anda akan naik perahu atau speed boat melewati Danau Toba ketika akan menuju Batu Gantung.

Fasilitas di Objek Wisata

Untuk fasilitas di wisata Batu Gantung ini terbilang tak lengkap. Hal ini dikarenakan wisata Batu Gantung memang berada di tepian Danau Toba yang harus dicapai dengan menggunakan perahu atau speed boat. Jadi sebelum naik perahu atau speed boat usahakan Anda sudah membawa perlengkapan yang dibutuhkan.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Batu GantungSimalungun

Click star to rate Batu Gantung

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 
Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Terima kasih pada Belitungisland.com dan semua anggota tim nya yg sudah membantu perjalanan liburan keluarga saya mulai dari proses reservasi hingga selesai dengan sangat baik, sabar dan ramah, sehingga semua berjalan dengan sangat lancar. Terima kasih banyak untuk tour guide Erick selama liburan di belitung , kami sangat terkesan dengan pelayanannya yang baik, ramah dan sabar. ketepatan waktu dalam mengatur jadwal dan memberikan penjelasan tentang suatu tempat dengan jelas. 😃😘sukses selalu....

    Bu Lingga Indonesia, Jakarta 22 Jul 2014
  • Maaf agak telat kasih kesan-kesan... terima kasih banget buat bang andi dan tim www.belitungisland.com, bulan madu kami terasa berkesan banget, wisata keren, makanannya enak-enak apa lagi kepitingnya waah bikin mau balik kesana lagi, trus yang paling suprise juga waktu candle light dinner ngak nyangka bakalan kaya gitu, sampe salah pake kostum..., makasih ya www.belitungisland.com, terutama buat bang andi yang nemenin Qt selama di Belitung.

    Indri Atmoko Indonesia, Jakarta 16 Jul 2012
  • Terima kasih atas tour yang indah, guide Erik yang sangat expert dalam tugasnya, pokoknya kami sangat puas dan telah merekomendasikan Agen Travel ini ke beberapa teman. Mudah-mudahan bisa kembali lagi ke Babel. Untuk masukan, mohon alat transportasi disesuaikan dengan jumlah peserta, untuk peserta 4 orang, Elf rasanya terlalu besar. Tks, maju terus Belitungisland

    diah Indonesia, Jakarta 16 Jun 2012
  • Menurut saya Belitung itu bagaikan surganya Dunia saya benar2 terpesona dengan keindahan pulau belitung apa lg dengan keramahan orang2 belitung pokoknya belitung itu luar biasa jadi kepingin ke belitung lg neh saya..... :) kepingin honneymoon lg.......:) thank for Belitung Island....... kalian luar biasa........

    Ricky Indonesia, Jakarta 2 Mar 2014
  • Ini benar kampung tapi aku suka sekali~~ Bisa listerhat santai without noise~~~ Makanan enak juga~hotel cukup bagus cuma Di dalam kamar tak ada jumuran yang baju basa tak bisa keringin~ Mas ipung yang gaide orang baik2. Semua mantap~~thx at all~~.

    Jin Indonesia, Jakarta 15 Jun 2015

Airline Partners

Our Corporate Customers