By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Seme Wayah

Seme Wayah

Seme Wayah adalah sebuah tempat pemakaman adat yang ada di Desa Trunyan, Kabupaten Bangli, Bali. Pemakaman di Seme Wayah ini terbilang sangat unik karena berbeda dengan kebiasaan tradisi umum pemakaman di Bali yakni Ngaben. Pemakaman di Seme Wayah ini sendiri adalah dilakukan dengan cara menaruh jenazah di tanah dangkal berbentuk cekungan panjang.

Keunikan Seme Wayah

  • Berada di Desa tertua di Bali yakni Desa Trunyan
  • Memiliki pemakaman yang unik dengan cara letakkan di tanah
  • Ada pohon besar Taru Menyan yang mengeluarkan bau wangi
  • Berada di tepian Danau Batur yang memiliki panorama indah

Sajian utama di Seme Wayah ini memang adalah pemakaman adat penerus darah keturunan Bali Aga di Desa Trunyan. Di sini orang yang meninggal tidak dimakamkan dengan mengubur atau dibakar dalam upacara Ngaben seperti umumnya adat Bali. Tapi pemakaman warga Desa Trunyan di Seme Wayah ini dilakukan dengan membiarkan jenazah membusuk di tanah pada sebuah tempat khusus bernama Seme Wayah. Meskipun di sini jenazah dibiarkan begitu saja tapi anehnya tidak ada bau busuk yang tercium. Hal ini diyakini disebabkan adanya pohon besar yang mengeluarkan bau wangi bernama Taru Menyan. Dari keberadaan pohon inilah juga maka desa lokasi Seme Wayah ini disebut dengan Desa Trunyan atau Desa Tarunyan.

Taru Menyan sendiri terdiri dari dua kata yakni Taru berarti pohon dan Menyan yang berarti wangi. Dari wangi Pohon Taru Menyan inilah diyakini bau busuk dari jenzah dinetralisir. Dalam pemakaman adat di Desa Trunyan ternyata tidak semua jenzah di tempatkan di Seme Wayah. Karena hanya warga yang meninggal secara wajar saja yang dimakamkan di Seme Wayah. Tapi bila warga meninggal tidak wajar seperti karena kecelakaan maka jenazahnya akan ditempatkan di Seme Bantas. Dan satu lagi pemakaman di Desa Trunyan yakni Seme Muda yang merupakan tempat pemakaman untuk bayi dan anak kecil serta orang dewasa yang belum menikah. Pemakaman di Seme Wayah sendiri memiliki mitos yaitu bila banyak berbuat dosa maka pembusukannya akan lama. Sedangkan untuk mayat yang tidak banyak berbuat dosa maka pembusukannya akan cepat.

NEXT PAGE >>

Mybali Tour Package Rp 1,369,000/person @ The Aromas of Bali Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Bali Art Explorer termasuk tour sehari penuh, hotel The Aromas of Bali makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Danau Batur

DISTANCE1 km VIEW MORE

 

Wisata Danau Batur memang memiliki pesona yang begitu menarik untuk dikunjungi. Bukan karena hanya panorama indah dan suasananya yang begitu asri. Tapi di sini Anda bisa melakukan beberapa kegiatan menarik yang akan membuat liburan jadi lebih berkesan. Jadi berkunjung ke sini pastinya akan menjadi p ...

Diving Tulamben

DISTANCE25 km VIEW MORE

 

Bagi Anda yang hobi snorkeling dan diving atau menyelam tentu Anda tak boleh melewatkan pantai yang satu ini yaitu Pantai Tulamben. Pantai yang ada di sisi Timur Pulau Dewata ini tentu akan menjadi spot snorkeling dan diving yang optimal karena sudah dikenal sebagai destinasi kegiatan bawah air terb ...

Rumah Tulamben

DISTANCE33 km VIEW MORE

 

Rumah Pohon memang merupakan tempat wisata yang kini semakin digemari dibeberapa tempat. Di Kabupaten Karangasem, Bali sendiri ada dua Rumah Pohon yang bisa Anda kunjungi dalam kegiatan liburan yakni Rumah Pohon Temega dan Rumah Pohon Tulamben. Nah kali ini kita bahas dulu Rumah Pohon Tulamben atau ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Seme Wayah

  • Adat istiadat dan tradisi
  • Mempelajari sejarah
  • Pengamatan pemandangan
  • Berpetualang di sekitarnya

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Wisatawan di pemakaman adat Seme Wayah ini bisa melakukan beberapa kegiatan seperti :
  • Melihat pemandangan pemakanan adat yang unik.
  • Dengan bantuan guide, Anda bisa mendapatkan kisah, sejarah dan wawasan mengenai pemakaman adat Desa Trunyan.
  • Mengambil foto-foto di pemakaman adat Desa Trunyan.
  • Bersantai di tepian Danau Batur karena lokasinya pemakanan yang dekat dekat dengan Danau Batur.

  • Capital City
  • Airport
  • Danau Batur
  • Diving Tulamben
  • Rumah Tulamben

Akses Menuju Lokasi

Seme Wayah ini berada di Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Untuk mencapai tempat pemakaman adat ini ada dua pilihan jalur yang bisa ditempuh. Pilihan pertama adalah jalur darat dengan melewati Desa Penelokan yang akan memakan waktu sekitar 45 menit. Sementara itu jalur kedua adalah jalur perairan yakni menyeberangi Danau Batur. Pada jalur kedua ini sendiri ada dua opsi lagi yang bisa dipilih yakni dari Pelabuhan Kedisan yang akan memakan waktu sekitar 45 menit dan menyeberang dari Desa Trunyan dengan waktu sekitar 15 menit.

Tarif dan Catatan Khusus

Untuk masuk ke lokasi pemakaman Seme Wayah ini, Anda bisa menyumbang donasi uang seikhlasnya yang akan digunakan untuk pengembangan wisata. Untuk sewa perahu menyeberangi Danau Batur Anda harus menyiapkan sejumlah uang sebesar Rp 500.000 untuk pulang-pergi. Tarif sewa ini sendiri sudah termasuk jasa pemandu. Karena tempat ini merupakan sebuah pemakaman adat yang dikeramatkan maka Anda diharuskan menjaga sikap, ucapan dan etika.

Fasilitas di Objek Wisata

Karena pemakaman Trunyan ini terletak agak jauh dari pusat Desa Trunyan, membuat fasilitas yang ada di sini kurang begitu mumpuni. Maka bila Anda berencana lama di Seme Wayah ini maka untuk menghindari perut keroncongan, Anda perlu membawa makanan dan minuman dari tempat pemberangkatan.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Seme WayahBangli

Click star to rate Seme Wayah

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Sangat puas dengan tour bersama Belitungisland.COM, sehingga kami dapat menikmati keindahan P Belitung Acara menarik, guide ramah & sangat membantu , sehingga meskipun cuaca kurang bersahabat, tour dpt berjalan lancar dan memuaskan. Juga hidangan makan siang, malam sangat lezat, cocok untuk penggemar seafood. Muungkin lain kali bisa ditambah dg VCD ttg wisata BB.

    widyastuti Indonesia, Surabaya 16 Dec 2011
  • Hello, Atas nama teman2 peserta trip fotografer (trip P3861), kami semua sangat puas akan pengaturan yang dilakukan oleh BelitungIsland.com. Dan dihari H-nya, bantuan dari Doni dan Manca sbg tour guide kami sangat membantu membuat kami menikmati perjalanan ini. Salam dari kami untuk Doni dan Manca ya.

    Fitri Maryanti Indonesia, Jakarta 11 Nov 2011
  • Setelah berganti-ganti jadwal trip, akhirnya kami berempat bisa berlibur dibelitung, kami semua sangat menikmati liburan kami, makan sea food yg porsinya wow......snorkling....menjelajah batu batu granit. Amazing trip with belitungisland.com and also our amazing tour guide erick. Thanks a lot!

    fitria Indonesia, Bandung 26 Apr 2013
  • Dear all Belitung Islands Team, Thank you for all the service before and during the trips, all the passenger are happy with the services, especially for bang Ipunk and bang Vicky, thank you for unbelievable explanation :) thank you again and hope to see you again in belitung...

    Vero Pygmatour Indonesia, Jakarta 6 Feb 2014
  • view nya bagus banget service nya juga sangat bagus. very recommended untuk liburan di daerah belitung, thank u belitung island (semoga bisa kembali lagi)

    moslem idrus salam Indonesia, Jakarta 12 Apr 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers