By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Wisma Ranggam

Wisma Ranggam

Selain Pesanggrahan menumbing, Wisma Ranggam atau disebut juga Pesanggrahan Muntok juga merupakan tempat pengasingan Bung Karno dan beberapa tokoh lain di Pulau Bangka. Karena telah dijadikan cagar budaya maka di Wisma Ranggam ini kita pastinya bisa menelusuri jejak sejarah bangsa ini dengan lebih baik dan optimal.

Keunikan Wisma Ranggam

  • Merupakan tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta
  • Ada tugu dan prasasti yang ditandatangani Bung Hatta
  • Tempat dilakukannya perjanjian Roem-Royen
  • Memikiki bentuk bangunan berarsitektur Eropa Kuno

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa Wisma Ranggam ini merupakan lokasi pengasingan Soekarno, Hatta, dan tokoh-tokoh nasional lain di Bangka pada tahun 1948 sampai 1949 pasca Agresi Militer Belanda kedua. Di sini mereka diasingkan Belanda selama sekitar setengah tahun. Melihat dari bentuk bangunannya maka Wisma Ranggam ini memiliki arsitektur bergaya Eropa kuno dengan dinding yang tinggi. Dibangun sekitar tahun 1827 oleh Banka Tin Winning Wisma Ranggam ini awalnya diperuntukkan sebagai tempat peristirahatan para pekerja tambang timah. Namun oleh Belanda bangunan yang mulanya berbahan kayu ini dijadikan sebagai tempat pengasingan orang-orang yang dianggap menentang kebijakannya. Pada tahun 1890, bangunan ini direnovasi oleh Belanda dengan bantuan arsitek Y Lokalo. Dari perombakan inilah kini Wisma Ranggam kemudian menggunakan tembok.

Menempati lahan seluas 7.910 m2 kita di sini akan leluasa berkeliling. Di depan Wisma Ranggam ini sendiri kita bisa menjumpai sebuah tugu setinggi 3 meter lengkap dengan prasasti yang ditanda-tangani oleh Bung Hatta pada tanggal 17 Agustus 1951. Masuk ke dalam wisma, kita akan menjumpai beberapa kamar yang digunakan oleh para tokoh nasional untuk istirahat, ruang rapat, ruang kerja Soekarno, tempat makan dan tempat shalat. Menariknya di Wisma Ranggam ini kita juga bisa menjumpai sebuah kolam renang yang disebut kolam renang air terjun. Bukan hanya sekedar tempat pengasingan, tapi Wisma Ranggam ini juga menjadi tempat bersejarah bagi Bangsa Indonesia yakni tempat dilangsungkannya perjanjian Roem-Royen. Selain itu di Wisma Ranggam ini juga terjadi penyerahan surat kuasa pengembalian pusat pemerintahan Indonesia dari Yogyakarta ke Jakarta oleh Ir. Soekarno kepada Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

NEXT PAGE >>

Padang Tour Package Rp 2,289,000/person @ Benteng Hotel Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Padang Pegunungan termasuk tour sehari penuh, hotel Benteng Hotel makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

P. Menumbing

DISTANCE7 km VIEW MORE

 

Pesanggrahan Menumbing adalah tempat pengasingan Bung Karno di Bangka setelah peristiwa Agresi Militer kedua pada akhir tahun 1948. Karena merupakan tempat bersejarah maka Anda di sini kita akan mendapatkan banyak koleksi dan juga hal-hal menarik. Dari sajian koleksi dan hal menarik yang ada maka ke ...

Museum Timah

DISTANCE136 km VIEW MORE

 

Bagi masyarakat Bangka-Belitung, timah memang bukan tambang biasa saja. Sebab dengan kekayaaan kadungan timah yang dimiliki membuat riwayat eksplorasi tambang ini sudah ada sejak jaman dulu kala. Maka dari itu dengan mengunjungi Museum Timah Indonesia tentunya akan banyak hal didapati dari sejarah t ...

Pantai Penyusuk

DISTANCE143 km VIEW MORE

 

Selain Pantai Romodong, di sebelah Utara Pulau Bangka, kita juga bisa mendapati sebuah pantai indah bernama Pantai Penyusuk. Berbeda dengan Pantai Romodong yang sepi, di Pantai Penyusuk susasananya lebih ramai. Tidak hanya itu fasilitas di Pantai Penyusuk juga lebih baik dan lengkap dibanding Pantai ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Wisma Ranggam

  • Mempelajari sejarah
  • Pengamatan pemandangan
  • Berpetualang di sekitarnya
  • Situs purbakala

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Berada di Wisma Ranggam ini kita bisa melakukan beberapa kegiatan dan aktivitas seperti :
  • Mengunjungi tugu setinggi 3 meter dan melihat prasasti yang ditandatangani Moh. Hatta.
  • Melihat dan mengamati desain arsitektur Wisma Ranggam yang bergaya Eropa Kuno dengan dinding yang tinggi.
  • Dengan penjelasan dari juru pelihara wisma atau guide kita bisa mendengarkan kisah sejarah dari Wisma Ranggam ini.
  • Menelusuri beberapa area di dalam Wisma Ranggam untuk menjumpai kamar, tempat rapat, ruang kerja Soekarno, tempat shalat dan lain sebagainya.
  • Melihat kolam renang yang unik yang disebut kolam renang air terjun.
  • Berfoto-foto dengan beragam latar yang menarik seperti tugu dan kolam renang air terjun.

  • Capital City
  • Airport
  • P. Menumbing
  • Museum Timah
  • Pantai Penyusuk

Akses Menuju Lokasi

Wisma Ranggam ini berada di Jl. Imam Bonjol, Kampung Sungai Daeng, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Penyebutan lokasi populer dari Wisma Ranggam di Kota Muntok ini adalah Kampung Eropa. Karena berada di pinggir jalan Kota Muntok yang merupakan ibukota Kabupaten Bangka Barat maka Wisma Ranggam akan mudah untuk ditemukan. Akses jalan ke Wisma Ranggam juga terbilang sudah baik karena beraspal mulus.

Tarif dan Catatan Khusus

Untuk masuk Wisma Ranggam ini Anda hanya perlu menyiapkan retribusi sebesar Rp 2.000/orang. Selama berada di Wisma Ranggam Anda diwajibkan untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan juga tidak membuat kerusakan.

Fasilitas di Objek Wisata

Karena berada di kota Muntok maka Anda akan lebih mudah mendapatkan beragam fasilitas meski tidak disediakan di Wisma Ranggam. Di luar dan tidak jauh dari Wisma Ranggam kita akan mudah mendapati tempat makan, cafe, tempat ibadah, ATM hingga penginapan atau tempat bermalam.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Wisma RanggamMuntok

Click star to rate Wisma Ranggam

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 
Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Pengalaman berlibur ke Belitung sangat berkesan karena Belitung benar2 kereeeennn abizzz... Pantainya masih alami, pasirnya bersih, suasananya juga nyaman, tidak crowded seperti tempat wisata lainnya. Tour guide kami - pak Juli, baik banget orgnya dan komunikatif. Ikutan nemenin kita snorkeling, nyelamnya jago bangettt....Paling demen saat snorkeling, view di laut bagus banget, kemasukan air laut yg asin jadi gak berasa deh he he he...Thanks utk Belitung Island team!

    Ibu Ria Indonesia, Jakarta 18 May 2012
  • Asyik walaupun terasa singkat!Keindahan Belitung terpancar melalui keunikan pantainya yang berbatu...Yang paling berkesan adalah saat ke Pulau Pasir dan berpose dengan star fish...Ajaib banget melihat adanya pulau pasir di tengah lautan dengan star fish nya..Makanannya enak...tour guidenya, Mas Fikar baik... Nyeselnya cuma karena pesawat ke Belitung payah...ngga ada yang on time...Thanks buat Team Belitung Island.com..Edward Teh, Flora dan kelg

    Floranita Kustendro Indonesia, Jakarta 29 Oct 2011
  • Dear Pak Deden dan Belitungisland team, Kami mengucapkan terimakasih atas pelayanannya selama kami berada di Belitung. Pengalaman kami dengan paket tour : 1. Pemandangan alam bagus banget, pantai2nya bersih sekali, batu-batu granitnya menakjubkan, bintang laut dan teman-teman lautnya seru. 2. Team dan tour guide profesional, thanks much, kami sekeluarga sangat nyaman dan pelayanan maksimal. Recommended dech :) Thanks!!

    Austin Indonesia, Jakarta 21 Jun 2013
  • Sayang kita ke belitung diwaktu yang salah. Hujan dan tidak bisa island hopping. Jadi bosan keliling pantai2 saja. Usul untuk yang mengadakan tour, kalau bisa setiap tempat yang dituju setidaknya di cek ada fasilitas umum dan air bersih. Selebihnya sih cukup memuaskan. Hotelnya bersih dan pegawainya ramah. Mudah2an fasilitas di obyek wisata bisa lebih di perhatikan (mungkin dari pemerintahnya?) Thank you Jessica

    Jessica Effendi Indonesia, Jakarta 26 Dec 2011
  • Belitung is surprisingly beautiful, we enjoyed the trip with Pak Yuli from BelitungIsland.com team. Had a blast during the Island hopping and the food are delicious. Full info on our trip read it from this link or the photos from this link

    Dian Nur Farida Indonesia, Jakarta 2 Feb 2013

Airline Partners

Our Corporate Customers