By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Museum Bali

Museum Bali

Berkunjung ke Museum Bali akan menjadi hal yang menarik jika Anda sudah bosan dengan wisata pantai. Museum Bali yang berada di Kota Denpasar ini adalah museum yang dikelola oleh pemprov provinsi Bali. Datang ke Museum Bali akan membuat Anda mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan manusia, terutama masyarakat Bali dari waktu ke waktu.

Keunikan Museum Bali

  • Merupakan museum yang legendaris karena sudah ada sejak tahun 1910
  • Ada keterlibatan dari Raja-Raja Bali dalam pembangunannya
  • Memiliki beberapa koleksi tentang perkembangan masyarakat Bali dari waktu ke waktu
  • Kini telah dikelola oleh pemerintah Indonesia dibawah dinas pendidikan dan kebudayaan

Museum Bali ini berdiri atas inisiatif seorang asisten residen Bali selatan (1909-1913) bernama W.F.J Kroon. Pembangunan museum sendiri dimulai dari tahun 1910 dimana diawali dari gedung arca. Dalam pembangunan Museum Bali tersebut ada tiga orang arsitek yang bekerja yakni I Gusti ketut Rai, I Gusti Gede Ketut Kandel, dan seorang warga negara Jerman yaitu Curt Grundler. Untuk biayanya pembangunan gedung Arca saat itu, Raja-Raja di Bali yakni Raja Karangasem, Raja Buleleng dan Raja Tabanan yang sedang berkuasa ikut membiayai. Kemudian di tahun 1930, koleksi Museum Bali semakin bertambah ketika pimpinan dinas purbakala Bali bernama W.T Sttuterhim ikut mengisi gedung Arca ini dengan peninggalan etnografi.

Karena gedung Arca yang menjadi cikal bakal Museum Bali ini terus berkembang, maka pada tahun 1932 dibentuk sebuah yayasan untuk pengelolaan museum. Kemudian di tahun yang sama yakni akhir tahun 1932, akhirnya gedung arca diresmikan sebagai Museum Bali dan dibuka untuk umum.Selanjutnya, pada 5 Januari 1965, Museum Bali diambil alih oleh pemerintah Indonesia untuk kemudian diserahkan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Setelah dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Museum Bali diberi nama yang lebih lengkap yaitu Museum Negeri Provinsi Bali. Beberapa koleksi yang dimiliki Museum Bali secara umum yaitu peralatan upacara keagamaan dan adat, koleksi etnografika seperti peralatan manusia sejak masa pra sejarah dan juga kesenian dan kebudayaan masyarakat Bali dari waktu ke waktu.

NEXT PAGE >>

Mybali Tour Package Rp 1,826,000/person @ Wyndham Garden Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Bali Beach & Nature termasuk tour sehari penuh, hotel Wyndham Garden makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

M. Sidik Jari

DISTANCE3 km VIEW MORE

 

Museum Lukisan Sidik Jari bukanlah sebuah tempat yang menyimpan atau memiliki koleksi sidik jari orang terkenal. Namun museum ini adalah sebuah tempat yang menyimpan beberapa lukisan yang unik karya I Gusti Ngurah Gede Pemecutan yang dibuat dengan cara unik yakni dengan menggunakan sidik jari. Tentu ...

Big Garden C.

DISTANCE6 km VIEW MORE

 

Sebuah tempat wisata baru yang menarik bernama Big Garden Corner kini bisa Anda kunjungi di Kota Denpasar, Bali. Dengan sajian beragam latar foto yang mempesona maka kegemaran atau hobi fotografi Anda di Big Garden Corner akan bisa tersalurkan dengan maksimal. Di Big Garden Corner ini memang banyak ...

Upside Down

DISTANCE8 km VIEW MORE

 

Anda sangat suka dengan kegiatan fotografi hingga sering memburu tempat-tempat yang Instagramable? Jika Anda memang suka dengan fotografi dan sedang berada di Bali maka datang ke Upside Down World akan menjadi sebuah referensi tepat untuk mendapatkan konsep foto yang menarik dan keren. ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Museum Bali

  • Pengamatan pemandangan
  • Mempelajari sejarah
  • Berpetualang di sekitarnya
  • Hunting fotography

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Anda di Museum Bali ini bisa melakukan beberapa kegiatan dan aktivitas seperti :
  • Melihat-lihat beragam koleksi yang dimiliki Museum Bali tentang perkembangan masyarakat Bali dari masa ke masa.
  • Mengunjungi beberapa ruang atau gedung yaitu Gedung Buleleng, Gedung Karangasem dan Gedung Tabanan.
  • Dengan bantuan guide atau pemandu wisata, Anda bisa mendapatkan banyak informasi dari riwayat Museum Bali dan juga kisah sejarah tentang perkembangan masyarakat Bali.
  • Bagi Anda yang ingin menikah, maka bisa menggunakan tempat ini sebagai spot foto pre-wedding, dengan melakukan perizinan dulu.
  • Mendokumentasikan segala pemandangan yang ada di Museum Bali untuk kenang-kenangan.

  • Capital City
  • Airport
  • M. Sidik Jari
  • Big Garden C.
  • Upside Down

Akses Menuju Lokasi

Museum Bali ada di Jalan Mayor Wisnu Nomor 1, Denpasar Bali. Karena berada di pusat kota Denpasar, tentu Anda tak perlu mengkhawatirkan soal akses jalannya yang memang sudah baik dan mudah. Dari Bandara Ngurah Rai Anda bisa membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di Museum Bali.

Tarif dan Catatan Khusus

Tiket masuk ke Museum Bali ini terbilang murah yakni Rp 5.000/orang. Bagi Anda yang ingin melakukan foto pre-wedding di sini maka Anda akan dikenakan biaya lain yakni sebesar Rp 150.000. Perhatikan jam buka Museum Bali yakni dari jam 08.00-15.00 WITA pada hari Minggu hingga Kamis. Sedangkan pada hari Jum’at, jam buka Museum Bali yakni dari jam 08.00-12.30 WITA. Untuk hari Sabtu dan tanggal merah, Museum Bali tidak buka alias tutup.

Fasilitas di Objek Wisata

Karena sudah dikelola oleh pemerintah melalui dinas pendidikan dan kebudayaan, maka fasilitas di Museum Bali ini terbilang sudah baik. Hal ini bisa terlihat dari beberapa hal yaitu area parkir yang luas, toilet, kantin, area perpustakaan dan laboratorium. Untuk penginapan atau hotel, bisa Anda dapati dengan mudah di sekitar area museum.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Museum BaliDenpasar

Click star to rate Museum Bali

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Thank you, Belitungisland.COM! We had a great experience with you in exploring Belitung. Belitung is indeed a MUST if you are planning to go for a beach vacation. It is a beautiful, pure and serene place to enjoy our amazing nature. Youll be able to enjoy the set of Laskar Pelangi movie here too, including the beaches and the school. Not to forget, Museum Kata by Andrea Hirata, the author of Laskar Pelangi novel series. Belitung is where you can discover arts, panorama and delicious seafood!

    Brenda Puspita Indonesia, Jakarta 14 Aug 2015
  • Liburan di Belitung luar biasa dan sangat mengesankan meskipun waktu main ke pulau cuaca agak kurang bersahabat alias mendung+hujan... Thanks a lot buat Om Erick yg sangat ramah dan slalu setia menemani my family waktu disana. Someday kami akan visit lagi ke belitung. Salam buat team belitungisland dan Om Erick...

    Jea Family Indonesia, Jakarta 26 Jun 2011
  • Excellent tour, beautiful view... Were really satisfied for the service from belitungisland.com.. Especially for our tour guide, Mr. Hendro.. We really appreciate your company for our prewedding photo session.. Thank you...

    Feli Indonesia, Jakarta 15 Apr 2013
  • Untuk Liburan mengasyikan, banyak objek-objek untuk di foto... Untuk makanan harus cobain gangan kepala ikan di Congbu dan udang goreng nya bener-bener maknyusss... jempol dee liburan di Belitung. :D

    Joseph Chandra Indonesia, Jakarta 17 May 2012
  • Kami merasa sangat puas atas tour ini, dan mudah2an bisa kembali lagi ke Belitong. Kami juga mengucapkan terima kasih boeat Mas Rizal yg telah memandu kami selama di Belitong.

    M Farid Iskandar Indonesia, Bandung 1 Jul 2011

Airline Partners

Our Corporate Customers