By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Bah Damanik

Bah Damanik

Bah Damanik merupakan nama sebuah wisata pemandian alam di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumut. Dengan konsep pemandian bernuansa alam berair jernih, Bah Sidamanik tentu akan menjadi opsi yang tepat untuk Anda berlibur di kawasan sekitar Danau Toba. Hal ini dikarenakan pemandian Bah Damanik memiliki sajian yang sangat mengesankan.

Keunikan Bah Damanik

  • Merupakan pemandian Raja Damanik dan keturunannya pada zaman dulu
  • Airnya berasal dari sumber mata air yang bersih, jernih dan dingin
  • Karena begitu jernihnya, airnya berwarna kebiruan yang memanjakan mata
  • Memiliki beberapa kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda

Pemandian Bah Damanik sendiri sudah ada sejak lama. Berdasarkan riwayatnya, dahulu pemandian ini merupakan tempat Raja Damanik dan keturunan bangsawan mandi. Bah Damanik memang bukan tempat pemandian yang biasa. Sebab di sini pemandiannya sangat alami karena bersumber dari mata air yang begitu bersih dan jernih. Bahkan karena jernihnya, air di Bah Damanik ini terlihat berwarna kebiruan. Meski saat ini Bah Damanik dibuka untuk umum, tapi kelestarian dan kealamiannya masih terjaga dengan baik. Saat ini sendiri Bah Damanik dikelola oleh keturunan dari keluarga Raja Damanik. Selain nama Bah Damanik, ada juga beberapa orang yang menyebut tempat ini dengan sebutan Aek Manik. Dalam bahasa Batak, bah atau aek sama-sama berarti sungai. Bah Damanik memang sebuah pemandian alam berwujud sungai. Namun sungai Bah Damanik mirip seperti kolam renang, karena aliran airnya yang tidak deras atau kencang.

Karena air di pemandian ini berasal dari sebuah sumber mata air, maka saat mandi dan berenang di sini, Anda akan merasakan kesegaran tiada tara. Selain air yang jernih dan kebiruan, di sini Anda juga bisa mendapati pemandangan alam lainnya berupa pepohonan yang rindang dan juga bebatuan alam. Untuk kedalaman di pemandian di Bah Damanik ini terdapat dua yakni kolam dalam untuk dewasa dan kolam dangkal untuk anak-anak. Dengan segala pesona yang amat memanjakan mata, Bah Damanik juga menjadi tempat atau spot yang sangat mumpuni untuk bersantai dan juga melakukan kegiatan fotografi. Bahkan karena begitu kerennya backgroud di sini menjadikan Bah Damanik menjadi tempat wisata yang Instagramable.

NEXT PAGE >>

Jogja Tour Package Rp 2,500,000/person @ Gallery Prawirotaman Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Jogja Budaya termasuk tour sehari penuh, hotel Gallery Prawirotaman makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Bahbutong

DISTANCE2 km VIEW MORE

 

Wisata perkebunan teh memang bisa menjadi alternatif Anda untuk berlibur dan melepas jenuh dan penat. Dengan melihat hamparan hijaunya kebun teh memang akan membuat mata jadi termanjakan dan segar. Bila Anda sedang berada di sekitaran Danau Toba dan ingin berwisata di Kebun Teh, maka Anda bisa datan ...

Simarjarunjung

DISTANCE19 km VIEW MORE

 

Bila Anda pernah ke Wisata Alam Kalibiru di Jogjakarta, maka Anda juga bisa menjumpainya di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Wisata yang menghadirkan pemandangan yang luar biasa indah bernama Bukit Indah Simarjarunjung. Wisata Bukit Indah Simarjarunjung sendiri merupakan wisata yang menghadirka ...

Aek Manigom

DISTANCE24 km VIEW MORE

 

Jika Anda menyukai pemandian alam maka Anda bisa datang ke Pemandian Aek Manigom yang ada di Kabupaten Simalungun. Dengan suasana alam dan sumber air yang alami maka Anda bisa merasakan sensasi mandi dan berendam dengan kesejukan dan kesegaran tiada tara. Jadi jangan lupakan destinasi yang satu ini ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Bah Damanik

  • Berenang
  • Menikmati keindahan alam
  • Minum sambil bersantai
  • Hunting fotography

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Berada di Pemandian Bah Damanik atau Aek Manik ini, pengunjung bisa melakukan beberapa kegiatan dan aktivitas seperti :
  • Mandi dan berenang di kolam pemandian dengan sensasi yang menyegarkan.
  • Naik perahu kayu dan mendayung di area kolam Bah Damanik.
  • Menikmati pemandangan alam yang sangat mempesona di Bah Damanik.
  • Bersantai untuk menghilangkan jenuh dan penat.
  • Anda yang hobi memancing juga bisa melakukannya di sini.
  • Berkemah atau camping serta barbeque di sekitara tempat wisata ini.
  • Menuju area berkemah untuk menyantap ikan bakar.
  • Menonton beberapa monyet yang beratraksi dan bergelantungan di atas pohon.
  • Melakukan kegiatan fotografi dengan hasil yang keren dan Instagramable.

  • Capital City
  • Airport
  • Bahbutong
  • Simarjarunjung
  • Aek Manigom

Akses Menuju Lokasi

Bah Damanik yang berada di Desa Huta Lama, Kecamatan Sidamanik, Kebupaten Simalungun, Sumut ini bisa Anda capai dari Kota Parapat dengan waktu sekitar 1,5 jam. Sementara itu dari Seribudolok, Anda bisa mancapai Bah Damanik dengan waktu kurang lebih 1 jam. Untuk rute perjalanannya sama dengan rute ke wisata Kebun Teh Bahbutong Sidamanik. Namun karena tidak ada petunjuk jalan yang mengarahkan wisatawan ke lokasi, maka Anda harus banyak-banyak bertanya kepada warga jika memang kebingungan mencari lokasi Bah Damanik ini.

Tarif dan Catatan Khusus

Anda tak akan dipungut pembayaran untuk tiket masuk saat ke sini. Tapi bila berkenan Anda bisa menyumbang uang seiklahasnya untuk dana kebersihan dan perawatan pemandian Bah Damanik. Hal ini disebabkan pemandian Bah Damanik ini memang dikelola oleh pihak perorangan dengan biaya sendiri.

Fasilitas di Objek Wisata

Karena dikelola secara swadaya maka fasilitas di Bah Damanik ini terbilang belum terlalu baik. Beberapa fasilitas yang bisa dijumpai saat ini adalah area parkir, tempat duduk untuk bersantai, tempat ganti baju dan tempat berteduh sederhana. Namun rencananya dalam beberapa waktu kedepan pengelola akan menambahkan beragam fasilitas pendukung wisata.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Bah DamanikSimalungun

Click star to rate Bah Damanik

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 
Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • What an Amazing and Awesome Journey..! Speechless begitu kami tiba dan melihat keindahan pantai di Belitung. Must visit place..! Pantainya, Pulau Lengkuasnya, dan yang unique... Danau Kaolin-nya indaaaahh bangeeettt... Thanks a lot juga buat Belitungisland.com yang sudah menemani kami dengan sangat baik.. two thumbs up..!! Thanks buat Mas Asep yang rela mondar mandir ke bandara demi kami ya...hahaha.. Rasanya gak cukup sekali ke Belitung.. next time harus dikunjungi ulang... :)

    jeany shanti devi Indonesia, Jakarta 20 Jan 2012
  • Belitung emang top bangetz... Keindahannya tidak kalah dengan tempat lain. terima kasih kepada belitungisland.com yang sudah menyediakan program tour yang bagus ini, terima kasih buat mbak santy, bang erick yang sudah mau mengguide kami dan jadi fotographer dadakan :), thanks untuk tempat2nya yang bagus-bagus, kolam bidadari, padang rumput yang ternyata nggak bikin gatal yach bang :). pokoknya kami puas jalan-jalan ke belitung.

    Maya dkk Indonesia, Jakarta 8 Jul 2011
  • kalau yg sudah pernah ke Belitung aja masih ingin kembali, apakah yg belum pernah ke Belitung tidak penasaran? Pak Manca, sy udh kangen pantai Belitung dengan kepiting rajungannya.. :D Pak Kusumah, semoga tambah sukses selalu, sy pasti balik ke Belitung lagi..

    gunawan saputra Indonesia, Jakarta 4 May 2011
  • Ini trip pertama kami ke Belitung. Sangat menyenangkan, pantai yang cantik dan belum pernah kami lihat pemandangan secantik dan seindah ini. Terima Kasih Bang Rizal sebagai guide kami, sukses selalu Tim Belitung Islands ;)

    asteria Indonesia, Jakarta 21 Jan 2012
  • Belitung kereeennn... Terima kasih Belitungisland.COM atas perjalanannya yang menyenangkan dan seneng banget dapat teman baru Mas Manca dan Mas Iwan.. you are the best deh pokoknya ;) pengen kesana lagi...

    Ika Indonesia, Jakarta 26 Oct 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers