By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Museum Timah

Museum Timah

Bagi masyarakat Bangka-Belitung, timah memang bukan tambang biasa saja. Sebab dengan kekayaaan kadungan timah yang dimiliki membuat riwayat eksplorasi tambang ini sudah ada sejak jaman dulu kala. Maka dari itu dengan mengunjungi Museum Timah Indonesia tentunya akan banyak hal didapati dari sejarah tersebut.

Keunikan Museum Timah

  • Merupakan satu-satunya museum di Indonesia dan Asia
  • Berada di bekas tempat yang bersejarah bagi Republik Indoensia
  • Ada beragam koleksi berkaitan dengan sejarah timah di Bangka-Belitung
  • Berada di Kota Pangkal Pinang yang mudah diakses dan dicapai

Keberadaan Museum Timah Indonesia sangat spesial bagi masyarakat Bangka-Belitung karena membuat mereka bisa bernostalgia dengan riwayat pertambangan yang ada di daerahnya. Tidak hanya spesial bagi masyarakat setempat tapi Museum Timah Indonesia ini juga istimewa bagi Indonesia karena tercatat sebagai satu-satunya museum timah di Indonesia dan Asia. Bertempat disebuah bekas rumah para karyawan Bangka Tin Winning (BTW) Museum Timah Indonesia juga memiliki riwayat sebagai tempat diselenggarakannya Perjanjian Roem-Royen yang bersejarah bagi negara ini. Beberapa hal yang bisa didapati di Museum Timah Indonesia antara lain lokomotif tua, aneka benda peninggalan tambang timah, mangkuk raksasa, Prasasti Kota Kapur, miniatur kapal keruk, lokomotif tua, bebatuan mineral, dan gambar-gambar aktivitas tambang timah.

Penemuan beberapa beberapa benda atau alat penambangan timah pada jaman dulu di sekitaran Bangka-Belitung melatarbelakangi didirikannya Museum Timah Indonesia tahun 1958. Seiring waktu koleksi museum semakin lengkap hingga kemudian pada tanggal 2 Agustus 1997, Museum Timah Indonesia diresmikan dibuka untuk umum oleh PT. Timah Tbk. Dari beberapa koleksi yang ada maka kita di Museum Timah Indonesia bisa mendapati sejarah dan riwayat penambangan timah di Bangka-Belitung yang memang memiliki potensi kandungan timah yang sangat besar. Riwayat penambangan timah di Bangka-Belitung ini meliputi cerita penambangan dari penggunaan alat tradisional dan modern. Tidak hanya dari koleksi alat-alat yang ditemukan, tapi beberapa foto yang ada di sini juga makin menggambarkan bagaimana aktivitas pertambangan jaman dulu.

NEXT PAGE >>

Komodo Tour Package Rp 2,248,000/person @ KM Liberty Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Belitung Fotografi termasuk tour sehari penuh, hotel KM Liberty makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Pasir Padi

DISTANCE12 km VIEW MORE

 

Berjarak 9 km dari pusat Kota Pangkal Pinang Anda bisa mendatangi sebuah pantai bernama Pantai Pasir Padi. Pantai dengan nama unik ini memiliki sajian yang menawan dan akan membuat siapa pun yang datang terpesona. Maka saat berlibur ke Bangka atau Pangkal Pinang, akan sangat disayangkan bila Anda me ...

Pantai Pukan

DISTANCE13 km VIEW MORE

 

Jika Anda tidak ingin jauh-jauh menempuh perjalanan dari Kota Pangkal Pinang ke destinasi pantai maka Anda bisa mendatangi Pantai Pukan. Pantai Pukan yang masih belum terlalu populer ini hanya berjarak 14 km dari Kota Pangkal Pinang. Meski belum begitu terkenal, Pantai Pukan akan terasa mengesankan ...

Batu Kodok

DISTANCE129 km VIEW MORE

 

Selain batu granit berbentuk buah belimbing dan perahu, sajian lain yang bisa kita dapati di Kecamatan Toboali adalah Batu Kodok. Sama seperti batu perahu, Batu Kodok ini juga berada di pantai sehingga destinasinya lebih tepat disebut dengan Pantai Batu Kodok. Jadi berwisata ke sini kita akan mendap ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Museum Timah

  • Mempelajari sejarah
  • Pengamatan pemandangan
  • Berpetualang di sekitarnya
  • Hunting fotography

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Berada di Museum Timah Indonesia ini pengunjung bisa melakukan beberapa kegiatan seperti :
  • Melihat-lihat koleksi Museum Timah Indonesia berupa alat-alat penambangan timah, bebatuan mineral, foto-foto dan miniatur kapal keruk.
  • Dengan bantuan guide atau pemandu wisata kita bisa mendapatkan kisah dan cerita dari Museum Timah Indonesia.
  • Bernostalgia menyelami sejarah pertambangan timah yang merupakan bagian tak terpisahkan dari sejarah Bangka Belitung.
  • Menyusuri area Museum Timah Indonesia untuk mendapati hal-hal menarik di dalamnya.
  • Mengabadikan segala hal menarik di Museum Timah Indonesia dengan kamera untuk kenang-kenangan.
  • Berkeliling kota dengan menggunakan mobil Pownies yang berjaya di era tahun 1970 hingga tahun 2000-an.

  • Capital City
  • Airport
  • Pasir Padi
  • Pantai Pukan
  • Batu Kodok

Akses Menuju Lokasi

Museum Timah Indonesia ini berada di Jalan Ahmad Yani No. 179, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang. Karena berada di Kota Pangkal Pinang maka akses ke Museum Timah Indonesia sudah baik dengan aspal yang mulus. Untuk Anda yang berangkat dari Bandara Depati Amir maka Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 21 menit untuk sampai di Museum Timah Indonesia.

Tarif dan Catatan Khusus

Untuk masuk ke Museum Timah Indonesia ini Anda tidak akan dipungut biaya. Meski gratis, Anda diharuskan menjaga kebersihan dan ketenangan selama berada di musuem. Perhatikan juga jam buka museum yakni pukul 8:00-16:00 WIB pada hari Senin hingga Jumat serta pukul 9:00-14:30 WIB pada hari Sabtu dan Minggu.

Fasilitas di Objek Wisata

Fasilitas yang ada di Museum Timah Indonesia ini antara lain area parkir yang luas dan juga toilet. Ada juga keterangan informasi pada masing-masing area yang disediakan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Di dekat musuem sendiri kita bisa mendapati toko cinderamata “Pewter” yang menjual aneka cinderamata dari bahan timah seperti gantungan kunci, miniatur meriam, asbak dan lainnya.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Museum TimahTaman Sari

Click star to rate Museum Timah

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 
Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Saya sering mendengar org liburan ke Belitung, tapi tidak terlalu tertarik. Tapi setelah datang ke Belitung bersama teman2 Network21, dgn Program yg disediakan oleh Belitungisland Team, saya langsung jatuh cinta sama Belitung. Rasanya sbg org Indonesia kita perlu bangga memiliki tempat liburan dg alam seindah Belitung. Terutama yg membuat saya dan teman2 terkesan adalah SERVICE yg sangat luar biasa dari TEAM Belitungisland. Thanks Pak Kusumah, team nya luar biasa! BELITUNG more than I expected!

    Linda Agus Indonesia, Jakarta 10 May 2012
  • Belitung adalah pulau yang indah, ramah, dan masih asri. Mudah2an tidak berubah menjadi buruk dengan bertambahnya turis yang datang (krn turis bisa membawa dampak positip maupun negatip), Pantai Tanjung tinggi dan Pulau2 kecil disana sangat indah. Dengan Belitungisland.com sebagai pemandu, semua menjadi lengkap. Terimakasih atas supportnya, khususnya bagi tour guide pendamping kami, sdr Manca. Kami akan merekomendasikan kpd seluruh rekan2 yg akan menuju belitung, agar menghubungi belitungisland

    Kimahwati Indonesia, Jakarta 25 Jun 2012
  • Pengalaman yg menyenangkan untuk melihat Pulau Belitung yang indah. Saya rasa untuk para wisatawan yg senang dengan pantai , snorkling atau berlayar, juga untu hanya relaxing pulau Belitung adalah pulau yg tepat / Sorga pada saat ini. Untuk Wisatawan yg hobbynya bukan hanya air, mungkin bisa dicarikan alternativ tamasya/ kesibukan lainnya.;) Berlibur bersama Beltungisland.com akan saya sarankan pd teman2 yg akan berkunjung ke Belitung :)

    Widi Indonesia, Jakarta 15 Oct 2013
  • Dear Belitungisland in the office, Terima kasih banyak dengan semua servicenya selama kami disana. Belitung memang bagus banget, saya sudah ceritakan semua hari2 saya selama disana kepada teman2 di Italy. Berharap bisa kembali lagi di lain waktu. Untuk Manca, sekali lagi terima kasih.. yang sudah sabar ngurusin dua orang aneh. :-) Hopefully can see you all again..soon. Lucky

    Lucky Italy 8 Aug 2012
  • This is the second visit and we are still amazed on the beauty of Belitung. But there is a potential hazard for the beach in the future, it is litter. If there is no awareness and significant action from all the stake holders of Belitung Island, the beauty of Belitung beaches will be covered by piles of litter. Erick, thanks for being patient with us and you are still the best!

    Santi Kemala Indonesia, Jakarta 31 Aug 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers