By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Bendungan Pice

Bendungan Pice

Bendungan Pice bukanlah bendungan biasa saja. Sebab Bendungan Pice ini merupakan peninggalan dari Belanda yang sangat bersejarah. Jadi mengunjungi Bendungan Pice ini bukan hanya akan membuat kita melihat arsitekturnya saja, tapi di sini kita juga bisa belajar sejarah dari berdirinya Bendungan Pice tersebut.

Keunikan Bendungan Pice

  • Merupakan bangunan bendungan peninggalan zaman Kolonial Belanda
  • Memiliki kisah dan riwayat dari penambangan timah di Belitung Timur
  • Tempat memancing dan bersantai optimal di sore hari
  • Memiliki pemandangan untuk bisa menghilangkan jenuh dan penat

Seperti disebutkan di atas bahwa Bendungan Pice ini sudah ada sejak zaman Belanda. Pembangunan Bendungan Pice ini sendiri berlangsung dari tahun 1934 – 1936. Arsiteknya saat itu adalah seorang Belanda bernama Sir Vance. Dari nama arsitek inilah kemudian muncul nama Benungan Pice setelah banyak orang yang sulit mengeja nama arsitekturnya dengan baik. Versi lain menyatakan bahwa nama Bendungan Pice ini muncul orang Cina dimana Pice atau Phice memiliki arti yang berhubungan dengan bendungan yang berarti pintu air. Dengan riwayat panjangnya ini tentu Bendungan Pice bisa Anda jadikan destinasi wisata yang menarik saat Anda berlibur ke Pulau Belitung, khususnya Belitung Timur. Apalagi setelah Bendungan Pice direnovasi tahun 2015 semakin menjadikan bendungan ini menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata dan spot fotografi.

Dengan panjang sekitar 79 meter dan pintu air yang berjumlah 16, Bendungan Pice dulunya digunakan untuk mengatur jumlah debit air Sungai Lenggang yang kemudian nantinya akan mempermudah sistem kerja kapal keruk melakukan eksplorasi tambang timah di sekitar kawasan ini. Namun setelah PT. Timah di Belitung ini bangkrut maka Bendungan Pice digunakan untuk keperluan irigasi bagi lahan dan tanah pertanian di sekitarnya. Selain sebagai sarana pengairan, Bendungan Pice juga berfungsi sebagai jembatan penghubung menuju Desa Cangguh. Suasana paling ramai di bendungan ini biasanya ada pada saat sore hari. Pada sore hari memang banyak masyarakat yang melakukan aktivitas mancing atau hanya sekedar bersantai melepas jenuh di sekitaran Bendungan Pice ini.

NEXT PAGE >>

Belitung Tour Package Rp 1,931,000/person @ Billiton Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Belitung Fotografi termasuk tour sehari penuh, hotel Billiton makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Museum Kata

DISTANCE1 km VIEW MORE

 

Pariwisata di Belitung benar-benar booming dimulai tahun 2008 setelah peluncuran film fenomenal Laskar Pelangi. Film ini sudah ditonton lebih dari 6 juta orang dan menjadi film box office paling terkenal dalam sejarah perfilman di Indonesia. Film ini diambil dari kisah novel Laskar Pelangi, yang jug ...

Bukit Samak

DISTANCE22 km VIEW MORE

 

Tidak jauh dari Pantai Nyiur Melambai, Anda bisa menjumpai sebuah spot atau tempat pemandangan yang menarik bernama Bukit Samak. Bukit Samak yang juga disebut A1 ini memang menjadi tempat yang tepat untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan atau berfoto dengan background pantai, laut serta Kota Ma ...

Danau Mempaya

DISTANCE34 km VIEW MORE

 

Bila Anda sedang melakukan perjalanan dari Kota Tanjung Pandan ke Manggar maka Anda bisa singgah ke destinasi wisata Danau Mempaya. Lokasi Danau Mapaya yang berada dekat dari jalan raya Tanjung Pandan – Manggar ini memang akan disayangkan bila dilewatkan begitu saja. Kisah dan pesona Danau Mempaya ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Bendungan Pice

  • Pengamatan pemandangan
  • Mempelajari sejarah
  • Hunting fotography
  • Berpetualang di sekitarnya

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Anda di Bendungan Pice ini bisa melakukan beberapa kegiatan dan aktivitas seperti :
  • Melihat-lihat arsitektur Bendungan Pice yang dibangun oleh arsitek Belanda bernama Sir Vance.
  • Melihat panorama dan pemandangan di sekitar Bendungan Pice yang mempesona.
  • Bagi Anda yang hobi memancing, Anda bisa melakukannya di sini untuk mendapatkan ikan cempedik yang hanya dijumpai di Sungai Lenggang.
  • Dengan bantuan guide atau pemandu wisata, Anda bisa mendengarkan kisah dan sejarah dari berdirinya Bendungan Pice ini.
  • Menikmati sore hari yang damai dan tenang di Bendungan Pice.
  • Berfoto-foto dengan latar belakang Bendungan Pice untuk kenang-kenangan.

  • Capital City
  • Airport
  • Museum Kata
  • Bukit Samak
  • Danau Mempaya

Akses Menuju Lokasi

Bendungan Pice ini sendiri berada di wilayah Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung. Lokasinya sangat dekat dengan Museum Kata Andrea Hirata dan Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi. Untuk Anda yang berangkat dari Kota Manggar maka Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sementara dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, Bendungan Pice ini bisa dicapai dalam waktu sekitar 1 jam. Untuk akses jalan menuju ke Bendungan Pice ini terbilang sudah baik. Anda pun bisa ke sini dengan kendaraan roda dua atau roda empat.

Tarif dan Catatan Khusus

Tidak ada tarif yang perlu Anda bayar untuk masuk dan menikmati wisata Bendungan Pice ini. Anda hanya diharuskan menjaga kebersihan dan kelestarian di sekitar bendungan. Berhati-hatilah juga saat menjelajah bendungan jangan sampai terpeleset dan terjatuh ke sungai.

Fasilitas di Objek Wisata

Fasilitas di kawasan wisata Bendungan Pice ini terbilang sudah baik. Hal ini dikarenakan ada renovasi yang dilakukan Pemerintah Daerah tahun 2015. Beberapa fasilitas yang ada di sini yakni area parkir yang luas, tempat duduk bertutup payung dan juga tempat makan dan minum di sekitar bendungan.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Bendungan PiceBelitung Timur

Click star to rate Bendungan Pice

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Terima kasih Belitungisland yang sudah memfasilitasi kami dalam menikmati indahnya alam Belitong. Pelayanan yang informatif dan kooperatif. Layanan on line sangat membantu kami. Sambutan hangat kami terima saat tiba di Bandara Hannandjuddin hingga akhir liburan. Penginapan pun nyaman dan tawaran kuliner yang menarik. Memang waktu 3 hari terasa kurang untuk menikmati semua dari Belitung Barat hingga Timur: Pantai Kelayang, Pulau Lengkuas (an amazing nature), Gantong dll. Well miss Belitong

    Rofi Indonesia, Jakarta 17 Jan 2011
  • thanks to mba shanti, rendy dan Mas Rizal untuk kunjungan kedua kalinya ke belitung, dan kedua kalinya juga saya menggunakan jasa dari belitung island, service yang diberikan cukup memuaskan, itenerary available, Mas Rizal sebagai tour guide tepat waktu, sangat membantu memberikan informasi, dan memberikan rasa aman, kunjungan kedua tetap mengesankan, pasir dan pantainya tetap bersih, snorkelingnya mengesankan..hotel biliton bersih dan pelayanannya ramah..thanks to all :-)

    Herlinda Indonesia, Jakarta 13 Aug 2015
  • Pulau Belitung menawarkan keindahan pantai yg luar biasa, kuliner yg lezat, dan keramahan penduduknya. Pantai di Belitung sgt unik krn batu2 granit berukuran raksasa dan pasir putih serta airnya yg bening dan tenang. Keunikan ini adlh satu2nya d dunia. Makanan khasnya bernama gangan yg merupakan kepala ikan ketarap dimasak bumbu kuning(sm skali tdk amis!). Rasanya sangat lezat!kami bruntung krn memilih tur yg tepat dan tentunya tour guide yg sgt profesional dan ramah.

    Jessica Ignacia Indonesia, Jakarta 1 Sep 2012
  • Pagi2 sudah dijemput Bang Rizal utk visit danau kaolin, tepatnya bekas penggalian terbuka yang ditinggalkan begitu saja oleh perusahaannya penambangnya. Biarpun alam menjadi rusak, tetapi pemandangan Belitung selalu indah.

    Indra Bhuana Indonesia, Jakarta 1 Jul 2011
  • Belitung sangat indah dan saya sangat menikmati liburan kali ini. Tapi lain kali mungkin saya lebih cermat lagi memilih bagaimana melewatkan libur dengan paket tour publik.

    Raisa Indonesia, Jakarta 15 Nov 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers