By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Sicike-cike

Sicike-cike

Ternyata bukan hanya Danau Sidihoni atau Danau Aek Natonang yang bisa dijumpai di sekitaran Danau Toba. Namun di Kabupaten Dairi, Anda bisa menjumpai satu lagi danau eksotik. Bahkan di Danau Sicike-cike ini terdapat tiga danau yang letaknya terpisah namun saling berdekatan. Dengan konsep kawasan konservasi maka Anda wisata Danau Sicike-cike akan semakin menarik untuk mengisi waktu libur.

Keunikan Sicike-cike

  • Memiliki cerita dan kisah terjadinya Danau Sicike-cike
  • Memiliki tiga buah danau yang lokasinya terpisah namun berdekatan
  • Banyak dijumpai banyak flora dan fauna yang unik
  • Merupakan kawasan konservasi yang dilindungi

Terbentuknya Danau Sicike-cike sendiri menurut legenda memiliki kisah tersendiri. Jadi sebelum menjadi danau, Sicike-cike adalah sebuah perkampungan. Namun sebuah kejadian yang menimpa seorang wanita yang merupakan istri raja membuat semuanya berubah. Konon ceritanya isteri kedua dari sang Raja bernama Bru Saraan tidak ikut raja dan rakyat yang sedang menanam padi di perkebunan sang Raja. Bru Saraan sendiri tidak bisa ikut karena sudah tua dan tidak mampu berjalan. Saat tinggal dirumah, Bru Saraan tidak disediakan makanan oleh keluarganya. Entah karena lupa atau terlalu sibuk menanam padi, raja dan masyarakat pun lupa kepada Bru Saraan. Karena itu Bru Saraan pun kelaparan dan merasa sedih karena tidak ada yang mengantarkan makanan kepadanya. Saat kesedihannya memuncak, Bru Saraan pun menangis dan mengadu nasibnya pada sang Pencipta. Sesaat langit pun mendung pekat disertai angin yang kencang. Hujan deras pun tak terhindarkan sampai membuat kampung tenggelam dan menjadi danau. Meski hanya sebuah mitos, namun misteri kampung yang tenggelam menjadi danau ini bisa jadi mungkin nyata karena banyak orang yang menjumpai rumah di dasar danau

Berada di ketinggian 1.500-2.000 mdpl, Danau Sicike-cike menghadirkan udara sejuk dan suasana nyaman. Topografi atau keadaan meda di Danau Sicike-cike sendiri didominasi tanah yang bergelombang. Namun demikian di area wisata Danau Sicike-cike ini memiliki banyak keanekaragaman hayati yang kaya. Dengan dukungan kawasan hutan hujan tropis di sini memang menjadikan Sicike-cike pun menjadi Taman Wisata Alam yang juga menghadirkan konsep ekowisata. Beberapa keanekaragam flora yang bisa didapati di Taman Wisata Alam Sicike-cike antara lain Kecing (Quercus sp), Samponus bunga (Dacrydium junghuhnii), Haundolok (Eugenia sp), Kemenyan (Styrax benzoin) dan lainnya. Sementara untuk fauna di sini yang bisa dijumpai adalah Burung Enggang, Harimau, Beruang Madu, Siamang, Babi Hutan, Musang, Rusa, Kambing Hutan, Itik Liar dan lain sebagainya. Dari segala kekayaan hayati yang ada maka Taman Wisata Alam Sicike-cike ditetapkan sebagai kawasan konservasi yang harus dilindungi.

NEXT PAGE >>

Banyuwangi Tour Package Rp 2,010,000/person @ Mahkota Genteng Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Banyuwangi Utara termasuk tour sehari penuh, hotel Mahkota Genteng makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Taman Iman

DISTANCE10 km VIEW MORE

 

Berlibur ke sekitaran Danau Toba jangan hanya menikmati wisata alam atau kuliner saja. Namun di sini Anda juga bisa menikmati wisata religi yang bisa memperkuat rasa keimanan Anda kepada Tuhan YME. Salah satu tempat wisata religi yang bisa Anda datangi di sekitaran Danau Toba adalah Taman Wisata Ima ...

Sampuran Efrata

DISTANCE40 km VIEW MORE

 

Air Terjun Eftara atau juga dikenal dengan nama Sampuran Efrata adalah objek wisata air terjun yang berada di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Air terjun yang tergolong baru ini bisa jadi destinasi menarik untuk kamu yang sedang berlibur di sekitaran Danau Toba. ...

Pandang Tele

DISTANCE43 km VIEW MORE

 

Salah satu spot terbaik untuk melihat indahnya Danau Toba adalah dari sebuah menara bernama Menara Pandang Tele. Dari menara ini kita akan bisa melihat Danau Toba dengan view atau sudut pandang yang berbeda. Tentunya dengan berkunjung ke menara ini akan membuat Anda akan lebih terkesima dengan elok ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Sicike-cike

  • Berpetualang di sekitarnya
  • Pengamatan pemandangan
  • Berpetualang sambil berjalan
  • Hunting fotography

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Di kawasan danau dan Taman Wisata Alam Sicike-cike ini Anda bisa melakukan beberapa kegiatan dan aktivitas seperti :
  • Menikmati keindahan dan keelokan dari ketiga Danau Sicike-cike.
  • Trekking menjelajahi area Taman Wisata Alam Sicike-cike.
  • Mempelajari aneka ragam flora dan fauna yang ada di Taman Wisata Alam Sicike-cike.
  • Berkemah atau camping bersama teman-teman bagi Anda yang menyukai petualangan.
  • Melakukan kegiatan fotografi dengan banyak latar yang menarik untuk kenang-kenangan.

  • Capital City
  • Airport
  • Taman Iman
  • Sampuran Efrata
  • Pandang Tele

Akses Menuju Lokasi

Taman Wisata Alam Sicike-cike yang berada di Dusun Pancur Nauli Desa Lae Hole II Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi, Sumut ini bisa Anda capai dari Kota Sidikalang dalam waktu sekitar 40 menit. Sementara itu dari Kota Pangururan perjalanan menuju Taman Wisata Alam Sicike-cike dapat dicapai dalam waktu sekitar 2 jam. Untuk akses jalan menuju ke Taman Wisata Alam Sicike-cike terbilang sudah lumayan baik dan bisa dilintasi dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Catatan Khusus

Karena ini adalah kawasan konservasi yang dilindungi maka saat berada di sini Anda wajib menjaga kelestariannya. Jangan membuang sampah sembarangan dan juga jangan membuat kerusakan di sana- sini. Apabila merencanakan camping maka Anda wajib memastikan tidak ada api yang masih menyala saat ditinggalkan karena bisa menyebabkan kebakaran hutan.

Fasilitas di Objek Wisata

Untuk fasilitas di Taman Wisata Alam Sicike-cike ini memang belum terlalu memadai. Maka dari itu untuk lebih nyaman disarankan Anda membawa segala perlengkapan yang dibutuhkan. Jangan lupa juga membawa persediaan makan dan minuman, terutama bila Anda merencanakan berkemah (camping).

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Sicike-cikeDairi

Click star to rate Sicike-cike

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 
Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Saya pasti akan kembali menjejak bumi Laskar Pelangi bersama lebih ramai teman agar mereka juga dapat menikmati apa yang telah saya nikmati sepanjang 4 hari di Belitung. Jika sebelum ini keindahan Pulau Belitung hanya dapat saya gambarkan di layar perak, kini keindahan tersebut berada di depan mata sambil menghirup udara segar sambil meminum air kelapa muda, menghirup kopi di kota yang digelar Kota Seribu Kopi, melompat dari satu pulau ke satu pulau dan melihat anak-anak ikan berkejaran.

    Muzaffar Mustapa Malaysia 28 Sep 2011
  • Pitutur.... Bukan sekedar tentang Keindahan, Bukan sekedar tentang Kenikmatan, Bukan sekedar tentang Bercerita, juga bukan sekedar tentang Cinta. Tapi tentang Semuanya..... Akhirnya menambah perbendaharaan cerita tentang aku, kita, Indonesia dan Tuhan. I love Indonesia Terima kasih buat Blitong dan semuanya, terima kasih jg buat bang Yadi (Edeng) atas persahabatan dan Kekeluargaannya. Terima kasih... Sampai ketemu lagi.....

    Zuhdan Ali Hudaya Indonesia, Jakarta 22 Mar 2013
  • Wisata ini merupakan salah satu wisata bermanfaat untuk lebih mengenal wilayah kepulauan negeri kita. Penuh panorama pantai-pulau yang masih alami. Panasnya matahari dan capainya badan terobati menikmati pemandangan yg mempesona.

    erni muthalib Indonesia, Jakarta 18 Mar 2011
  • Belitungisland.com TOP! Kalau pergi sendiri pasti bingung bagaimana atur rencana perjalanan. Pantai2 yang dikunjungi indah sekali, terutama Tj. Tinggi dan yang di pulau2, sangat berkesan. Salam untuk Yadi. Margareth & Fifi

    Margareth Siahaan Indonesia, Jakarta 11 Sep 2011
  • Kami merasa sangat puas atas tour ini, dan mudah2an bisa kembali lagi ke Belitong. Kami juga mengucapkan terima kasih boeat Mas Rizal yg telah memandu kami selama di Belitong.

    M Farid Iskandar Indonesia, Bandung 1 Jul 2011

Airline Partners

Our Corporate Customers