By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Tano Ponggol

Tano Ponggol

Sejarah terbentuknya Pulau Samosir bukan hanya semata karena fenomena vulkanik ribuan tahun lalu. Namun sebagai sebuah pulau (daratan yang dipisahkan oleh perairan), maka Samosir juga punya riwayat lain yang berkaitan dengan Terusan Tano Ponggol. Dengan mengunjungi Terusan Tano Ponggol tentu liburan Anda di Pulau Samsorir akan semakin seru dan berkesan.

Keunikan Tano Ponggol

  • Menjadi sebuah tempat terhubungnya sisi Danau Toba bagian Utara dan Selatan
  • Terusan yang menjadikan Samosir terpisah dari Pulau Sumatera
  • Dibuat dengan menggali tanah sejauh 1,5 km pada zaman kolonial Belanda
  • Menjadi saksi bisu kerja paksa (kerja rodi) di Pulau Samosir

Tano Ponggol atau Tano Magotap dalam bahasa setempat memiliki arti tanah yang dipotong. Tano Ponggol sendiri merupakan sebuah situs jejak sejarah terbentuknya Pulau Samosir. Sebelum menjadi sebuah pulau yang terpisah dengan Pulau Sumatera, Pulau Samosir memang masih satu daratan, terutama di wilayah Pangururan. Di sini dahulu sepanjang 1,5 km daratan Samosir masih bersatu dengan Pulau Sumatera. Karena banyak perahu yang tidak bisa melanjutkan perjalanan mengitari Samosir maka kemudian pihak Belanda membuat sebuah kanal atau terusan yang dikenal dengan nama Tano Ponggol. Tano Ponggol sendiri dibuat dengan maksud agar kedua sisi Danau Toba bisa bertemu satu sama lain sehingga perahu pun bisa mengitari Samosir dari Danau Toba yang sudah bertemu melingkar. Dengan adanya terusan tersebut, terputuslah sudah Samosir dengan daratan Sumatera dan menjadi sebuah pulau tersendiri.

Melalui sebuah kerja paksa tahun 1905, Belanda saat itu membuat Terusan Tano Ponggol dengan mengali tanah sejauh 1,5 km dari Tajur sampai dengan Sitanggang Bau. Terusan Tano Ponggol pun akhirnya jadi dan diresmikan oleh Kerajaan Belanda oleh Ratu Willhelmina pada tahun 1913. Dengan adanya terusan ini maka Samosir pun terpisah dengan Pulau Sumatera. Lalu untuk menghubungkan dua daratan, Pemerintah Belanda membangun jembatan yang awalnya terbuat dari kayu. Tapi karena kebutuhan infrastruktur yang lebih baik dan supaya mobil bisa melintas maka jembatan Tano Ponggol pada tahun 1982 kemudian dibeton dengan panjang sekitar 20 meter. Tidak hanya jembatannya saja yang diperbaiki, namun terusan Tano Ponggol yang juga disebut terusan Willhelmina juga diperdalam dan diperluas agar bisa dilalui oleh kapal besar seperti kapal ferry dan kapal wisata.

NEXT PAGE >>

Mybali Tour Package Rp 1,889,000/person @ The ONE Legian Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Bali Beach & Nature termasuk tour sehari penuh, hotel The ONE Legian makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Pusuk Buhit

DISTANCE2 km VIEW MORE

 

Mata air panas atau dalam bahasa Batak yaitu aek rangat merupakan hal yang menarik untuk dinikmati dengan cara berendam atau mandi. Di wilayah Kota Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumut, Anda bisa menjumpai wisata pemandian air panas (aek rangat) ini di lereng Gunung Pusuk Buhit. Tentu akan sangat me ...

Danau Sidihoni

DISTANCE9 km VIEW MORE

 

Mungkinkah ada danau yang berada diatas danau? Tentu sangat istimewa bila kita bisa menjumpainya. Nah bila ingin mengunjungi fenomena ini Anda bisa mengunjungi Danau Sidihoni yang berada di Pulau Samosir yang merupakan Pulau ditengah Danau Toba. Dengan posisinya yang berada di tengah Danau Toba maka ...

Batu Hobon

DISTANCE11 km VIEW MORE

 

Batu Hobon merupakan satu dari beberapa batu yang dikeramatkan di sekitaran Danau Toba yang dikeramatkan oleh masyarakat suku Batak. Dengan mengunjungi wisata Batu Hobon yang memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri tentu akan membuat liburan Anda di lokasi wisata Pulau Samosir ini jadi lebih m ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Tano Ponggol

  • Pengamatan pemandangan
  • Berpetualang di sekitarnya
  • Mempelajari sejarah
  • Hunting fotography

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Di Terusan Teno Ponggol ini Anda bisa melakukan beberapa kegiatan dan aktivitas seperti :
  • Menikmati pemandangan di sekitar Terusan Tano Ponggol termasuk juga arsitektur jembatannya.
  • Dengan bantuan guide, kita bisa mendengarkan kisah dan sejarah dari riwayat terusan Tano Ponggol ini.
  • Berjalan-jalan di sekitar jembatan Tano Ponggol untuk menyaksikan sisi perairan Danau Toba yang menyatu.
  • Dengan kamera yang Anda bawa Anda bisa mengabadikan segala panorama Terusan Tano Ponggol dan jembatannya untuk kenang-kenangan.

  • Capital City
  • Airport
  • Pusuk Buhit
  • Danau Sidihoni
  • Batu Hobon

Akses Menuju Lokasi

Terusan Tano Ponggol yang berada di Jl. Tele - Pangururan, Kabupaten Samosir ini bisa Anda capai dari Kota Pengururan dengan waktu sekitar 18 menit. Sementara bila Anda datang dari arah Kota Sidikalang maka Terusan Tano Ponggol ini bisa Anda capai dengan waktu sekitar 2 jam. Dan bila Anda datang dari Bandara Silangit maka Anda bisa mencapai Terusan Tano Ponggol ini dalam waktu kurang lebih 2 jam 20 menit.

Tarif dan Catatan Khusus

Karena Terusan Tano Ponggol ini merupakan jalanan umum maka Anda tak perlu membayar tiket masuk. Karena ini jalanan umum, Anda juga harus berhati-hati saat berada di jembatan. Sebab pastinya akan banyak kendaraan yang lalu lalang melintasi jembatan.

Fasilitas di Objek Wisata

Fasilitas yang ada di sini hanya ada penerangan ketika malam hari. Jadi bila Anda ingin menginap karena kemalaman, Anda perlu mendatangi Kota Pangururan. Beberapa fasilitas umum yang lengkap juga bisa Anda dapati di Kota Pangururan yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Samosir.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Tano Ponggol Samosir

Click star to rate Tano Ponggol

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 
Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Terimakasih BIC & team,,liburan yang luar biasa. Kami merekomendasikan BIC kepada teman" yang ingin menikmati keindahan pulau Belitung untuk mempersiapkan liburan anda,, service yg profesional mulai dari pemesanan sampai kepulangan kami,,dipandu oleh tour guide yg luar biasa terimakasih bang memed terimakasih juga buat foto" yg luar biasa hehehe,,owner yg friendly terimakasih Pak Kusuma,,Terimakasih BIC yg selalu mengupayakan terlebih dahulu mskipun cuaca kurang bersahabat,,hotel yg sangat nyaman makanan yang enak fasilitas yg mantap kami sangat puas oleh pelayanan yg diberikan oleh BelitungIsland.com,, sukses terus untuk BIC Dan KampoengDedaun.com semoga selalu menjadi yang terbaik Dan terus menjaga keindahan Alam Belitung,,, Salam hangat dari kami ADHI Dan NITHA Sampai bertemu lagindi lain kesempatan,,

    Adhi Indonesia, Jakarta 23 Dec 2015
  • saya udah dari tahun lalu mau belitung tapi baru bisa bulan september kemarin,, kirain pantai nya bagus,, ternyata saya salah,, pantainya baaaguusssssssss baaaannngeeeeeettttt !!!! temen2 satu trip nya juga seru2 , pak asep dan mba icha marica juga baiiiik &sabar banget jadi fotografer dadakan :P ,,makanan nya enaak apalagi kepiting nya.. hihihi mudah2an saya ada kesempatan ke belitung lagi dan ngajak temen2, masih banyak spot yang belum di datengin..:)

    Dewi Indonesia, Jakarta 14 Sep 2012
  • Unforgetable moment in belitung...makasiii banyak bwt tim belitung island.com..khususnya buat mas iwan yang udah menemani selama honeymoon kami...makasii bwt segala kesabaran, bantuan dan keramahannya, dan saya juga senang bisa berkenalan dengan seluruh tim Belitung Island yang sangat ramah ...pengen rasanya kembali lagi ke Belitung..:-) Belitung memang tempat yang indah...pokoknya recommeded bgt deh...!!

    Dandy Magriby Indonesia, Jakarta 30 Apr 2012
  • hai-hai.. Thank you for belitungisland.com especially for Manca & Iwan thanks for guiding us. Belitung is very Beautiful, we had so much fun there, we love the island, the beach and the food. And of course we have a new friends and we already miss them. Thank u belitungisland.com, thank u Manca, thank u Iwan...

    Novi Syafarina Indonesia, Jakarta 26 Oct 2012
  • Semua tour leadernya ramah dan sangat memprioritaskan kepentingan peserta. Schedule bisa fleksibel sesuai keinginan peserta. Belitungisland.com cukup profesional. They worth your trust in travelling at Belitung.

    indrie Indonesia, Jakarta 15 Nov 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers